Monday, August 31, 2009

BIKIN EBOOK BUAT PONSEL JAVA

Ponsel yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari dapat dijadikan media untuk meningkatkan amal ibadah. Amal ibadah tersebut apat dilakukan dalam segala hal, termasuk menyediakan bacaan yang bermanfaat.

Sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana memanfaatkan tulisan orang lain untuk dinikmati langsung di ponsel. Cara yang sederhana, mudah, dan semua orang pun bisa melakukannya. Namun tidak semua bacaan akan memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan.
Nah, Anda pun bisa membuat bacaan sendiri yang kemudian bisa dibawa kemana-mana, atau dinikmati orang lain. Anda hanya butuh sebuah aplikasi pembuat ebook bernama MjBookMaker. Syaratnya, Anda butuh perangkat komputer dan sarana koneksi guna mengirimkannya ke ponsel.
Download aplikasi ini secara gratis di http://www.topsoftzone.com/ download/6181 /mj BookMaker.html, lalu instal di komputer Anda. Lalu ikuti langkah pembuatan ebook berikut ini:
1. Jalankan aplikasi
2. Beri nama file ebook yang ingin dibuat. File ebook yang akan kita buat berformat jar. Kita bisa mengeksekusi langsung di ponsel Java.
3. Selanjutnya masukkan file txt yang menjadi sumber bahan. File txt dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Notepad yang terdapat pada microsoft windows. Anda dapat juga melakukan copy paste sumber tulisan dari file doc pada microsoft word untuk dipindahkan ke Notepad.
4. Selanjutnya tentukan resolusi dari ponsel sasaran dengan salah satu ukuran resolusi yang terdapat pada kanan atas aplikasi.
5.Lakukan pengaturan berkaitan dengan ukuran font, warna font, warna latar belakang yang dipilih. Anda dapat juga mengisi password tertentu (dengan 4 angka) bila diinginkan. Selain itu Anda dapat menambahkan gambar splash ketika awal aplikasi terbuka yang berasal dari format png. Anda juga di menambahkan icon yang hendak dibuat ketika aplikasi telah ter pada ponsel.
6. Bila pengaturan telah selesai dibuat, klik tombol 'Start' yang berada di pojok kiri bawah aplikasi. Proses pembuatan file jar akan terlihat pada kolom kosong yang terdapat diatas tombol 'start'.
Untuk melihat hasil pembuatan, klik tombol 'show midlets' yang secara otomatis akan membuka folder dimana hasil file berada. Bila file cukup panjang maka file hasil akan dibuat dalam beberapa file terpisah.
7. Anda dapat melakukan pengaturan tambahan lainnya dengan mengklik kolom 'photo book' dan menambahkan file gambar yang dapat Anda masukkan sebagai penambah indahnya ebook. Dengan sedikit uji coba, sebenarnya Anda dapat membuat aplikasi dengan kombinasi huruf arab dan huruf lainnya tergantung kreatifitas Anda sendiri.
Selanjutnya file hasil ditransfer ke ponsel menggunakan konektifitas yagn tersedia (infrared, bluetooth atau kabel data). Begitu file berhasil ditransfer, maka proses instalasi akan terjadi secara otomatis.
8. Ketika aplikasi telah terinstal, secara default aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur bawaan. Untuk berpindah halaman Anda bisa menggunakan tombol joystik keatas/kebawah. Untuk menu Anda dapat memakai softkey kiri/kanan atau fnenekan angka tertentu, seperti menyimpan bookmark dengan menekan angka 5, membuka bookmark dengan menekan angka 6 dan lain sebagainya.

Saat keluar maka aplikasi ini akan menyimpan halaman terakhir yang Anda baca, sehingga saat membuka kembali akan langsung men halaman terakhir yang sebelumnya dibaca.
Sebagai catatan, sebaiknya jangan menggunakan aplikasi ini un membuat ebook yang melanggar hak cipta. Jadi, gunakan untuk membuat ebook dari karya tulisan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Friday, August 28, 2009

Berbagai Sumber Media

Kali ini Hp-trend ingin menjelaskan tentang darimana saja posting di blog hp-trend. Memang beberapa posting merupakan kutipan dari majalah Ponsel seperti : Pulsa, Best Phone, Buyer Guide, Smartphone. Jadi tulisan disini sudah diujicoba oleh pihak terkait sedangkan Hp-trend ingin menulisnya kembali dengan full maupun kutipan dari media-media. Diharapkan dengan informasi yang sudah dikumpulkan ini bisa membuat masyarakat lebih menyenangi Internet + Ngeblog sehingga Indonesia tidak tertinggal dengan negara lain. Apabila ada pihak yang tidak setuju atau lainnya, Hp-trend minta maaf yang sebesar-besarnya.

Wednesday, August 26, 2009

TIPS ATASI VIRUS SMS PADA PONSEL

Serangan virus pada berbagai perangkat elektronik menjadi sebuah hal yang mengganggu bagi pemiliknya. Tak jauh berbeda dengan virus yang menulari manusia, serangan virus pada perangkat seperti komputer atau ponsel bisa mengakibatkan macam-macam masalah.

HAMPIR sebagian besar virus yang menginfeksi ponsel atau PC mempunyai sifat merusak. Bermacam-macam dampaknya mulai dari yang kecil hingga luar biasa membuat ponsel rusak total bisa terjadi.
Awalnya virus ini hanya dikenal pada komputer. Namun seiring dengan kecanggihan ponsel dan kemunculan operating system pada perangkat bergerak tersebut, virus pun mulai menulari ponsel. Meski tak terlalu banyak variannya, tapi virus ponsel ini pun cukup berbahaya karena mempunyai daya rusak tak kalah hebat.
Jalur penyebaran virus pada ponsel sendiri bisa melalui SMS, Bluetooth maupun MMS. Beberapa virus mampu membuat layanan SMS/ MMS jadi bermasalah dan tidak berjalan sesuai peruntukkannya.
Antara lain virus ini bisa menyebabkan ponsel mengirim SMS/MMS tanpa Anda sadari ke semua nomor atau ke nomor tertentu. Kali ini Best Phone akan mengulas aplikasi yang bisa mengatasi virus SMS yang menyebalkan dan bersifat mengganggu.

