Wednesday, June 30, 2010

Ganti Bada, Java Propietary Ditinggalkan Samsung

Samsung bakal meninggalkan pengguna platform Java Propietary di semua jenis ponselnya di masa mendatang. Sebagai gantinya, raksasa elektronika asal Korea Selatan itu bakal menggunakan platform terbarunya, Bada.

"Ke depan semua feature phone akan menggunakan Bada," kata Pambudi Sudirman, Application Manager Samsung Mobile Indonesia di acara Bada Developer Day yang diadakan Samsung dan Majalah Chip, Rabu (30/6/2010) di Hotel JW Marriott, Jakarta. Namun, ia tidak bisa memastikan kapan Samsung benar-benar meninggalkan Java Propietary dan menggantinya dengan Bada karena hal tersebut tergantung kebijakan kantor pusat di Korea Selatan.

Menurut Pambudi, kehadiran Bada memang untuk menjawab tuntutan konsumen. Saat ini, ponsel tidak hanya dilihat sebagai perangkat telepon dan SMS saja, tapi juga harus bisa menjadi communication hub untuk selalu terhubung dengan teman, saudara, dan seluruh dunia. Dengan sistem propietary, kata Pambudi, Samsung kesulitan mengembangkan aplikasi-aplikasi baru sesuai tuntutan tersebut.

"Bada bersifat open dan fleksibel, semua aplikasi yang diciptakan bisa dinikmati sampai ke ponsel low end," ujar Pambudi. Saat ini, Bada memang baru digunakan di satu jensi ponsel yakni Samsung Wave yang notebene merupakan smartphone kelas atas. Namun, ke depan, Samsung telah menyiapkan smartphone kelas menangah ke bawah dengan platform Bada.

Tahun ini, kata Pambudi, Samsung akan merilis tiga jenis ponsel lagi berbasis Bada. Masing-masing dua tipe yang hanya mendukung hingga jaringan EDGE dan satu tipe yang mendukung 3G/HSDPA. Ini juga menegaskan bahwa semua ponsel Samsung di masa mendatang adalah smartphone dari kelas low end hingga high end.

Bagaimana dengan platform lainnya? Pambudi mengatakan Samsung memang dikenal menggunakan semua platform di jajaran ponselnya dari Android, Windows, dan Symbian. Hal tersebut karena ada kelebihan tertentu yang tidak bisa dipenuhi semuanya di satu platform. Menurutnya, Samsung tetap akan mempertahakan strategi multi-OS di jajaran perangkatnya dan Bada salah satunya.

dikutip dari : http://tekno.kompas.com/read/2010/06/30/16153119/Ganti.Bada..Java.Propietary.Ditinggalkan.Samsung

Sunday, June 27, 2010

iPhone 4

iPhone 4 diperkenalkan pertama kali oleh CEO Apple Steve Jobs menjanjikan kalau smartphone terbaru itu punya kinerja lebih kencang, grafis lebih, grafis lebih baik, kamera dengan piksel lebih tinggi, dan tambahan fitur lainnya dibandingkan smartphone pendahulunya. Di balik pembaruan tersebut tentu terdapat komponen hardware yang mendukungnya. Dua situs teknologi, iFixit dan Chipworks, berhasil mengungkap rahasia komponen iPhone 4 setelah melakukan reverse engineering dengan membongkar perangkat tersebut bagian demi bagian.

iPhone 4 menggunakan prosesor Apple A4 seperti yang digunakan pada iPad yang punya clock speed 1 GHz. Ini merupakan pertama kalinya iPhone menggunakan A4 karena pada iPhone 3GS menggunakan prosesor Samsung S5PC100 ARM A8 600 MHz. Prosesor Apple A4 menggunakan core ARM Cortex A8. Karena Apple tidak memproduksi hardware sendiri, Apple kemungkinan melanjutkan pengerjaan pembuatannya kepada Samsung seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.

Kapasitas memori RAM iPhone 4 sebesar 512 MB atau dua kali lipat memori iPad dan iPhone 3GS. Saat prototipe iPhone 4 bocor beberapa waktu lalu, kapasitas memorinya dilaporkan hanya 256 MB. Dengan fakta tersebut, kemungkinan Apple melakukan keputusan untuk menambah kapasitas memori menjelang proses produksi dimulai. Cip yang digunakan buatan Samsung.

