Wednesday, August 26, 2009

TIPS MEMBELI BLACKBERRY BARU DARI TOKO

Daripada Anda ribet, paraoid, dan pusing tujuh keliling ketika akan membeli BB bekas, ada baiknya Anda membeli Blackberry resmi yang dikeluarkan oleh operator.

BB paketan dari operator tersebut, biasanya harganya murah, dan bisa dicicil pula. Kalau Anda punya kartu kredit, cukup auto debet saja tagihannya selama setahun ke dalam kartu kredit yang kini Anda miliki.
Tapi, tidak semua orang punya dana lebih dan kartu kredit, pilihan kedua jatuh pada membeli BB BN1B baik itu garansi atau Black Market. Biasanya BNIB sudah terbebas dari penyakit PIN suspend dan jeratan IT policy.Tapi yang menjadi soal dari BB baru adalah, legalitas PIN dan apakah benar tidak BB yang Anda beli itu 100% baru?

Langkah-langkah Untuk Membeli BlackBerry Baru :
Jika toko tempat Anda membeli ini adalah toko yang jujur, maka dia akan mengatakan status BB yang dijualnya. Apakah BM dan 100% baru alias diimpor dari stock operator luar negeri (AT&T, dan lainnya), BNIB, BB 14 Days, ataukah BB refurbished.
Yang paling mahal tentunya Black Market 100% dari operator luar negeri (terbungkus), kemudian Brand New In Box (100% baru tapi di luar kotak) dan dua katagori selanjutnya tentulah BB tersebut adalah BB bekas. Tinggal Anda saja yang memastikan, kebenaran dari kata-kata si penjual tadi.
Sebelum memulai perjalanan belanja, pastikan Anda harus memiliki SIM card yang sudah terdaftar pada layanan BlackBerry dari operator langganan Anda. Tidak perlu punya smartphone BlackBerry untuk mendaftarkan layanan BlackBerry dari operator. Caranya gampang, Anda tinggal menuju ke gerai layanan operator yang kini Anda pakai. Daftarkan SIM card Anda, dan beres sudah!

Langkah 1: Cari Harga Yang Paling Pas Di Kantong
Jika Anda mencari BB 100% baru dan resmi, maka kantor operator langganan Anda adalah tujuan utama.Tapi Jika Anda ingin yang harganya agak murah, maka BlackBerry BM 100% baru bisa Anda pilih.Tentu saja harganya tak seberapa beda dengan BB Resmi.
Carilah BB sesuai dengan kriteria yang Anda pilih ke semua toko yang menawarkan BlackBerry. Jika ada toko yang harganya cocok, maka lanjutkan ke tahapan berikutnya.



Langkah 2: Periksa Kotak Kemasan dan Kelengkapan
Biasanya, BlackBerry BM yang 100% baru memiliki kotak bikinan sendiri yang bentuk dan warnanya seragam hampir di semua toko. Karena toko-toko tersebut memiliki pemasok yang sama. Carilah BlackBerry BM dengan kotak yang paling meyakinkan dan paling bagus diantara semua toko yang ada.
Jika Anda kebetulan membeli BlackBerry BNIB, maka lebih mudah memeriksa kelengkapannya. Lihat pada gambar, BlackBerry asli milik operator luar negeri (AT&T) memiliki kelengkapan khas. Yaitu box berwarna Orange, dengan colokan charger yang menggunakan konektor 3 kaki atau konektor pipih. Konektor ini jelas-jelas tidak digunakan dalam standart colokan listrik di Indonesia. Kemudian stiker IMEI tertempel rapi pada box, dan tidak ada bekas luntur atau menumpuk pada stiker IMEI yang sebelumnya telah ada dalam box tersebut. Kalu ada tanda-tanda tersebut, maka IMEI BB ini kemungkinan besar telah diakali, jadi solusinya can di toko lain saja.

Langkah 3: IMEI Yang Ada Dalam Box dan BlackBerry Harus Rapi dan Sama
Untuk melihat IMEI, baca saja IMEI yang ada di box, lalu periksa stiker IMEI yang ada di balik BlackBerry yang akan Anda beli (sama seperti stiker IMEI pada ponsel biasa). Jika sama, maka semuanya cocok, tinggal Anda memeriksa, apakah sticker IMEI tersebut asli ataukah palsu. Biasanya IMEI BB memiliki awalan 2 dan 3, untuk tipe lama menggunakan awalan angka 1.
Stiker asli, akan tertempel dengan rapi sejajar dengan slot SIM dan slot MMC, jadi tidak lebar dan asal tempel seperti yang ada pada gambar ini.