SMS Cleaner
Adalah SMS Cleaner salah satu aplikasi yang sengaja dikembangkan untuk mengantisipasi serangan dan gangguan yang kerap terjadi dalam layanan SMS pada ponsel Symbian S60 3rd edition.
Aplikasi ini mampu membersihkan ponsel yang kemungkinan kerap mendapatkan pesan pendek atau SMS yang biasa disebut "Curse of Silence". Serangan ini secara umum mengakibatkan ponsel menolak untuk menerima pesan SMS yang baru masuk.
SMS Cleaner 1.0. Begitu berhasil mendownloadnya, maka Anda bisa menginstal pada ponsel.
Setelah Anda menginstal aplikasi ini, maka Anda akan diminta untuk mengeksekusi beberapa hal atau ada prosedur yang harus diikuti. SMS Cleaner
lantas akan melakukan eksekusi pembersihan pesan terhadap pesan Curse of Silence dari ponsel Anda.
Setelah proses eksekusi selesai maka ponsel akan secara otomatis melakukan uninstall aplikasi ini serta me-restart ulang ponsel.
Artinya aplikasi SMS Cleaner ini melakukan aktifitas instalasi dan unistal secara otomatis dalam prosesnya. Intihya pengguna ponsel harus menyisakan data mentah dari aplikasi ini jika ingin digunakan lagi berulang-ulang.
Sebagai Catalan, kemungkinan ada pesan "Curse of Silence" yang tersimpan dalam SMS center dari operator jaringan Anda. Untuk mengantisipasinya, Anda mungkin harus menginstal dan menjalankan kembali aplikasi ini.

FortiCleanUp
Aplikasi gratisan lain yang bisa digunakan luntuk menghalau gangguan SMS yang bisa Iterjadi pada ponsel Symbian adalah IFortiCleanUp. Aplikasi keluaran Fortinet [(fortiguardcenter.com) ini memiliki dukungan (cukup lengkap dalam pemberantasan virus.
Tersedia 4 aplikasi untuk memberantas virus lyakni FortiCleanUp for Curse SMS, FortiCleanUp for Commwarrior Virus, FortiClearUp for Hati-hati Virus dan FortiCleanUp for Beselo Virus.
Aplikasi ini | menyediakan beberapa
lihan bahasa juga pilihan I untuk beberapa versi I Symbian S60. Setelah I berhasil mendownloadnya I maka Anda siap menginstal ke dalam ponsel.
Anda bisa mendownload 4 aplikasi yang tersedia untuk mengantisipasi beragam serangan virus yang mungkin sudah menginfeksi ponsel Anda.Tapi salah satu yang mumpuni untuk meredam gangguan pada SMS Anda bisa menginstal aplikasi FortiCleanUp for Curse SMS.
Setelah berhasil mendownloadnya,»Anda bisa menginstal aplikasi anti virus ini pada ponsel. Jika berhasil, Anda lantas bisa mengakses menu yang tersedia dan mengklik FortiCleanUp Curse SMS > Options > Open.
Proses pembersihan akan berlangsung otomatis dan jika sudah berhasil maka aplikasi ini akan menampilkan datanya. Jika ada virus yang terdeteksi maka aplikasi ini akan memunculkan dalam kotak karantina dan menghapusnya secara otomatis.
Selain untuk SMS Anda bisa pula mengaktivasi anti virus lain yang cukup bermanfaat seperti FortiCleanUp for Commwarrior yang mampu mendeteksi virus tertentu. Serta FortiCleanUp for Virus Hati-hati dan Virus Beselo.

SMS Cleaner
http«handhekl.«)flpedia.com*progDownload/5MS-Cleaner-Downtoad-73617.html

FortiCleanUp
http://wvvw.fbrtiguardcenter.com/mobile/ cleanup.html.

TIPS MEMBELI BLACKBERRY BARU DARI TOKO

Daripada Anda ribet, paraoid, dan pusing tujuh keliling ketika akan membeli BB bekas, ada baiknya Anda membeli Blackberry resmi yang dikeluarkan oleh operator.

BB paketan dari operator tersebut, biasanya harganya murah, dan bisa dicicil pula. Kalau Anda punya kartu kredit, cukup auto debet saja tagihannya selama setahun ke dalam kartu kredit yang kini Anda miliki.
Tapi, tidak semua orang punya dana lebih dan kartu kredit, pilihan kedua jatuh pada membeli BB BN1B baik itu garansi atau Black Market. Biasanya BNIB sudah terbebas dari penyakit PIN suspend dan jeratan IT policy.Tapi yang menjadi soal dari BB baru adalah, legalitas PIN dan apakah benar tidak BB yang Anda beli itu 100% baru?

Langkah-langkah Untuk Membeli BlackBerry Baru :
Jika toko tempat Anda membeli ini adalah toko yang jujur, maka dia akan mengatakan status BB yang dijualnya. Apakah BM dan 100% baru alias diimpor dari stock operator luar negeri (AT&T, dan lainnya), BNIB, BB 14 Days, ataukah BB refurbished.
Yang paling mahal tentunya Black Market 100% dari operator luar negeri (terbungkus), kemudian Brand New In Box (100% baru tapi di luar kotak) dan dua katagori selanjutnya tentulah BB tersebut adalah BB bekas. Tinggal Anda saja yang memastikan, kebenaran dari kata-kata si penjual tadi.
Sebelum memulai perjalanan belanja, pastikan Anda harus memiliki SIM card yang sudah terdaftar pada layanan BlackBerry dari operator langganan Anda. Tidak perlu punya smartphone BlackBerry untuk mendaftarkan layanan BlackBerry dari operator. Caranya gampang, Anda tinggal menuju ke gerai layanan operator yang kini Anda pakai. Daftarkan SIM card Anda, dan beres sudah!

