Tuesday, August 31, 2010

Pasukan Android Pesaing iPod

Penguasaan iPod di pasar perangkat pemutar musik bakal lama bertengger tanpa pesaing yang sebanding. Namun, dengan adanya platform Android, produsen elektronika kini punya peluang untuk merebut kue yang terlalu lama dikuasai Apple.

Salah satu "Pesaing" yang akan menggoyang iPod adalah perangkat buatan Phillips yang diberi nama GoGear Connect. Perangkat ini dirancang sebagai pemutar musik dengan menyediakan kemudahan sinkronisasi koleksi musik di komputer melalui Bluetooth, USB, dan software Plilips Songbird.

Tak hanya buat mendengarkan musik, GoGear Connect juga bisa memutar file video MP4, dilengkapi aplikasi peta dan berbagai layanan berbasis lokasi. Seperti layaknya perangkat berbasis Android lainnya, GoGear Connect juga dilengkapi paket aplikasi Google, dan akses ke layanan Android Market yang menyediakan puluhan ribu aplikasi.

Philips GoGear Connect menggunakan layar sentuh yang selebar 3,2 inci, hardisk 16 GB, dilengkapi koneksi WiFi untuk mengakses internet, earphone khusus, kamera, dan slot micro SD. Produk ini akan tersedia di Eropa, China, dan As mulai Oktober mendatang dengan harga sekitar Rp 3 juta.

Pakaian Sebagai Baterai Ponsel

Rekayasa genetika virus telah memungkinkan kain digunakan sebagai baterai. Para ilmuwan, seperti dikutip dari Daily Mail, menggunakan dua virus tak berbahaya guna menghasilkan baterai Lithium-ion berkemampuan tinggi dan bisa diisi ulang untuk Ponsel, atau GPS Militer.

Sumber energi baru ini di masa depan mampu dijahit menjadi seragam atau rompi antipeluru, bahkan dapat dituangkan atau disemprotkan ke dalam wadah dari berbagai ukuran dan bentuk.

Baterai menghasilkan energi listrik dengan mengubah energi kimia kedalam energi listrik menggunakan dua elektroda - sebuah anoda dan katroda - yang dipisahkan oleh sebuah elektrolit. Para ilmuwan dari MIT menggunakan M13, sebuah virus yang menginfeksi bakteri tetapi tak berbahaya bagi manusia. Virus itu bisa diatur untuk menghasilkan sebuah katoda besi fluorida untuk baterai jenis Lithium ion.

Penelitian itu dilaporkan dalam pertemuan pekan ini pada The American Chemical Society di Boston. Mark Allen dari MIT, yang membuat penelitian itu, mengatakan "yang kita bahas adalah kain yang juga baterai."

"Baterai itu, setelah ditenun menjadi pakaian, mampu menghasilkan tenaga untuk berbagai perangkat teknologi canggih,termasuk radio genggam, perangkat GPS dan PDA (Personal Digital Assistan),dan mereka juga bisa digunakan pada telepon seluler dan telepon pintar (smartphone) yang digunakan sehari-hari.

Ia menambahkan : "menggunakan bakteriofag M13 sebagai sebuah pola merupakan sebuah contoh dari kimiawi hijau (green chemistry), sebuah metode yang ramah secara lingkungan dari pembuatan baterai." "Cara tersebut memungkinkan pemrosesan dari semua bahan pada suhu kamar dan di air."

Ia mengatakan bahwa bakteri itu lebih aman ketimbang menggugunakan pada baterai lithium ion karena n panas yang dihasilkan minim sehingga lebih kecil risikonya dalam menciptakan percikan api. Para peneliti bekerja dengan dunia industri untuk menguji dan memperbesar skala baterai-dari-virus itu, yang mereka katakan dapat digunakan untuk tenaga listrik pesawat tanpa awak untuk operasi mata -mata.

Baterai berbobot ringan dan tahan lama serta bisa dijadikan pakaian-isi-ulang bisa bermanfaat untuk militer maupun sipil. Allen mengatakan : "Serdadu biasanya harus membawa beberapa pon baterai, tetapi jika kita mengubah baterai itu ke pakaian, maka beban yang dibawa akan berkurang beratnya."

"Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk pelancong bisnis yang membawa beberapa baterai dan catu daya secara terpisah untuk laptop, ponsel, dan perangkat lainnya. mereka bisa mengurangi beberapa beban. dikutip dari:
http://www.antaranews.com/berita/1283230688/pakaian-sebagai-baterai-ponsel

Wednesday, August 25, 2010

Nokia dan Intel: Meego Segera Dipasarkan

Nokia dan pembuat chip Intel mengatakan pada Selasa bahwa perangkat lunak yang dihasilkan dari usaha patungan mereka, cukup kuat untuk dipasarkan.
"Respon yang benar-benar positif," kata Mika Setala, direktur aliansi industri pada Nokia kepada wartawan. "Komunitas MeeGo aktif, bersemangat," kata Martin Curley, kepala dari Intel Labs Eropa.

Pada bulan Februari dua perusahaan tersebut mengumumkan rencana untuk membuat MeeGo, penggabungan platform perangkat lunak Linux Maemo Nokia dengan Intel Moblin, yang juga didasarkan pada perangkat lunak open-source Linux.

Nokia berharap MeeGo akan membantu dalam pertempuran melawan iPhone Apple dan Android Google di puncak pasar ponsel. Tahun lalu Nokia dan Intel mengumumkan sebuah perjanjian kerja sama yang luas, juga menyebutkan rencana untuk membuat perangkat keras bersama.

"Kami masih menjajaki kemungkinan untuk perangkat keras bersama, tapi tidak ada lagi yang diumumkan," kata Setala dikutip Reuters.

Thursday, August 19, 2010

Musik Bisa Merusak Telinga

Apakah Kamu termasuk orang yang suka memutar musik dengan keras menggunakan perangkat iPod atau pemutar MP3 lainnya? Jika iya, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan itu karena sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) yang disiarkan oleh Journal Of The American Medical Association mengungkapkan bahwa jumlah remaja yang mengalami gangguan pendengaran telah meningkat hampir sepertiga dalam 15 tahun terakhir.

Laporan yang dikutip Reuters Life! itu berangkat dari sebuah studi yang membandingkan survei-survei nasional sejak awal tahun 1990an sampai pertengahan tahun 2000an dan melibatkan beberapa ribu remaja dari usia 12 sampai 19 tahun.

Dalam survei pertama sebanyak 15 persen remaja diketahui mengalami penurunan kemampuan pendengaran sebanyak beberapa tingkat oleh beberapa staf terlatih. Tetapi sekitar 15 tahun kemudian jumlah itu meningkat hampir sepertiga, mendekati nilai 20 persen atau dengan kata lain menimpa satu dari lima remaja di AS.

"Itu sama dengan jumlah remaja di setiap kelas yang akan mengalami masalah pendengaran," kata Dr. Josef Shargorodsky dari Brigham and Women's Hospital, Boston, AS.

"Para remaja menganggap remeh seberapa pun kerasnya suara yang mereka dengar. Sering satu individu tidak menyadarinya tetapi bahkan kehilangan pendengaran sedikit saja akan membuat perbedaan dalam perkembangan bahasa dan proses belajar," lanjut Shargorodsky.

Studi itu menemukan bahwa kebanyakan kasus gangguan pendengaran itu menimpa satu telinga saja tetapi gangguan itu akan semakin memburuk.

Untuk sementara gangguan itu memang tampak sepele, tetapi satu dari 20 remaja ternyata memiliki masalah dalam pengucapan kata, meningkat sebanyak 50 persen sejak survey pertama digelar.

Shargorodsky mengaku terkejut dengan penemuan itu. Menurutnya perawatan medis yang sesuai bagi infeksi telinga, sebagai salah satu penyebab utama dari kerusakan pendengaran, secara teoretis seharusnya bisa mengurangi jumlah penderita itu.

Akan tetapi para peneliti pun belum bisa menentukan satu perangkat saja seperti misalnya iPod sebagai penyebab masalah itu.

Mereka menilai alasan meningkatnya jumlah remaja yang menderita gangguan pendengaran belum jelas, karena ketika ditanyai tentang sumber kebisingan, misalnya dari senjata api, di tempat kerja, atau tempat rekreasi, tidak ada jawaban menandakan adanya perubahan yang signifikan.

Tetapi bagi Shargorodsky beberapa orang belum tentu menilai musik yang mereka dengarkan dari pemutar musik seperti 'MP3 player' misalnya, sebagai kebisingan.