Langkah 4: Tanyakan Tentang Jaminan dan Garansi
Langkah selanjutnya adalah tanyakan tentang Jaminan dari si penjual, apabila BlackBerry yang akan Anda beli tersebut tidak dapat meng-akses layanan server BlackBerry dari operator Anda. Atau bisa juga setelah beli dan dicoba ternyata BB tersebut ternyata PIN suspend atau masih terikat IT policy.
Apakah yang akan dia lakukan, akan replace dengan BlackBerry lain, ataukah akan mengembalikan uang Anda 100%.Tanyakan juga mengenai garansi, apakah ada garansi perbaikan atau tidak. Itu semua harus jelas di awal, Jika semua sudah clear, lanjutkan ke tahapan berikutnya.

Langkah 5: Lakukan Cek Fisik dan Keypad
Biasanya tahapan ini dilakukan ketika BlackBerry sudah Anda bayar, karena mau tidak mau, Anda harus menyalakan BlackBerry tersebut. Gunanya untuk diperiksa setting koneksi ke server dan juga soal IT policy tadi. Sebelum membayar, periksa dulu fisiknya, mulus tanpa cacat atau tidak.
Setelah ON, lihat pancaran layarnya, BB baru memilliki pancaran layar yang terang dan tulisannya jelas. Jika Anda membeli BB yang dibawa dari operator (misal: AT&T), maka start-up menu juga memiliki logo yang sama yaitu AT&T. Jika star-upnya berbeda, maka Anda patut curiga.
BB yang masih belum dipakai sama sekali, keypadnya masih enak ditekan, lakukan saja test dengan menuliskan SMS, e-mail, dan aktifitas lainnya, Jika keypadnya terasa mantap ditekan, saatnya memeriksa waktu hidup dari BB yang akan Anda beli.
Masuk Option >> Status lalu ketik BUYR, maka akan muncul informasi dibawah ini.
Jika Data dan Voice usage masih 0.0 maka BB tersebut masih belum dipakai sama sekali. Kemudian lanjutkan kelangkah berikutnya.

Langkah 6: Periksa Validasi PIN
Langkah ini berguna untuk mengetahui PIN Anda ini tidak kembar dengan PIN dari BB lainnya. Istilahnya untuk menghindari PIN "nyangkut" caranya sama dengan cara memeriksa PIN Suspend dan PIN Nyangkut seperti dalam panduan membeli BlackBerry bekas di atas.
Kalau terbukti BB baru yang akan Anda beli ini terkena penyakit PIN Suspend atau PIN nyangkut. Maka tidak ada cara lain, selain mengganti unit tersebut dengan unit lain, dengan PIN yang masih bebas dari kontaminasi.

Nah... demikianlah tips singkat untuk membantu Anda ketika akan membeli BlackBerry. Jadi, sekarang Anda sudah tidak perlu ragu-ragu lagi ketika ditawari membeli BlackBerry bekas, atau bahkan BlackBerry BM. Semuanya sudah tuntas kami bahas. Untuk selanjutnya, silahkan menikmati tips menarik tentang dunia BlackBerry dan juga iPhone hanya di Best Tips & Game.

6 comments:

yohanna said...

saya baru beli blackberry gemini dr "blackberry center" yg ada di botani square bogor,tp saya agak bingung knp bb nya sangat ringan spti mainan,dan biasanya dibawah tombol space ada tulisan at&t atau vodavone,tp ini tdk ada.. dan biasanya bb asli kalau dimatikan ada tulisan at&t atau vodavone nya juga sedangkan punya saya hanya ada tulisan blackberry. apakah bb saya itu bm? padahal saya beli Rp.3.099.000....
thanks

Anonymous said...

lihat...apakah bb anda bisa melakukan bbm seperti bb lainnya .....tesnya jgn hanya 1-3hari aj.....coba tes bbmnya slama bbrp bulan....krn,skrg ad trik bru bagi penjual yg nakal....yaitu meng-copy pin bb org lain.....msalah ad ato tdk nya lambang" tsb....tdk mslh....krn punya saya sma....bb bold dan bwah nya plos.....

Anonymous said...

Bagaimana caranya untuk mengetahui validasi dari PIN BB kita?

Thanks:)

Anonymous said...

Belinya di toko Plat**um Botani Square Bogor ya? Itu sih bukan garansi TAM. Tapi distributor independen. Banyak keluhan kalo beli dari distributor kaya gini. Purna jual tidak dijamin. Kalo mau aman, cari toko yang ditunjuk oleh RIM. Purna jual terjamin.

kartika dewi Suryaputri said...

justru itu BB yang bagus.. klo yg garansi TAM memang hanya ada tulisan blackberry kalau lagi di reboot. jelas bagusan BB dari TAM. harganya juga lebih mahal. klo yg t&t, vodavone, dll itu harganya jauh lebih murah. :)

aksesoris mobil xenia said...

thx bro..ats tipsnya...
ane ikutin saran ente..