. Selama ini Samsung memang dikenal sebagia rajanya memori flash. iPhone 4 menyediakan dua pilihan dengan kapasitas 16 GB dan 32 GB. Cip grafisnya didukung PowerVR SGX 535 3D Graphics Core.

Komponen yang mendapat sorotan berikutnya adalah kontroler untuk layar sentuhnya. Apple menggunakan cip buatan Texas Instruments yang juga piawai di bidang ini. Apple mengikuti evolusi kontroler layar sentuh dari generasi pertama yang menggunakan solusi dengan lima buah cip, generasi kedua dengan tiga cip, dan generais terbaru hanya dengan sebuah cip all in one yakni tipe 343SO499.

kamera yang digunakan. iPhone 4 mengunakan kamera 5 megapixel yang sudah bisa merekam video berkualitas HD 720p dan 30 FPS, lebih baik daripada iPhone 3GS yang menggunakan 3,2 MP. Kabarnya sistem dan sensor kamera yang digunakan adalah dari Omnivision meski Chipworks belum bisa memastikan secara rinci. Apple sudah mengumumkna bahwa kameranya menggunakan teknologi BSI (backside illumination) yang memaksimalkan setiap piksel mendaptkan cahaya cukup untuk menghasilkan gambar terbaik. Omnivision dikenal handal dalam teknologi ini dibanding 20 perusahaan sensor lainnya.

Untuk sensor gerak yang membuat iPhone menjadi perangkat yang intuitif untuk bermain game dan navigasi lainnya didukung solusi dari STMicroelectronics. iPhone 4 menggunakan sensor akselerometer tiga sumbu dari perusahaan cip tersebut. Sensor-sensor ini mendukung sistem MEMS (microelectromechanical systems) untuk menerjemhkan setiap gerakan menjadi sinyal listrik dengan tingkat sensitifitas dan akurasi tinggi.

Tak kalah penting adalah komponen untuk mendukung akses komunikasinya. iPhone 4 menggunakan cip buatan Broadcom untuk akses WiFi 802.11 a/b/g dan Bluetooth. Broadcom juga memasok cip untuk penerima GPS. Untuk penerima sinyal GSM/3G digunakan cip buatan Skyworks.

iPhone 4 mengikuti jejak Nexus One buatan Google dilengkapi dual mikrofon untuk memperbaiki kualitas audionya dan menekan gangguan noise. Kedua sensor diletakkan jauh terpisah kemungkinan salah satunya untuk menerima sinyal dari suara pengguan dan lainnya menangkap noise dari gangguan di sekitarnya.

Komponen yang tak terlewatkan adalah LCD iPhone yang menggunakan LED backlight. LCD tersebut dilapisi kaca khusus dari bahan alkali aluminosilicate yang 20 kali lebih keras dan 30 kali lebih kuat daripada plastik. Lapisan ini ditempel kuat dengan LCD dan digitizer untuk sistem layar sentuhnya sehingga jika salah satu bagian rusah harus diganti semuanya.

Tuesday, June 22, 2010

Pendatang Baru

IMO ANDROID X2

Imo bersiap untuk mengeluarkan handset berplatform Android layaknya handset asing lainnya. Seri Imo Android X2 ditargetkan masuk kelas atas. IMO merubah desain capacitive touchscreen. Qwerty diganti jadi Touchscreen capacitive, D-pad pun berganti Trackball. Untuk seri ini sudah dilengkapi Bluetooth, Wifi dan kamera standart dengan memori internal 128 MB.

LG GD580 LOLLIPOP


LG menghadirkan satu seri GD clamshell modis bagi yang berjiwa muda, HAndphon ini menonjolkan sisi desain yang cukup elegan sehingga mampu membuat penggunanya terlihat eksklusif saat membawanya. Ponsel berdimensi 10.83 x 5.15 x 1.34 cm terlihat tipis namun cukup panjang apalagi kalau flip dibuka. Disisi kiri ditempatkan port headphone yang juga berfungsi sebagai port charge sehingga ponsel ini tidak mengadopsi model port audio jack standar 3.5 mm, mini ataupun microUSB.