Langkah 1: Cari Harga Yang Paling Pas Di Kantong
Jika Anda mencari BB 100% baru dan resmi, maka kantor operator langganan Anda adalah tujuan utama.Tapi Jika Anda ingin yang harganya agak murah, maka BlackBerry BM 100% baru bisa Anda pilih.Tentu saja harganya tak seberapa beda dengan BB Resmi.
Carilah BB sesuai dengan kriteria yang Anda pilih ke semua toko yang menawarkan BlackBerry. Jika ada toko yang harganya cocok, maka lanjutkan ke tahapan berikutnya.



Langkah 2: Periksa Kotak Kemasan dan Kelengkapan
Biasanya, BlackBerry BM yang 100% baru memiliki kotak bikinan sendiri yang bentuk dan warnanya seragam hampir di semua toko. Karena toko-toko tersebut memiliki pemasok yang sama. Carilah BlackBerry BM dengan kotak yang paling meyakinkan dan paling bagus diantara semua toko yang ada.
Jika Anda kebetulan membeli BlackBerry BNIB, maka lebih mudah memeriksa kelengkapannya. Lihat pada gambar, BlackBerry asli milik operator luar negeri (AT&T) memiliki kelengkapan khas. Yaitu box berwarna Orange, dengan colokan charger yang menggunakan konektor 3 kaki atau konektor pipih. Konektor ini jelas-jelas tidak digunakan dalam standart colokan listrik di Indonesia. Kemudian stiker IMEI tertempel rapi pada box, dan tidak ada bekas luntur atau menumpuk pada stiker IMEI yang sebelumnya telah ada dalam box tersebut. Kalu ada tanda-tanda tersebut, maka IMEI BB ini kemungkinan besar telah diakali, jadi solusinya can di toko lain saja.

Langkah 3: IMEI Yang Ada Dalam Box dan BlackBerry Harus Rapi dan Sama
Untuk melihat IMEI, baca saja IMEI yang ada di box, lalu periksa stiker IMEI yang ada di balik BlackBerry yang akan Anda beli (sama seperti stiker IMEI pada ponsel biasa). Jika sama, maka semuanya cocok, tinggal Anda memeriksa, apakah sticker IMEI tersebut asli ataukah palsu. Biasanya IMEI BB memiliki awalan 2 dan 3, untuk tipe lama menggunakan awalan angka 1.
Stiker asli, akan tertempel dengan rapi sejajar dengan slot SIM dan slot MMC, jadi tidak lebar dan asal tempel seperti yang ada pada gambar ini.


Langkah 4: Tanyakan Tentang Jaminan dan Garansi
Langkah selanjutnya adalah tanyakan tentang Jaminan dari si penjual, apabila BlackBerry yang akan Anda beli tersebut tidak dapat meng-akses layanan server BlackBerry dari operator Anda. Atau bisa juga setelah beli dan dicoba ternyata BB tersebut ternyata PIN suspend atau masih terikat IT policy.
Apakah yang akan dia lakukan, akan replace dengan BlackBerry lain, ataukah akan mengembalikan uang Anda 100%.Tanyakan juga mengenai garansi, apakah ada garansi perbaikan atau tidak. Itu semua harus jelas di awal, Jika semua sudah clear, lanjutkan ke tahapan berikutnya.

Langkah 5: Lakukan Cek Fisik dan Keypad
Biasanya tahapan ini dilakukan ketika BlackBerry sudah Anda bayar, karena mau tidak mau, Anda harus menyalakan BlackBerry tersebut. Gunanya untuk diperiksa setting koneksi ke server dan juga soal IT policy tadi. Sebelum membayar, periksa dulu fisiknya, mulus tanpa cacat atau tidak.
Setelah ON, lihat pancaran layarnya, BB baru memilliki pancaran layar yang terang dan tulisannya jelas. Jika Anda membeli BB yang dibawa dari operator (misal: AT&T), maka start-up menu juga memiliki logo yang sama yaitu AT&T. Jika star-upnya berbeda, maka Anda patut curiga.
BB yang masih belum dipakai sama sekali, keypadnya masih enak ditekan, lakukan saja test dengan menuliskan SMS, e-mail, dan aktifitas lainnya, Jika keypadnya terasa mantap ditekan, saatnya memeriksa waktu hidup dari BB yang akan Anda beli.
Masuk Option >> Status lalu ketik BUYR, maka akan muncul informasi dibawah ini.
Jika Data dan Voice usage masih 0.0 maka BB tersebut masih belum dipakai sama sekali. Kemudian lanjutkan kelangkah berikutnya.

Langkah 6: Periksa Validasi PIN
Langkah ini berguna untuk mengetahui PIN Anda ini tidak kembar dengan PIN dari BB lainnya. Istilahnya untuk menghindari PIN "nyangkut" caranya sama dengan cara memeriksa PIN Suspend dan PIN Nyangkut seperti dalam panduan membeli BlackBerry bekas di atas.
Kalau terbukti BB baru yang akan Anda beli ini terkena penyakit PIN Suspend atau PIN nyangkut. Maka tidak ada cara lain, selain mengganti unit tersebut dengan unit lain, dengan PIN yang masih bebas dari kontaminasi.