"Kami sebelumnya sudah tahu bahwa sangat susah untuk menanyakan orang-orang dari kelompok umur seperti itu tentang kebisingan yang mereka terima. Mereka meremehkannya," ujar Shargorodsky.

"Beberapa faktor berisiko, seperti suara keras yang diterima ketika mendengarkan musik, mungkin faktor penting bagi remaja," bunyi salah satu pernyataan dalam laporan itu.

Alison Grimes yang mengelola klinik audiologi pada Ronal Reagan-UCLA Medical Center di Los Angeles, AS mengatakan meski perangkat-perangkat musik itu belum tentu menjadi penyebab rusaknya pendengaran tetapi gagasan untuk mengecilkan volume musik dan mengurangi penggunaan perangkat seperti iPhone sangat bagus. Dikutip dari http://www.antaranews.com/berita/1282165645/yang-suka-dengarkan-musik-sebaiknya-baca-ini

Tuesday, August 17, 2010

Nokia Akan Segera Saingi BlackBerry dan iPhone di AS

Sadar bahwa tempatnya bekerja, Nokia, perusahaan pembuat ponsel asal Finlandia, mempunyai banyak tugas untuk dikerjakan olehnya Mary T McDowell, perempuan 46 tahun asal Chicago AS

Tugas itu sangat menakutkan di AS, dimana Nokia menunjukkan sedikit kesombongan dari kelompok besar global yang menjual 11 ponsel dalam 1 detik. Dengan sedikit pangsa, 8 persen di pasar AS, berdasarkan data lembaga riset comScore, Nokia membuntuti Samsung, LG, Motorola, dan Research In Motion, pembuat Blackberry.

Nokia sepertinya hendak membalikkan lini smartphonenya untuk mencoba bersaing dengan Blackberry dan iPhone Apple, perusahaan itu juga berusaha mencoba meningkatkan besar bisnis ponselnya, yang mana terhitung sekitar 84 persen dari 432 juta perangkat Nokia terjual tahun lalu.

Pada bulan Juli, Nokia memposisikan McDowell, yang seorang mantan teknisi yang menjaga pasar komputer server Compaq dan Hewlett Packard di tahun 1990-an, juga bertanggung jawab atas operasi massal pasar ponsel.

"Orang-orang mengatakan kepada saya: "Oh ya, saya ingat perangkat nokia saya. Itu sangat handal dan sangat bagus. Saya belum beli satu untuk sementara," kata McDowell. "Jadi, saya pikir kesempatan untuk kembali masuk ada ke sana."

McDowell, yang pada tahun 2004 menjadi orang pertama yang dipekerjakan secara langsung ke dalam jajaran manajemen Nokia, telah mengambil alih bisnis utama Nokia disaat yang krusial.

Kepemimpinan pasar perusahaan itu sedang dibawah serangan, keuntungan dan harga sahamnya merosot dan pimpinan eksekutifnya, Olli-Pekka Kallasvuo, baru-baru ini menyerukan menolak spekulasi bahwa dirinya segera akan digantikan.

Kesalahan panjang atas sebuah kepicikan budaya perusahaan, Nokia semakin beralih ke orang Amerika seperti Ms McDowell, yang akan pindah dari kantor Nokia di White Plains, New York, dan Jo Harlow, yang asal Harrodsburg Kentucky, seorang eksekutif senior divisi ponsel pintar, untuk mengawasi bisnis global dan berhubungan kembali dengan konsumen AS.

Orang Amerika lainnya, Richard Green, seorang mantan eksekutif Sun Microsystem, sebagai chief officer teknologi Nokia.

Diminta menggu lalu meskipun Nokia sedang dalam Krisis, Mc Dowell, orang Amerika beranking tertinggi dalam hirarki perusahaan itu, mengatakan top manajer Nokia tahu resep terpercaya untuk sukses - kekompakan produksi, perangkat yang handal untuk pasar yang luas - harus lebih fleksibel, inovatif dan tepat waktu, dimana ia menolak bersprekulasi mengenai perubahan di jajaran atas.

"Apa yang akan saya katakan adalah, kami memiliki sesuatu untuk dibuktikan, terutama pada akhir yang tinggi dari lini produk," kata McDowell. "Saya pikir ini adalah sebuah bisnis yang memiliki momentum yang baik, tetapi jelas ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ada kekayaan inovasi di Nokia."