Lollipop dilengkapi kamera 3.15 Mp dengan hasil kamera yang cukup cerah. Sedangkan audio player tingkat kejernihan suaranya masih kurang. Konektivitas dari LG GD580 ini sudah standar HSDPA dengan bandwidth 3.6 Mbps. Browser yang terinstall mampu mebuka beberapa beberapa bahasa tampilan situs dari WAP 2.0/xHTML hingga HTML. Sedang menu utamanya memiliki akses khusus ke Google (search and maps). Kelemahan dari Handphone ini adalah tidak memiliki akses khusus ke layanan macam facebook, Twitter, dan myspace. Sedang koneksi loka dibekali Bluetooth, standart.

Saturday, June 19, 2010

Untuk mengetahui dimana kamu ?

EchoEcho merupakan aplikasi mobile berbasis lokasi yang ditujukan untuk mengetahui lokasi kamu atau saudara/ famili bahkan mungkin teman-teman kamu. Aplikasi ini tidak mengharuskan pengguna untuk mempublikasikan lokasi sendiri secara terus menerus. Namun layanan ini justru dioperasikan dengan mengirimkan sinyal ke relasi penggunanya untuk mengetahui keberdaannya seperti “Dimana kamu ?”

Aplikasi ini sangat cocok untuk mengetahui keberadaan kamu, atau bahkan anak-anak kamu dan teman-teman tanpa harus menanyakan detail lokasi. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat Iphone, Smartphone berbasis Android, Symbian (Nokia), Blacberry, dan Windows Mobile.

TAnpa sign up asalkan salah satu sudah tertanam aplikasi EchoEcho ini maka akan tetap bisa walau hanya menerima pesan notifikasi. Khusus Android pesan singkat ini sudah mampu menampilkan link situs Mobile EchoEcho. JAdi untuk download langsung di m.EchoEcho.me

Wednesday, June 16, 2010

Anti Virus untuk Cell Phone

Antivirus untuk Cell phone sudah beragam jenis dan pilihannya. Untuk hand phone Symbian, sinyal menemukan tak kurang dari enam anti virus baik berbayar maupun gratis yang dapat anda pertimbangkan untuk menjaga kestabilan system hand phone anda.

F-SECURE MOBILE SECURITY
Aplikasi ini tersedia beberapa system yaitu seri Symbian, Windows Mobile dan juga Android. Fasilitas yang tersedia meliputi Firewall, proteksi antivirus, antispyware, update otomatis dan anti maling (bisa sangat bermanfaat kalau hanphone dicuri/ hilang).
Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki kinerja yang cepat dan banyak fitur sedangkan kekurangannya tidak simple interface nya. Website mobile.f-secure.com

KASPERSKY MOBILE SECURITY
Aplikasi ini bisa didownload secara gratis (versi trial) di kms.kaspersky.com sedangkan fasilitas yang disediakan sama dengan f-secure termasuk anti maling. Fungsi yang baru di aplikasi ini adalah “Privasi Protection” yang berfungsi untuk menyembunyikan atau menampilkan data phonebook, SMS, call log dengan satu tombol. Ada juga parental control yang mencegah anak-anak melakukan panggilan telepon atau berkirim SMS.
Pemblokiran dari koneksi jaringan yang diperkirakan membahayakan. Pemindaian bisa dilakukan dalam beberapa opsi : scan pesan, scan folder tertentu, scan secara keseluruhan. Kelebihan dari aplikasinya fitur lengkap menu simple, kekurangannya kurang cepat.

NETQIN MOBILE ANTI VIRUS

Untuk symbian aplikasi ini adalah aplikasi paling simple, fasilitas yang disediakan meliputi viru scan instant, proteksi network, firewall, real time monitoring dan system managenment. Kelebihan dari aplikasi ini adalah simple dan nyaman sedangkan fiturnya masih standar. Alamat website netqin.com/en/antivirus

Friday, June 11, 2010

Handphone Qwerty

Imobile 2211

Menggunakan system OPerasi Widows Mobile berlayar 2 inchi cell phone Qwerty Low end ini mengandalkan multimedia yang bisa MP4, MP3, Radio FM dan Sound Recorder. Koneksi masih memakai GPRS dan Bluetooth. Yang terakhir untuk aplikasi online iMobile 2211 mengandalkan aplikasi online seperti Facebook, Twitter, Yahoo Mesengger, dan MSN

Mtel 888

Design hamper sama dengan kebanyakan Qwerty local dan lebih mirip Blackberry dengan garansi 1 tahun . Dual SIM dan memiliki TV tuner. Kamera VGA (flash kurang terang). JAdi Mtel 888 hanya ingin sekedar menampilkan tampilan baru mirip blackberry dengan harga murah.

