Thursday, September 30, 2010

IPod Bisa Untuk Nelepon & iPad Akan Dilengkapi Kamera

Apple iPod touch dengan fasilitas Wi-Fi kini dapat digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Sebuah perusahaan pengembang membuat sebuah aplikasi bernama Pinger yang memungkinkan pengguna menikmati layanan voice call, Pinger.

Selama ini, iPod touch dikenal sebagai perangkat yang seluruh fungsinya sama seperti iPhone, kecuali kemampuan untuk terhubung ke jaringan selular. Dengan layanan Wi-Fi, iPod dapat tersambung dengan jaringan selular melalui teknologi internet protocol (VoIP).

Untuk menggunakan Pinger, pengguna cukup mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi Apple seharga 99 sen. Ketika aplikasi sudah ada di iPod touch, pengguna kemudian mengaktifkan layanan Wi-Fi dan dapat melakukan panggilan melalui VoiP selama 12 menit atau sekitar lima kali panggilan telepon.

"Ini sangat mudah sehingga tak terasa Anda sudah membayar untuk menelepon," kata co-founder Pinger, Joe Sipher. Dia menjelaskan, aplikasi ini ditargetkan mampu memikat pengguna iPod touch yang berusia sekitar 18 tahun. Sayangnya, aplikasi Pinger yang mendapatkan dukungan modal dari perusahaan Kleiner Perkins Caufield & Byers ini baru bisa dinikmati di Amerika Serikat.

Selain membuat Pinger, perusahaan itu juga pernah membuat aplikasi pesan singkat gratis atau Textfree. Di Toko Aplikasi Apple, Textfree telah diunduh 8 juta kali dan telah mengirimkan lebih dari 4 miliar teks melalui 1,7 juta nomor telepon.



iPad Generasi Kedua Dilengkapi Kamera

Prototipe Apple iPad generasi kedua diperkirakan tampil lebih ramping dari generasi sebelumnya, dengan layar seluas 7 inci, iPad model terbaru yang bakal diluncurkan akhir tahun ini juga dikabarkan dilengkapi fungsi kamera.

Analis teknologi informasi dari Goldman Sachs meyakini Apple sedang merancang sebuah prototipe iPad baru yang lebih tipis dengan fitur tambahan. Namun mereka memprediksi iPad generasi kedua itu memiliki luas layar yang sama seperti versi pertama, yakni 9,7 inci dan baru akan rilis pada Juni tahun depan.

"Tampilan layarnya sama seperti iPad yang sudah ada namun ini lebih tipis dan ringan," tulis analis Goldman Sachs, Henry King dan Kevin Lu. Menurut mereka, Apple akan menambahkan fitur built-in kamera untuk layanan panggilan video FaceTime dan drive mini USB.

Rumor lainnya seputar iPad yang beredar yaitu Apple akan menambahkan dock tambahan di sisi kiri komputer tablet tersebut dan melengkapinya dengan yang fungsinya masih misterius, bernama "Smart Bezel".

Tambahan port biasanya dibutuhkan pengguna iPad karena mereka sering mencolokkannya dengan perangkat lain. Sayangnya, belum ada yang tahu apa maksud disiapkannya fitur Smart Bezel. Dari sketsa prototipe iPad baru itu, diketahui fitur tersebut terletak di pojok kiri bawah iPad. Tak jelas apakah akan berfungsi sebagai tombol ekstra atau fungsi lainnya.

Goldman Sachs memperkirakan hingga akhir tahun ini, Apple telah menjual lebih dari 16 juta unit iPad sejak diluncurkan pada 27 Januari lalu. Separuh dari pemilik iPad menggunakan "papan tulis elektonik" itu untuk membaca koran, majalah, dan bermain game.

Monday, September 27, 2010

Chip Triple Core GEnerasi Ponsel Masa DEpan

KAlau kita pikir bahwa chip prosesor dual core bagi ponsel pintar adalah yang paling mutakhir, itu salah. Bersiaplah menerima kejutan baru dari Marvell, ponsel pintar akan semakin pintar dengan otak triple core yang ditawarkannya.