Dia menambahkan bahwa masalah Nokia di AS berasal dari kegagalannya menjalin hubungan dekat dengan operator seluler AS untuk membuat perangkat yang mereka butuhkan, bukan segala kekurangan dalam ponsel itu sendiri.

Tanda-tanda baru, sikap Nokia lebih mendesak bisa dilihat di Berlin, ketika 400 pekerja Nokia bekerja untuk layanan pemetaan dan lokasi, dua pilar dalam bisnis layanan online, Ovi. Di meja penerima tamu Nokia di Berlin, layar komputer menampilkan jumlah total minggu lalu sekira 120.5 juta pengguna yang terdaftar di Ovi, lebih dari 300 terdaftar dalam seminggu.

"Untuk membuat hal ini menjadi kenyataan, Nokia berencana untuk mendemonstrasikan telepon pintarnya," ujar McDowell, membuatnya lebih nyaman untuk banyak orang, secara khusus untuk penetrasi pasar, dengan menawarkan fitur premium seperti layar sentuh dan peningkatan konektivitas Internet di pasar telepon low-end.

Perusahaan itu berharap untuk mengumumkan beberapa fitur baru bagi pasar telepon yang tergolong bukan telepon pintar minggu ini.

"Konsumen disepanjang spektrum harga telah memulai untuk menginginkan lebih dari telepon gengam," ujarnya. Meski harganya murah,"orang melihat ke telepon pintar dan memikirkannya, "Jenis fitur yang relevan bagi saya?" Bagaimana anda mengaitkan bahwa dalam sebuah paket keduanya ada dan harganya cocok? dan itulah tantangan utamanya"

Dalam 17 tahun karirnya di Compaq dan kemudian di HP, yang dibeli Compaq pada tahun 2002, McDowell tetap mempertahankan record kepemimpinannya di pasar server yang kritis.

"Dirinya secara konsisten meningkatkan perubahan yang signifikan yang membawa kita satu langkah kedepan dengan sebuah mantra dari inovasi tingkat atas dari batas diferensiasi standar pada skala yang besar," Kata James Mouton, seorang wakil presiden senior dan general manajer HP, yang bekerja bersama McDowell.

Nokia mempekerjakan McDowell untuk mengamati jalur bisnis perangkat Nokia, dan di tahun 2008, mempromosikannya menjadi kepala pengembangan, yang bertanggung jawab untuk bidang penelitian dan pengembangan Global. McDowell mengatakan Nokia sedang mempersiapkan fitur-fitur baru untuk pasar besar teleponnya, yang menyasar pasar utama seperti China, dimana ia menjadi pemimpin pasarnya.

Beberapa inovasi pragmatis terbarunya termasuk Nuron, sebuah ponsel layar sentuh yang dijual oleh operator T-Mobile di AS seharga 179 dolar (1,8 Juta) dan C3, sebuah perangkat email dengan full keyboard yang dihargai sekira 100 dolar (1 juta) sebelum pajak, yang dibuat untuk pasar global. Minggu lalu, ratusan konsumen mengantri untuk membeli Nokia C3 pada saat peluncurannya di Hanoi.

Antii Vasara, seorang wakil presiden senior untuk perangkat Nokia Symbian yang bekerja untuk McDowell, mengatakan dirinya menyukai rencana yang jelas, tepat sasaran dan hasil. "Ketika sesuatu berjalan tak sesuai harapan, dia memiliki kemampuan untuk mengubah dan beradaptasi dengan cepat," kata Vasara.

Dalam peran barunya, McDowell akan berpikir pada pijakannya. Dalam tiga bulan hingga Mei, pangsa pasar Nokia di AS merosot 0.6 persen poin dari kuartal sebelumnya, menjadi 8.1 persen, berdasarkan data comScore.

Secara global, Nokia masih dominan, dengan 49 persen dari pasar ponsel yang berbiaya produksi kurang dari 100 dolar, menurut Strategy Analytics. tetapi meski begitu, pesaing seperti ZTE dari China dan Samsung serta LG tetap mengejar dengan sengit, demikian dilaporkan CNN.

Monday, August 16, 2010

Ponsel Seribu Lagu = TiPhone

Vendor ponsel lokal lain berlomba menawarkan fitur konten islami di bulan Ramadhan, Telesindo Shop meluncurkan ponsel musik. Ponsel ini mampu menampung lebih dari seribu lagu. Ponsel TiPhone T55 ini berkeypad qwerty. Fitur andalan ponsel ini yakni dukungan lagu hasil kerjasama dengan beberapa label musik yakni Virgo, Aquarius, Emoticon, dan Nagaswara.