Bold e220

Kamera yang dimiliki 1,3 Mp walau dalam gelap cahaya flash kurang, dengan design seperti Blackberry wanabe. Bold e220 mengadalkan kemampuan java multitasking dengan beberapa aplikasi yang sudah terinstall didalamnya yaitu Opera mini, eBuddy, facebook dan juga twitter.

DTC 201
DTC 201 tampilan interface nya sangat nirip dengan ponsel nokia. Dilengkapi kamera (walau kecil pixelnya) multimedia bisa recorder, FM radio, schedule, dan dukungan nirkabelnya sampai pada GPRS. LAyaknya Qwerty Low End lainnya.

Maxtron MG153

Kelebihan dari produk local ini salah satunya adalah cukup mungil, dengan kamera VGA yang bisa buat merekam + standart multimedia lainnya. Koneksi tetap GPRS. Sayangnya tidak dilengkapi aplikasi java.

Lexus L16

Produk lexus L16 ini menampilkan 2 pilihan, TV dan non TV. Lainnya sama seperti MG153.


T-World T9000

Ini produk baru muncul di pasar, layarnya 2,2 inch dengan ketajaman warna 262 K. Kamera 2 Mp (lumayan juga) dengan lampu flash yang baik. Andalannya jelas TV tuner dan Java Mutitasking yang telah tertanam.

Nokia 3806

Cell phone CDMA ini memiliki kamera 2Mp, berbentuk candybar dan menggunakan tombol Dpad. Dengan teknologi CDMA 2000 1x, Nokia 3806 CDMA mampu digunakan sebagai modem saat dihubungkan dengan computer. Kelebihan lainnya adalah adanya Micro SD yang support sampai 4 GB


Lexus 61


Sudah 5 bulan ini saya memakai cell phone Lexus 61, daya tahannya bagus sekali. Phone qwerty ini selain harga murah tapi memiliki fasilitas yang lumayan bagus. Lexus L61 merupakan replica bold paling diminati ketika pertama kali keluar bulan januari lalu. Dalam hal koneksi lexus 61 didukung EDGE, Bluetooth dengan AD2P dan kabel data yang mirip dengan blackberry.

Aplikasi java juga sudah tersedia ada Ebuddy beta, Microsoft Word, Microcalc, mig33v4, Opera mini, snaptu. Mutimedia Juga lengkap audio player, Video Player, video recorder, Radio FM, Melody, repeater. Kamera Lexus L61 memiliki kekuatan 1,3 Mp dilengkapi lampu flash (belakang) sedang yang depan tidak (dual kamera). Unggulan Lexus L61 Trackpad adalah kemampuan dijadikan modem.

Saturday, June 5, 2010

TIPS MENGOPTIMALKAN KINERJA BLACKBERRY

Blackberry sebagian besar digunakan untuk menunjang aktifitas keseharian tidak hanya telepon, SMS, MMS tapi juga akses internet melalui Blackberry Web Browser maupun berkomunikasi melalui Blackberry Mesengger dan mungkin juga Update Status Facebook.

Dengan banyak sekali manfaat dari Blacberry maka kita bisa lebih mengoptimalkan kinerja Blackberry dalam berbagi aplikasi dan fitur yang menunjang aktivitas keseharian kita agar benar-benar bisa membantu. Berikut Tips Mengoptimalkan Kinerja Blackberry :

1. Update : Lakukan Update Blackberry OS dan firmware terbaru untuk memperbaiki banyak bug dan meningkatkan kinerja smartphone.
2. Menutup Aplikasi yang tidak digunakan dengan benar
3. Hapus Aplikasi yang tidak diperlukan / tidak disukai
4. Non Aktifkan konten kompresi dan konten kompresi dengan cara klik Pilihan > keamanan pilihan > Pengaturan umum
5. Hapus pesan Email dan pesan MMS pada Blacberry Handled, terutama pesan dengan lampiran dan berhenti meneruskan pesan email ke perangkat (PC)
6. Hemat Baterai dengan cara non aktifkan GPS, Bluetooth, Wifi, fitur Getar (aktifkan bila saat diperlukan saja)