Nah... demikianlah tips singkat untuk membantu Anda ketika akan membeli BlackBerry. Jadi, sekarang Anda sudah tidak perlu ragu-ragu lagi ketika ditawari membeli BlackBerry bekas, atau bahkan BlackBerry BM. Semuanya sudah tuntas kami bahas. Untuk selanjutnya, silahkan menikmati tips menarik tentang dunia BlackBerry dan juga iPhone hanya di Best Tips & Game.

LANGKAH MEMERIKSA BLACKBERRY BEKAS

Untuk BlackBerry tipe resmi dan BNIB, tentu Anda tak usah repot memeriksa status PIN, kemulusan barang, dan registrasi ke server BlackBerry. Sebab semuanya telah dijamin dan dibantu oleh sang penjual. Bagaimana jika Anda akan membeli BlackBerry bekas? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil, sebelum memutuskan untuk membayar dan membawanya pulang.

Langkah 1: Lakukan Proses WIPE
WIPE BlackBerry adalah melakukan reset ulang secara manual, tujuannya adalah agar data yang ada sebelumnya hilang.Sebelumnya Anda harus memiliki SIM card yang sudah terdaftar dalam layanan BlackBerry dari operator tertentu. Nantinya, SIM card ini akan berguna untuk meng-akses layanan BlackBerry dari smartphone BlackBerry yang akan Anda beli tersebut.
Jika syarat kartu SIM tadi sudah Anda miliki, maka kita akan melanjutkan ke tahapan WIPE, seperti yang ada di bawah ini:


Masukkan SIM Card Anda yang sudah aktif layanan BlackBerry-nya, nyalakan BlackBerry tersebut, tunggu urutan start-up dan yang pasti tulisan GPRS/EDGE/3G-nya harus berubah menjadi huruf BESAR semua. Matikan BB, kemudian nyalakan lagi, ulangi sebanyak 5-9 kali untuk benar benar memastikan bahwa tulisan GPRS/EDGE/3G semuanya secara stabil sudah huruf besar semua.

Jika logo tulisan GPRS/EDGE/3G di sebelah kanan layar smartphone tersebut masih huruf kecil, dan ada tulisan "Data Connection Refused" ponsel tersebut kemungkinan besar PIN mengalami suspend.

Langkah 2:Jika Terjadi Logo GPRS/ EDGE/3G Masih Huruf Kecil
Untuk memastikan benar apa tidaknya perkiraan sebelumnnya, maka Anda harus memeriksa registrasi dan koneksi operator smartphone ini.

Jika register sudah OK tap! masih terdapat dua gejala di atas, maka Apabila dua cara ini masih gagal. Maka positif smartphone BB tersebut telah terkena PIN suspend. Solusinya, jangan Anda beli, karena tidak ada gunanya. Kemungkinan besar BB macam ini adalah BB curian yang dilaporkan hilang dan kemudian PIN-nya di block oleh BlackBerry. Kemudian kemampuan BB ini hanya untuk SMS dan Telponan saja, percuma bukan?

Langkah 3: Periksa PIN Anda Kembar atau Tidak
Istilah PIN kembar ini, biasanya disebut dengan "PIN Nyangkut" untuk memeriksanya, setelah lolos dari tahapan WIPE dan huruf GPRS/EDGE/3G sudah berganti huruf besar, maka masuklah ke icon "Email Settings" jika PIN Anda normal, maka akan muncul permintaan untuk mendaftar email baru.
Jika PIN Anda nyangkut alias kembar, maka tanda yang muncul adalah seperti di bawah ini. Tandanya PIN tersebut "sudah pernah terdaftar" atas nama orang lain dalam list layanan BlackBerry pelanggan operator yang kini sedang Anda pakai.
Jika Anda nekat membeli, beli saja dengan harga murah, dan lakukan PIN release di kantor customer service operator Anda.

Langkah 4: Periksa Akses Internetnya
Selain itu, Anda juga harus memeriksa akses internetnya, jika BB tersebut masih terikat IT policy dari pemilik sebelumnya, maka Anda hanya dapat mengakses website, yang dahulu hanya diperbolehkan oleh si empunya BB. Jadi akses internet Anda menjadi terbatas. Untuk memerikan IT policy caranya adalah,
Masuk menu OPTIONS » SECURITY OPTIONS » FIREWALL. Jika muncul tulisan enabled dengan logo gembok merah di sebelahnya, maka BlackBerry bekas tersebut telah terkena kebijakan internet dari pengguna sebelumnya.

Jika Anda masih ingin membeli BB tersebut, maka solusinya adalah seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya atau Anda bisa membelinya dengan murah dan buka IT policy dengan membawa ke operator langganan Anda. Atau Anda bisa saja membukanya sendiri dengan bantuan software apploader, tapi resiko ditanggung sendiri ya...

TIPS MEMBELI BLACKBERRY

Setelah membahas Hp-trend browser yang dipakai balckberry nggak ada salahnya kalau bahas tips membelinya. BlackBerry adalah sebuah device yang unik, dan Anda tidak bisa sembarangan memutuskan untuk membelinya. Tapi jangan khawatir, kami akan memberikan solusi praktis untuk Anda.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, BlackBerry ini adalah sebuah device yang unik. Sebuah smartphone yang menggunakan Operating System BlackBerry, tidak akan bisa menjadi smartphone BlackBerry yang perkasa, jika dia mengalami PIN Suspend.
Jika Anda akan membeli BB memang ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Apabila Anda menemui penjual yang nakal dan menawarkan BB yang PIN-nya terkunci, wah salah-salah BB Anda sama saja dong dengan ponsel-ponsel lain yang bisanya Cuma SMS dan telpon saja. Jangan sampai tertipu, untuk itu ada beberapa hal penting yang harus Anda cermati sebelum memutuskan untuk membeli.

Mengenal Jenis-jenis BlackBerry Yang Dijual
Biasanya dalam iklan penjualan ponsel, Anda akan menemukan beberapa istilah, misalnya BSB, yang artinya Bekas Seperti Baru, atau istilah Afghan, yang artinya kalau nawar jangan terlampau jauh dari harga yang disebutkan.
Nah, dalam dunia BB, ada beberapa istilah "baru" yang harus Anda pelajari. Istilah tersebut adalah:

BB Resmi
BB tipe ini, 100% baru dan 100% resmi, karena didatangkan oleh pihak operator seluler di Indonesia, yang bekerja sama dengan importir resmi. Kualitas dan layanan purna-jualnya juga dijamin oleh operator dan importir. Tapi yang menjadi kendala adalah, BB tipe ini harganya masih agak mahal. Kecuali, ada tawaran khusus dari operator yang membundling layanan paket BlackBerry mereka dengan smartphone BlackBerry yang kini mereka jual.

BNIB (Brand New in Box)
BB model ini 100% baru, meskipun posisinya sudah keluar dari kotak, tapi masih belum diaktifkan sama sekali. Dikeluarkan dari kotak, karena sang penjual harus memeriksa fisik dan kelengkapan BB tersebut.
BB tipe ini biasanya masuk secara illegal, alias melalui Black Market (BM). Harganya juga standart seperti yang ada di pasaran. Layanan garansi dan purna jual, mutlak ditanggung oleh penjual yang menawarkan BB tersebut. Makanya, untuk membeli BB tipe ini, Anda harus membeli dari pedagang yang dapat dipercaya.

BB 14 Days
BB yang satu ini pasti BB bekas. Menurut versi "pedagang" BB 14 Days adalah BB yang telah digunakan selama 14 hari, dan karena satu atau dua hal BB tersebut dijual kembali oleh si pengguna, jadi usia pemakaiannya masih 2 minggu saja.
Sejatinya, BB 14 Days dalam arti yang Sebenarnya adalah, 14 hari (2 minggu) masa uji coba pembeli BB resmi dari operator. Jika tidak cocok, maka dalam tempo kurang dari 14 hari tersebut, sang pembeli bisa mengembalikan BB tersebut, ke operator tempat dia membeli tadi.
Keadaan BB 14 days juga tidak 100% mulus dan kinclong, tergantung dari pengguna yang menjualnya kembali ke ke toko ponsel bekas. Bila BB tersebut masih garansi, maka sisa garansi resmi tentu masih ada. Tapi jika BB 14 days itu BB non-garansi, tetap saja Anda harus waspada.
Jika Anda beruntung, ada BB 14 days resmi dari operator, yang waktu hidupnya masih pendek, maka biasanya BB bekas dengan kondisi istimewa tersebut harganya tidak terpaut jauh dengan BB yang masih BNIB.

Refurbished
BB refurbished, adalah BB bekas yang dibungkus dengan casing baru, tetapi mesinnya menggunakan mesin lama. Untuk itu, Anda harus ekstra teliti saat membeli, salah-salah Anda membeli BB super mulus, tapi mesinnya hancur atau sudah terkena penyakit PIN suspend.

Nah, setelah Anda mengetahui tipe-tipe BlackBerry yang ada di pasar, maka sekarang saatnya mengetahui langkah-langkah untuk memeriksa BlackBerry yang akan Anda beli.

Monday, August 24, 2009

Situs Berguna Hidup Lebih Bermakna

Menghabiskan waktu dengan mengakses internet menjadi semakin mengasyikkan. mulai dari Flixter, Flikr, MySpace hingga Facebook menjadi tempat nongkrong yang mendunia. Dan tentu saja Ngeblog dengan ponsel yang sudah dibahas hp-trend. Nah, mumpung di bulan “Ramadhan”, ada situs jejaring sosial islami yang dapat diakses lewat PC/computer. Namanya Muxlim.

Muxlim merupakan situs yang diklaim sebagai situs jejaring sosial Islami terbesar di dunia karena diakses oleh lebih dari 1,5 juta orang setiap bulan. Nah, mau tau bagaimana bentuk situsnya?.

1.Buka menu browser pada ponsel > ketikkan http://www.muxlim.com
2.Lakukan registrasi (sign up)
3.Lakukan pengaturan pada profile untuk lebih menjelaskan jati diri Anda. Klik profile > edit.
4.Anda juga dapat mengganti avatar yang berasal dari file image. Anda juga dapat melakukan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda.
5.Sebagai langkah awal, Anda dapat mengupload koleksi foto dengan mengklik ‘upload images’ > browse dengan membuka folder tempat image berada > upload.

Berbeda dengan situs jejaring sosial pada umumnya, setelah image berhasil diupload, file tersebut tidak serta merta akan tampil pada koleksi foto Anda melainkan harus menunggu izin dari moderator.

6.Anda dapat mengundang teman atau orang yang anda kenal dengan, masukkan alamat email pada ‘their email’ > invite. Bila perlu Anda dapat menambahkan pesan pribadi pada ‘add personal message’.
7.Untuk melakukan update status seperti pada ‘facebook’ klik status pada bar kosong > ketikkan kata-katanya > options > Ok. Setelah tampak pada layar klik post.
8.Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang terdapat pada situs ini. Diantaranya chat, blog, poll dan lain sebagainya. Tetapi intinya, mengunjungi situs ini Anda tidak akan bertemu dengan hal-hal yang dapat menimbulkan maksiat atau dosa. Semoga bermanfaat.

Sunday, August 23, 2009

Back up Aplikasi Pihak Ketiga

Kita tidak akan pernah tahu kapan Balckberry kita akan mengalami masalah. Bisa besok , bisa tahun depan atau bahkan bisa saat ini juga. Masalah pada blackberry menimbulkan banyak hal. Salah satunya adalah kehilang data- data pribadi dan sejumlah file aplikasi yang sudah terinstal di perangakat ini.

REpot deh, kalau suatu saat semua aplikasi yang sudah begitu akrab menemani kita sepanjang hari harus terhapus, hilang.
Saat Blackberry kita kembali sehat, kita harus mengumpulkan kembali aplikasi tersebut, mewndownloadnya satu persatu via OTA lalu menginstalnya. Butuh waktu dan tenaga untuk melakukan itu.

Sama seperti data pribadi semisal kontak dan jadwal kalender, entri aplikasi pun bisa kita back up. Tujuannya tida lain ytak bukan agar tidak perlu kembali mendownload dan menginstal aplikasi ketika merka hilang dari perangkat kita.

Caranya mudah. Dan kita hanya butuh Blackberry Desktop Manager Versi 4.6 keatas dan perangkat computer untuk melakukan ini semua. Jika belum ada Blackberry Desktop Manager, anda bisa mendownloadnya dan langsung cari di search engine google sebelah kanan blog ini

Arah Kiblat & Waktu Sholat Lebih Akurat

Da beberapa aplikasi kalibrasi yang bisa dijual. Bahkan sebagian sudah ada yang mengkolaborasikannya dengan GPS ( Global Positioning System ). Sayang kebanyakan memiliki keterbatasan dan tingkat akurasi yang kurang sempurna. Apalagi, jika harus menginput datanya secara manual.

Untuk sebagian orang, kalibrasi arah yang melenceng sedikit saja bakal menimbulkan keragu- raguan bahkan menganggap ibadah Sholat kurang afdol. Nah, hadirnya teknologi GPS di ponsel sedikitnya bisadimanfaatkan untuk mendapatkan koordinasi yang lebih pas. Tapi, tentu saja harus didukng aplikasi yang memadai. Satu diantaranya yang lumayan oke adalah “Cep Muvakkit GPS “.

Sejatinya, aplikasi ini merupakan tools untuk mengtahui jadwal untuk Sholat. Termasuk panduan untuk pendapatkan kalibrasi arah kiblat yang tepat. Jadi, tak perlu melakukan kalibrasi arah kiblat secara manual. Cukup engan memilih GPS saja, otomatis kakulasi latitude dan longitude akan tersimpan dan tertampil dengan lebih tepat.

Berikut ini panduan pengoperasianya:

Langkah 1
Download aplikasi gratisan ini dari http;// www. Cepmufakkit. Com/wap/ CepMufakkitG.zip. Ekstrak dan Instal aplikasi Java-nya keponsel. Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut.

Langkah 2
Lakukan pengaturan standart ditampilan utama, pilih manu > options. Disini anda bisa, Anda bisa mengukur ukuran fontasi tampilan, Azan format waktu serta titik point utama ditampilan kompas mata angina.

Langkah 3
Atur tipe untuk panduan tiap waktu sholat. Pilih menu > warning Type.

Langkah 4
Pilih metode kalkulasi kalender islam. Masuk ke Menu > calculation Method.

Langkah 5
Untuk waktu sholat, masuk ke Menu > Select City > Continents > Country > Select City > Go.ditahap ini, sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan arah kiblat sesuai lokasi. Namun, masih belum seakurat mengunakan data GPS.

Langkah 6
untuk mengatur kalibrasi arah kiblat berdasarkan GPS, sampai di pilihan kota ( Select City ) pilih Options > Use GPS > Select. Pastikan Anda memilih untuk mengunakan data GPS dengan memilih ’ Yes ’ di notifikasikan berikutnya


Otomatis, pengaturan latitude akan berubah. Berikut tampilan arah kiblatnya

Friday, August 21, 2009

Membuat dan Mengirim Kartu Ucapan Digital

Dulu kita sering kali mengirmkan kartu ucapan via pos, selanjutnya kita bisa berkirim via SMS, nah di era yang serba sigital ini , kartu ucapan pun makin bervariasi, dan bisa lho mengirim dengan versi digitalnya. Gimana, ingin tahu caranya membuat kartu ucapan digital.
KAmu nggak usah repot mencari aplikasi atau software untuk mebuatnya. Beberapa layanan online sudah menyediakannya. Cukup sederhana dan kamu bisa langsung mengirmkan ke ponsel tujuan.

Mari kita mencoba salah satu contoh :
1.MAsuk ke www.jag.ag.com pilh “Create Mobile Greeting”.
2.Pilih salah satu kartu yang kmau suka deng mengeklik gambarnya saja
3.Setelah itu isi teks dalam kotak dengan kata-kata buatan mu sendiri
4.Masuk ke bagian editing dimana kamu bisa merubah gambar dan teks tadi. Panel gambar dan teks ada disebelah kiri. (bisa diganti foto koleksi kita)
5.Silahkan masukkan gambar dan teks pengganti menggunakan Panel sebelah kiri
6.sebagai percobaan ada free mengirim SMS hasil tadi ke Ponsel tujuan kamu

Gimana..? mau coba nggak ? asyik lho…

Friday, August 14, 2009

MENATA SITUS FAVORIT

Layaknya sebuah browser di dunia PC browser canggih yang ada di dalam Blackberry ini juga dapat mengatur situs- situs favorit anda, seperti fitur Bookmark yang terkenal itu. Ingin tahu caranya? Silahkan baca ulasannya berikut ini…
•Anda sorot website yang hendak di pindahkan lantas pilih Grab supaya aplikasi bisa mengeksekusi perpudahan.
•Setelah anda memilih Grab, maka dengan ikon tangan bsa mengambil website yang bersangkutan dan men- drag- nya ke lokasi folder yang hendak di tuju.
•Begitu posisi sudah di tentukan, maka anda bisa melepaskan ikon tangan tersebut.

Yups, maka website tersebut kini sudah berpidah posisi ke lokasi baru secara otomatis.
Beberapa tombol yang bisa digunakan dalam Bolt :
Show Favorites
My Pages
Page up
Enter URL
Page Left
Toggle THE splitscreen view ( image top right )
Page Right
Fine in Page
Page down
Forward
Show History
Show Feeds

MENJAJAL BROWSER INTERNET DAHSYAT BLACKBERRY

Bagi Anda penguna Blackberry, tentu sudah terbiasa Menggunakan browser bawaan yang sudah terbenam di Dalamnya.Tapi, tahukah Anda jika tersedia juga browser Alternative untuk Blackberry yang memiliki fitur cukup dahsyat?

Bolt Internet Browser
Bagi Anda penguna Blackberry, tentu sudah terbiasa menggunakan browser bawaan yang sudah terbenam di dalamnya.Tapi, tahukah Anda jika tersedia juga browser alternative untuk Blackberry yang memiliki fitur cukup dahsyat?nah, jawabanya adalah Bolt, sebuah web browser mutakhir dengan kemampuan prima.
Bolt adalah web browser yang bias didownload secara gratis dan menawarkan sebuah pengalaman berselancar di internet yang menakjubkan pada Blackberry Anda.Tak hanya menampilkan versi mini dari browser internet PC, Bolt menyuguhkan kemampuan menjelajah internet dengan cepat dan efisien.
Aplikasi ini pun kaya dengan dukungan fitur serta tampilan halaman web layaknya seperti yang terdapat dalam PC.Terlebih, Bolt dibangun dengan support teknologi browsing ThunderHawk-nya Bitstream yang diklaim merupakan hasil pengembangan browser mobile selsms lima tahun.
Dengan dukungan WebKit engine dan teknologi browsing ThunderHawk buatan BitStream tadi, setiap halaman dari websiter mampu tampil akurat. Bolt pun sudah dioptimalkan baik dari segi kecepatan dan performa pada perangkat bergerak yang memiliki memori, operating system dan kapasitas layar terbatas.
Saat ini Bolt masih disuguhkan dalam versi 1.04 atau Beta 3. Meskipun begitu, aplikasi ini cukup optimal buat digunakan pada Blackberry. Bisa menjadi alternatif browser bawaan yang terdapat pada Blackberry.
Amda juga bakal merasa nyaman menggunakan trackball, karena melakukan scroll lebih mudah serta tak perlu banyak melakukan scrolling dalam urusa navigasi. Meski Bolt tidak mendukung flash,namun aplikasi ini mampu menampilkan video YouTube yang bias diluncurkan dan ditonton.
Bolt menggunakan client/ server architectur untuk memaksimal pengalaman browsing pada perangkat pengegerak pendekatan ini meemungkinkan Bolt melakukan transcode multimedia saat menyuguhkan video streaming, kompresi gambar dan data lain untuk meminimalisir penggunaan layanan data ( meredam biaya ), menghemat penggunaan baterai dan meningkakat kecepatan dalam mendownload halaman web.
Beberapa patokan penting yang dibutuhkan untuk bias menggunakan aplikasi ini antara lain, handset suudah mendukung J2ME MIDP2, dan 150 kb kapasitas penyimpanan untuk aplikasi serta 500 k RAM untuk menjalankan apllikasi ini.
Bergam kegunaan yang disuguhkan anatara lain:
• Browsing cepat . Kecepatan Browsing ini sekitar 25- 50% ketimbang Brpowser untuk ponsel lain. Mampu memainkan video streaming dari situs video sharing seperti Youtube dan Myspace.
• RSS. Aplikasi ini mendukung RSS reader terintegrasi, dengan rendering layaknya gaya desktop, termasuk kemampuan Browsingnya
• Copy/ Paste. Tersedia fitur Copy/ Paste teks seperti lataknya yang biasa bterdapat pada browser PC. Dengan dukungan Inline teks, Anda bisa memasukan dan mengedit teks pada kotak teks online secara langsung
• Social Networking. Aplikasi mendukung semua fitur kesitus social networking faforit anda.
• Security Mendukung secure shoping, Bolt menawarkan enkripsi sedang untuk ponsel yang mendukung https.
• Faster navigation. Yang sudah diapatenkan membawa anda lebih cepat.
• pload videos and Photo. Anda pun bias mengupload foto dan video ke Youtubeatau gambar ke Photobucket.

Setelah berhasil mendownload maka Anda bisa menjajal aplikasi ini. Kecepatan download aplikasin ini cukup baik, saat digunakan untuk membuka beberapa website popular, maka dalam beberapa detik mampu terbuka dengan sempurna. Contohnya website seprti Amazon.com, CNN.com,ESPN.com, dan nytimes, com.
Lewat webkite engine-nya Bolt mampu menyuguhkan layout halaman web yang nyris sama dengan jika anda mengakses internet dari browser PC. Ddukungan fontasi pun memberikan kenyamanan dalam hal konton, informasi yang lebih banyak bias muatke dalam layar Blackberry yang mungil.
`Bolt mendukung flash video memiliki data format 3gp, maka akan dikirim secar langsung ke perngkat dalm bentuk 3gp . Selain, client/ server architecture digunakan untuk melakukan transcode dari dari video format flv ke dalam format mengirimnya ke perangkat.
Pada Blackberry, video dimainkan langsung dalam media player bawaan melalui browser bawaan. Aplkasi ini mendukung Ajax ( except timer event ) dan flash video, namun Bolt tidak mendukung Flash.
Dengan tampilan full page display, aplikasi ini menghadirkan kemampuan seperti browser PC informasi halaman ditampilkan dalam format transport yang kompak, berisi informasi yang mungkin muncul dalam halaman web seperti teks, gambar dan user interface seperti biasa.
•Aplikasi ini pun bias beroperasi dengan tombol navigasi bawaan seperti trackball pada Blackberry.
•Untuk tampilan, Bolt sudah mendukung adaptasi dynamic content secara otomatis dimana teks di sesuaikan ukuran layar.
•Dukungan SmartBar auto-completes URL entri berbasis history.
•Fitur Easy Zoom dan Pop up blocker.
Untuk urusan zooming atau perbesaran, Bolt sudah mendukung fie level magnification dan secara menawan mengatur ukuran teks dan gambar.
Konten yang ada pada magnifier selalu bias terbaca dan bias diseleksi dengan sekali klik tombol. Teknik ini membuatnya jadi lebih dahsyat ketimbang fitur mini map yang disediakan browser perangkat bergerak pada umumnya.
Bolt juga mendukung bookmarking, history (by day/session), single klik akses ke history terkini (dengan menekan tombol back selama 2 detik). Aplikasi ini juga mendukung RSS subscription.
Untuk urusan konten dan video download aplikasi ini cukup mumpuni. Gambar dan file bisa didownload ke dalam perangkat melalui Bolt yang lantas bisa disharing melalui email.
Dukungan terbarunya sudah dilengkapi dengan bold dan italic font, file uploading dan melakukan copy teks dari website dengan mudah bisa dilakukan.
Dibandingkan browser lain, Bolt menjadi salah satu Browser terbaik yang mendukung huruf tebal, miring dan kombinasi keduanya.
Fitur terbaru untuk mengupload foto dan video ke dalam website yang mendukung layanan seperti YouTube dan Flickr hadir dalam format yang mendukung tipe file `html tml input tag` website yang mendukung form untuk upload.
Fungsi copy dan paste pada aplikasi ini bisa berfungsi dengan baik. Untuk mempergunakannya, Anda cukup menempatkan kursor pada awal atau akhir dari teks yang hendak dikopi. Lantas pilih “Select text” dari menu dan gerakkan kursor secara horizontal atau vertical untuk menyorot teks yang hendak dikopi. Lalu pilih `Copy` dari menu.

Saturday, August 8, 2009

12 Kelemahan dari Iphone 3G + Solusinya

Setelah beberapa postingan yanglalu membahas cara kerja Touchscreen Iphone nah sekarang kita lihat deh kelemahan Iphone :
1. Tidak bisa mensinkronisasikan file musik melalui penyedia lain
2. Game Free tapi harus download... bisa nguras pulsa
3. Tidak ada Aplikasi Modemnya
4. Tidak bisa menemukan pihak ketiga untuk aplikasi game selain partner Iphone
5. HAnya bisa menjalankan 1 aplikasi
6. Tidak pakai OS open Source
7. Terbatasnya penggunaan Bluetooth
8. Tidak ada sistem Copy paste
9. Fitur MMS yang tidak ada
10. Kamera pixel nya hanya 2 Mega pixel
11. Tidak ada fitur voice command, Voice Control
12. Iphone 3G harus beli di Provider

Untuk solusi nomor 1-4 anda dapat menggunakan software i-tunes versi 8.0.1.11 sedangkan untuk solusi no 5,7,8,9 dan 11 lakukan upgrade OS pada iphone ke versi 3.0. Untuk permasalahan no 10 akan teratasi di Iphone 3GS. No 12 anda dapat menemui handset Iphone yang sudah Unlock dengan sendirinya.

Wednesday, August 5, 2009

Upload Foto Facebook Di Ponsel TAnpa Aplikasi 2

Walau facebook memiliki akses mobile, kalau untuk upload foto langsung ke facebook kelihatannya tidak memuaskan.Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan fasilitas upload foto via email. Selain lebih hemat bandwidth dan pastinya lebih cepat (browsernya pakai opera mini atau UCWeb).

CAranya kamu tinggal mengatur setting dari alamat email kamu. Lebih mudah lagi kalau kamu sudah punya akun Gmail. Selanjutnya kamu rubah setting :
Mailbox; Gmail
Access point in Use; pilihsesuai kartu anda
Outgoing : Smtp.gmal.com,
Username; email kamu,
Incoming; Imap.gmail.com
mailbox type; IMAP4
Security port : 993/995

Kamu sudah bisa mengirim email ke alamat email facebook tadi… coba dulu deh..

Berbagi Internet Ponsel Via Wi-fi

Setelah kita bisa posting dengan ponsel (ngeblog) lalu gimana kalau ponsel kita bisa buat share dengan yang lain ? Menghubungkan Internet dari sebuah perangkat satu ke perangkat yang lain…contohnya PC dan ponsel dalam radius tertentu yang disebut hotspot. Seiring dengan berkembangnya jalur data di Ponsel hingga mencapai kecepatan 3G dan HSDPA, atau setara dengan bandwidth sebuah jaringan ADSL, nampaknya Ponsel pun bisa dijadikan sebagai tulang punggung untuk sebuah internet. Jadi Ponsel kamu nanti difungsikan sebagai servernya (akses Pointnya).

Berikut langkah penggunannya :
1.Download dulu aplikasinya di www.joiku.com
2.File yg didapatkan diinstal di ponsel kamu (lalu direstart)
3.Jalankan aplikasi (berilah ijin penggunaan kartu anda)
4.Akses Point akan berlangsung tergantung pada kondisi jaringan kartu yang digunakan
5.Setelah Aplikasi terbuka silahkan masukkan kode encryption (bila menginginkan di password setiap yang akan konek) dan juga atur address seperti mengatur pada PC
6.Kalau aktif telihat nama Joikuspot
7.Statusnya harus dirubah agar bisa sharing internet
8.Coba dengan Ponsel wifi lain… konek

Selamat mencoba