"Ponsel ini memang diperuntukkan bagi para pecinta musik. Menikmati lagu dengan legal," ujar Vice Presiden Telesindo Shop Endy Purwanto saat buka puasa. Endy menjelaskan lagu yang dibenamkan di dalam ponsel ini langsung dari label dan tidak diunduh dari komputer.

Sayangnya seribu lagu ini akan digratiskan selama sebulan saja. Setelah itu jika akan memperpanjang lagu-lagu yang diinginkan, pengguna harus memilihnya dan membayar unduhan. Selain lagu seribu lagu, juga dibenami 25 lagu secara permanen.

Florin, salah satu perwakilan label mengatakan tren musik saat ini lebih ke digitalisasi.
Dengan kerjasama ini mendidik orang untuk mendapatkan lagu secara legal. Lagu-lagu yang ditanam di dalamnya terdiri dari berbagai genre musik tanah air.

Ritel Director Telesindo Shop David Tirta Wijaya mengatakan ponsel ini sudah dipasarkan mulai kemarin. Mereka menargetkan 50 ribu unit ponsel terjual hingga September mendatang. "Harapannya segitu, tak hanya di Jabodetabek tapi juga di kota-kota di Jawa dan luar Jawa," ujar David. Dia juga meyakini ponsel ini bakal diminati konsumen. Pas dipakai saat mudik, kalau sedang macet bisa nonton teve dan dengar musik," ujarnya.

Ponsel ini juga mempunyai fitur televisi analog, radio FM. Audio video player, kamera digital. Dua kartu GSM bisa dibenamkan di dalamnya. Fitur lainnya yakni GPRS, bluetooth, teknologi java dan slot micro SD hingga 2GB. Fitur jejaring sosial dan chating sudah barang tentu menjadi fitur pelengkap lainnya. Ponsel ini dibesut dalam beberapa warna pilihan seperti putih, hitam, kuning, merah, hijau.

Endi mengatakan daya tahan batere ini bisa mencapai seharian jika menggunakan handsfree. "Tapi jika dengan speaker ya 3/4 hari saja," ujarnya.

Tuesday, August 10, 2010

BlackBerry Torch

BlackBerry Torch bersaing dengan iPhone dari Apple. BlackBerry Torch mulai dipasarkan 12 Agustus di Amerika Serikat seharga 199,99 dolar AS berikut 2 tahun layanan AT&T. Seperti dikutip dari Daily Mail, Torch mempunyai aplikasi layar sentuh, 'keyboard Qwerty Slide', kamera 5 megapixel, dan 'built in-GPS'.

Selain itu perangkat terbaru RIM itu menggunakan sistem operasi Blackberry 6 yang terintergrasi dengan akses ke aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan tentu saja layanan BlackBerry Messenger.

"Ini adalah salah satu peluncuran produk yang paling penting dalam sejarah kami. Produk ini sangat istimewa karena banyak hal bagus yang ditambahkan ke dalamnya," kata Mike Lazaridis, Presiden RIM.

Beberapa pengamat melihat perangkat terbaru yang diperkenalkan untuk menyaingi iPhone dan ponsel bersistem operasi Android dari Google itu tidak mengusung sesuatu yang benar-benar baru.

"Sistem operasinya mempunyai sentuhan baru dan terintegrasi tetapi belum lebih hebat dari merk pabrikan lain," kata Ross Rubin, analis dari NPD, sebuah perusahaan yang bergerak dalam riset pasar dan konsumen.

"(Ponsel baru) Ini bisa bersaing jika RIM kembali mengedepankan efisiensi dan stabilitas yang menjadi andalan dalam produk mereka," sambung Rubin.

Di India, surat kabar Economic Times melaporkan bahwa RIM akan membolehkan otoritas keamanan negara itu mengawasi layanan BlackBerry.

Thursday, August 5, 2010

Pengembang Aplikasi Blackberry Berkenalan dengan Java SDK 6.0

Ketika di beberapa Negara (UEA) beberapa fasilitas blackberry mulai dihentikan , Research In Motion (RIM) tetap meluncurkan Java SDK baru untuk mendukung BlackBerry 6, sistem operasi baru yang sangat antisipatif untuk smartphone BlackBerry.

BlackBerry Java SDK v6.0 memanfaatkan keunggulan dari fitur-fitur UI baru, menawarkan integrasi lebih baik dengan smartphone BlackBerry, akses ke layanan baru dan ditingkatkan serta dukungan untuk rendering dan porting konten ke browser berbasis WebKit baru.

BlackBerry Java SDK v6.0 berfokus pada penyediaan pengembang dengan tool canggih yang memungkinkan mereka untuk membuat aplikasi yang kaya, menarik secara visual pada BlackBerry Application Platform, dan membuatnya lebih mudah untuk mengintegrasikan kemampuan yang secara tradisional telah sulit bagi pengembang.

Komunitas pengembang BlackBerry sekarang dapat mengakses lebih dari 40 APIs baru yang memungkinkan mereka untuk membuat aplikasi-aplikasi yang kaya secara visual dan terintegrasi secara lebih baik dengan memanfaatkan kunggulan dari fitur-fitur baru di BlackBerry 6.

"Ini merupakan kesempatan terbaik bagi para pengembang untuk membuat aplikasi-aplikasi yang terikat ke fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi inti dari BlackBerry Application Platform," kata David Yach, Chief Technology Officer, Software Research In Motion, dalam keterangan resminya, Kamis (5/8/2010).

"ara pengembang yang telah berpengalaman serta pemula untuk platform BlackBerry akan lebih tertantang dengan APIs baru serta user interface yang sangat powerful dan menarik," tambahnya.

BlackBerry Java SDK v6.0 mendukung tampilan yang benar-benar baru pada user interface (UI) BlackBerry 6 dengan komponen-komponen UI yang telah ada termasuk contextual menus, tables, lists, inertial scrolling, activity progress indicators, pane managers, tool bars, title bars dan sub menus.

Browser baru pada BlackBerry 6 memanfaatkan mesin rendering WebKit dan pengembang dapat membuat situs web yang dinamis dan aplikasi-aplikasi seluler yang kaya serta widgets terbaru yang dapat secara seamless terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi browser dan native inti. BlackBerry Widgets dan aplikasi web didesain untuk Browser BlackBerry v 5.0 nantinya akan kompatibel dengan browser baru

Dengan penambahan dukungan untuk HTML5 pada Browser BlackBerry 6 baru, pengembang web akan dapat membuat konten untuk smartphone BlackBerry yang berjalan pada web, termasuk games menarik dan media interaktif dengan grafis 3D secara real time dan lainnya.

Pengembang dapat menggunakan APIs baru untuk mengintegrasikan secara lebih baik aplikasi-aplikasi dengan berbagai aspek fungsionalitas utama smartphone BlackBerry. Unified Search Framework API akan memungkinkan para pengembang untuk mendaftarkan aplikasi dan mitra-mitra konten mereka agar mudah ditemukan, serta menyediakan mekanisme untuk mencari aplikasi yang tersimpan. Mapfield API telah didesain ulang untuk menyediakan fitur-fitur yang lebih baik termasuk panning, zooming, my location dan toolbars yang nyaman. Pengembang dapat memanggil API Mapfield untuk menyesuaikan tampilan data lokasi dan dapat menggunakan beragam mapfields secara simultan pada layar yang sama untuk memperbanyak keuntungan bagi pengguna.

Layanan Lokasi telah ditingkatkan dengan Wi-Fi Geolocation API, memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang memanfaatkan lokasi handset itu berdasarkan kedekatannya dengan jaringan Wi-Fi. API dibangun pada fitur LBS telah tersedia untuk para pengembang melalui lokasi menara seluler dan GPS. Reverse geocoding sekarang memungkinkan aplikasi untuk memanfaatkan kode pos/zip untuk mendapatkan informasi setempat. Travel Time API membawa perkiraan waktu kedatangan (ETA) informasi ke dalam aplikasi. ETA didasarkan pada sejumlah data dari manapun sumbernya secara real-time dikombinasikan dengan asal muasal lalu-lintas informasi.

BlackBerry Java SDK v6.0 telah tersedia untuk di- download di www.blackberry.com/developers/java. Informasi lebih lengkap mengenai BlackBerry 6 dapat diproleh di www.blackberry.com/developers/blackberry6.

Wednesday, August 4, 2010

Dua Negara Arab Blokir Fitur Blackberry

UAE (United Arab Emirates) memblokir pengiriman surat elektronik (e-mail), pengaksesan Internet, dan pengiriman pesan instan (instant messaging) ke perangkat Blackberry lainnya. Sementara ini Saudi Arabia meniadakan penggunaan layanan pesan instan Blackbeery/BBM (Blackberry Messenger), BBC melaporkan. Kedua negara itu merasa tak senang karena mereka tak mampu memonitor jenis komunikasi tersebut melalui perangkat itu.


Dua Negara Arab tersebut telah mengumumkan pemblokiran beberapa fungsi dari telepon pintar buatan Research In Motion (RIM), Blackberry, dengan alasan keamanan negara.

Hal ini dikarenakan perangkat Blackberry secara otomatis mengirimkan data yang terenkripsi ke server komputer diluar kedua negara itu. Pemblokiran di UAE di mulai bulan Oktober, sementara Arab Saudi akan dimulai akhir bulan ini.

Abdulrahman Mazi, seorang direktur dari perusahaan telekomunikasi Saudi Telecom yang di kendalikan negara, mengakui bahwa keputusan pemblokiran itu dimaksudkan untuk menekan pemilik server Blackberry, Research In Motion, untuk mengeluarkan data dari para pengguna jasa telekomunikasi ketika dibutuhkan.

Pembuat kebijakan telekomunikasi UAE, TRA, mengatakan bahwa kurangnya kepatuhan dengan hukum lokal menimbulkan "kepedulian terhadap isu hukum, sosial dan keamanan sosial".

Pihak RIM belum berpendapat apa pun atas kasus ini. Diperkirakan ada sekira 500 ribu pengguna Blackberry di UAE, dan 400 ribu di Saudi Arabia.

TRA mengatakan beberapa layanan Blackberry akan di tiadakan mulai 11 Oktober "hingga sebuah solusi yang tepat dengan hukum setempat tercapai".

"Ini adalah keputusan final tetapi kami akan melanjutkan perdebatan dengan mereka," kata Dirjen TRA Mohammed al-Ghanem.

"Penyensoran tak bisa berbuat apa-apa dengan ini. Dan apa yang kita bicarakan adalah mengenai keseimbangan yang ada pada kurangnya kepatuhan dengan peraturan telekomunikasi UAE."

Hal ini mengikuti sebuah dugaan yang dilontarkan oleh TRA tahun lalu dalam kasus install spyware pada perangkat Blackberry.

Dan pada tahun 2007 RIM menolak akses TRA dalam meminta sandi jaringan RIM yang terenkripsi dimana hal itu mampu memonitor E-mail dan data lainnya.

Kekuatan Bermain?

Pemantau kebebasan pers Reporters Without Borders mengatakan kepada BBC minggu lalu bahwa UAE telah memainkan sebuah "peran kepemimpinan teknologi di dunia Arab", ini didukung "hukum represif" dan "tren umum pengawasan intensif."

Reporter bisnis BBC Timur Tengah Ben Thompson mengatakan bahwa ancaman yang dihadirkan UAE tampaknya menjadi sebuah upaya pemerasan terhadap konsesi agar keluar dari RIM.

"Kebanyakan di sini menganggap kasus lebih kecil ketimbang sebuah permainan kekuatan dari kewenangan yang ada di UAE - sebuah upaya untuk memaksa RIM untuk menyerahkan sandi keamanan atau menghadapi hilangnya pasar yang potensial," ujarnya.

Selain itu, India juga telah mengangkat isu keamanan terhadap layanan Data Blackberry, seperti dikatakan mereka dapat dieksploitasi oleh kaum militan.

Regulator telekomunikasi Arab Saudi, Selasa mengatakan, pihaknya telah memerintahkan penghentian sementara atau suspensi layanan BlackBerry mulai Jumat karena produsen perangkat itu telah gagal memenuhi tuntutannya.

Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi (CITC) mengatakan bahwa "layanan BlackBerry yang diberikan saat ini tidak memenuhi kriteria peraturan komisi dan kondisi lisensi," dalam pernyataan yang dibawa oleh kantor berita SPA.

Dikatakan bahwa ia telah meminta tiga provider di kerajaan untuk menangguhkan layanan BlackBerry dimulai pada Jumat setelah memberi mereka masa tenggang untuk meminta produsen perangkat, Research In Motion (RIM), agar "memenuhi tuntutan peraturan."
(berita ini dikutip dari antara news)