Friday, July 24, 2009

Cara Kerja Layar Sentuh Iphone

Iphone merupakan salah satu Ponsel Layar sentuh terbaik buatan Apple. Fitur Multitouch yang membuatnya mudah dikontrol membuat semakin disenangi oleh masyarakat. Layar sentuh sebagai perangkat input harus dikombinasikan dengan layer untuk dapat dikenali sebagai mekanisme input denga sentuhan. Secara umum layar sentuh memiliki 3 komponen utama yaitu :
1.Sentuh sensor
Sensor sentuh merupakan panel kaca bening dengan permukaan yang responsive terhadap sentuhan. Panel sensor diletakkan pada layer sehingga area respon menutupi seluruh permukaan pada tampilan layar. Umumnya penggunaan sentuhan digunakan merubah aliran listrik atau sinyal yang akan membedakan lokasi dari sentuhan pada layar.
2.Controller
Controller merupakan perangkat yang menghubungkan antara sensor dan pusat pemrosesan (CPU). Informasi yang diberikan dari sentuhan diterjemahkan oleh pusat pemrosesan data. Controller umumnya terpasang dibawah layar atau diletakkan pada wadah berupa plastic. Layar sentuhan tadi diintegrasikan dengan kabel ekstra dibelakang dari layar sentuh tadi.
3.Software driver.
Driver adalah software atau perangkat lunak dengan system yang memungkinkan layar sentuh tadi bekerja bersama-sama dengan pusat pemrosesan. Kemudian diterjemahkan dan dikirmkan ke kontroler. Teknologi ini cara kerjanya seperti driver mouse pada PC computer. Jadi sentuhan pada layar akan diterjemahkan seperti melakukan klik pada mouse.

No comments: