Sunday, August 23, 2009

Arah Kiblat & Waktu Sholat Lebih Akurat

Da beberapa aplikasi kalibrasi yang bisa dijual. Bahkan sebagian sudah ada yang mengkolaborasikannya dengan GPS ( Global Positioning System ). Sayang kebanyakan memiliki keterbatasan dan tingkat akurasi yang kurang sempurna. Apalagi, jika harus menginput datanya secara manual.

Untuk sebagian orang, kalibrasi arah yang melenceng sedikit saja bakal menimbulkan keragu- raguan bahkan menganggap ibadah Sholat kurang afdol. Nah, hadirnya teknologi GPS di ponsel sedikitnya bisadimanfaatkan untuk mendapatkan koordinasi yang lebih pas. Tapi, tentu saja harus didukng aplikasi yang memadai. Satu diantaranya yang lumayan oke adalah “Cep Muvakkit GPS “.

Sejatinya, aplikasi ini merupakan tools untuk mengtahui jadwal untuk Sholat. Termasuk panduan untuk pendapatkan kalibrasi arah kiblat yang tepat. Jadi, tak perlu melakukan kalibrasi arah kiblat secara manual. Cukup engan memilih GPS saja, otomatis kakulasi latitude dan longitude akan tersimpan dan tertampil dengan lebih tepat.

Berikut ini panduan pengoperasianya:

Langkah 1
Download aplikasi gratisan ini dari http;// www. Cepmufakkit. Com/wap/ CepMufakkitG.zip. Ekstrak dan Instal aplikasi Java-nya keponsel. Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.

Langkah 2
Lakukan pengaturan standart ditampilan utama, pilih manu > options. Disini anda bisa, Anda bisa mengukur ukuran fontasi tampilan, Azan format waktu serta titik point utama ditampilan kompas mata angina.

Langkah 3
Atur tipe untuk panduan tiap waktu sholat. Pilih menu > warning Type.

Langkah 4
Pilih metode kalkulasi kalender islam. Masuk ke Menu > calculation Method.

Langkah 5
Untuk waktu sholat, masuk ke Menu > Select City > Continents > Country > Select City > Go.ditahap ini, sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan arah kiblat sesuai lokasi. Namun, masih belum seakurat mengunakan data GPS.

Langkah 6
untuk mengatur kalibrasi arah kiblat berdasarkan GPS, sampai di pilihan kota ( Select City ) pilih Options > Use GPS > Select. Pastikan Anda memilih untuk mengunakan data GPS dengan memilih ’ Yes ’ di notifikasikan berikutnya


Otomatis, pengaturan latitude akan berubah. Berikut tampilan arah kiblatnya

No comments: