Thursday, November 5, 2009

Optimalisasi Layanan Google Via Ponsel

Siapa sih yang nggak kenal sama mbah Google ? Search Engine Paling Oke bin siple ? Apapun yang ditanyakan pasti terlacak deh... Namun kini layanan besutan sebuah Perusahaan yang berdiri pada 7 Septembar 1998 di California ini bukanlah sekedar sebuah mesin pencari. Setelah menyediakan email gratis, Google juga telah menyediakan berbagai layanan bermanfaat yang mungkin tidak diketahui oleh semua orang. Menariknya, layanan-layanan tersebut tidak hanya dapat diakses melalui PC/komputer tetapi juga bisa diakses dari ponsel kita.

Seperti halnya mesin pencari, layanan yang diberikan kesemuanya gratis. Mau tau layanan apa saja yang telah diberikan Google secara gratis? Langsung saja buka menu pada ponsel > pilih browser > klik option > open. Ketikkan m.google. com lalu Yes. Namun sebelum itu pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail dan settingan internet pada ponsel sudah benar.

Berikut ini layanan gratis tersebut dan bagaimana memanfaatkannya.

1. Gmail.
Gmail merupakan layanan email (surat elektronik) gratis. Pengguna diberi ruang agar dapat menyimpan berkas-berkas tertentu baik yang berupa teks maupun lampiran.
Seperti halnya pada PC/komputer, email tersebut dapat Anda baca, balas, mengirimkannya kembali ke orang lain atau membuangnya.
Aplikasi Gmail ini dapat diinstal pada ponsel sehingga setiap email yang masuk akan langsung Anda ketahui. Aplikasi ini mirip 'push mail', namun sebenarnya merupakan sistem jemput (pull) berkala sehingga ponsel harus selalu terhubung dengan internet.

2. iGoogle
iGoogle merupakan layanan aplikasi 'mash-up' (konten gabungan) yang dapat ditampilkan pada satu halaman. Halaman tersebut dapat dikustomisasi sesuai keinginan penggunanya. Konten yang bisa ditampilkan dalam iGoogle antara lain email (gmail), wikipedia, penerjemah, berita-berita dari situs popular, kondisi cuaca, kalender dan RSS reader. Tampilan menunya juga dapat diubah sendiri.

Dengan bantuan iGoogle, Anda tidak akan direpotkan dengan mengetikkan alamat situs tertentu atau harus membuka 'bookmark' setiap kali ingin melihat situs favorit.

3. Foto
Ruang foto rnerupakan ruang penyimpanan koleksi foto pribadi. Foto tersebut dapat Anda bagikan pada siapa saja atau hanya dapat dilihat oleh Anda sendiri.

Tidak seperti pada PC/komputer, bila ponsel Anda tidak mendukung untuk melakukan upload secara langsung pada ponsel, Anda hanya dapat melihat koleksi tersebut tanpa dapat menambahkan koleksi yang ada.

Foto yang terdapat pada koleksi tersebut dapat disimpan ke ponsel meskipun ponsel Anda tidak mendukung email client dengan memilih image > save to phone > pilih folder > yes.

4. (Calendar
Kalendar rnerupakan layanan kalendar dimana Anda dapat menyimpan catatan segala aktifitas yang telah Anda lakukan, sedang lakukan atau yang akan Anda lakukan.

Layaknya memiliki 'organizer' online, Anda dimudahkan dalam melihat jadwal kegiatan dari hari ke hari atau berdasarkan tanggal yang ingin Anda lihat.

5. Document
Dengan menggunakan google document, maka kita dapat membuat surat, mengolah data spreadsheet, dan presentasi tanpa harus menggunakan aplikasi perkantoran, seperti Ms. Office ataupun Open Office.

Dokumen yang kita miliki dapat dishare ke orang lain. Orang yang kita tuju akan menerima pesan singkat berisi link dari dokumen yang ingin kita tunjukkan tersebut.

6. BlokNot
Dengan Google Notebook (Google Bloknot) Anda dapat menyimpan text, link, ataupun gambar di browser yang dapat diakses oleh siapa saja secara online. Google Notebook sebenarnya sudah diperkenalkan sejak Mei 2006. namun pada awal tahun 2009, pengembangan Google Notebook telah dihentikan. Walaupun demikian, kita masih dapat menggunakan layanan ini.

7. Task
Dengan meluncurkan Tasks, Google berusaha menarik perhatian para pengguna komputer agar beralih dari tawaran paket perangkat lunak, ke program-program Tasks yang ditawarkan sebagai layanan online.

Task memungkinkan Anda mengatur daftar sejumlah hal untuk dilakukan dan mengecek serta menghapusnya jika telah selesai dikerjakan. Anda dapat melakukan bookmark di ponsel dan membukanya sewaktu-waktu meskipun dalam posisi offline.
Dengan mengetahui semua layanan yang diberikan oleh Google maka Anda sudah mengetahui berapa banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan ponsel Anda. Semoga bermanfaat.

1 comment:

jemiro said...

layanan ini berwujud aplikasi atau apa? kalau di unduh melalu komputer kemudian baru dimasukan bagai mana??
masalahnya jika mengunduh melalui HP, sedikit lambatn.
mohon penjelasaanya, jika ada linknya boleh disertakan, terimakasih :)