Seperti dikutip dari techtree, Minggu (26/9/2010), Marvell telah memperkenalkan chip baru berbasis SoC (System on Chip) bagi ponsel pintar bernama Armada 628. Dengan chip triple core-nya itu, prosesor ponsel pun mampu ngebut dengan kecepatan 1,5 Ghz.

Prosesor ini berjalan pada infrastruktur ARM v7 serta Cortex A9 MPCore. Dengan keunggulannya ini, prosesor ini konon mampu memainkan dua jenis video beresolusi 1080p secara simultan, serta melakukan video streaming tiga dimensi 3D.

Armada 628 dikatakan memiliki kekuatan yang memungkinakn daya tahan baterai ponsel mencapai 10 jam dalam sekali charging, saat digunakan untu memutar video HD. Selain itu saat digunakan untuk memutar musik, ponsel yang menggunakan Armada mampu bertahan selama 140 jam. Diharapkan chip Armada 628 sudah bisa hadir mulai tahun depan bagi ponsel pintar dan tablet.

Thursday, September 23, 2010

Apple Akan Produksi iPhone CDMA ?

Apple akan segera memproduksi iPhone 4 CDMA pada Desember 2010 mendatang. Rumor yang beredar menyebutkan vendor asal Amerika Serikat tersebut akan memproduksi sekira tiga juta unit iPhone4 yang akan diluncurkan pada 2011 mendatang.

Spekulasi pertama diungkapkan oleh analis dari Susquehanna Financial Group, Jeffrey Fidacaro seperti dilansir Slashgear, Kamis (23/9/2010). iPhone 4 CDMA ini akan dibanderol sekira USD320. Jika kabar ini benar maka pasar iPhone untuk operator AT&T akan tergerus sekira 23 persen. Banyak pelanggan yang akan pindah ke operator telekomunikasi berbasis CDMA, Verizon.

Selama ini, smartphone iPhone buatan Apple hanya bekerja untuk jaringan GSM. Namun, mulai awal tahun depan, ada kamungkinan pengguna jaringan Code Division Multiple Access / CDMA juga bisa menggunakan iPhone.

Bloomberg melansir Apple akan menggandeng Verizon sebagai mitra operator iPhone di AS pada Januari 2010. Kabar tersebut mengejutkan mengingat verizon adalah operator CDMA bukan GSM seperti AT&T yang menjadi mitra eksklusif Apple saat ini. Menurut sumber yang dilansir, iPhone untuk CDMA akan dirilis Januari 2011.
Sebelumnya, the Wall Street Journal melaporkan Apple mengembangkan dua tipe produk smartphone pada Maret lalu. Satui produk diyakini iPhone 4 yang baru saja dirilis dan satu produk lainnya iPhone untuk CDMA yang akan bekerja di jaringan Verizon.
Disebutkan, proses produksinya kemungkinan baru akan dimulai September 2010. Ini dikuatkan sumber lain yang dilansir media Taiwan, Digi Times, menyebut iPhone versi CDMA akan dirakit di kuartal keempat. Komponen hardware-nya sudah mulai diproduksi di salah satu pabrik pegatron di Shanghai, China. Untuk tahap awal, Apple akan membuat sekitar 3 juta unit iPhone CDMA hingga Desember mendatang dan mulai memasarkan produk ini pada awal 2011.
Jika benar, AT&T bakal tidak lagi menjadi mitra eksklusif iPhone. Sejak dirilis pertama kali tahun 2007, Apple menjalin kerja sama khusus dengan operator GSM tersebut dan menjadikannya mitra eksklusif. Hal ini juga menjadi kabar baik buat pengguan CDMA di seluruh dunia. Kabar dibuatnya iPhone CDMA ini lantaran para pengguna Apple iPhone ingin "keluar" dari operator AT&T yang sejak awal sudah dipadukan dengan ponsel tersebut. "Pengguna iPhone berharap mereka bisa menggunakan jasa operator selain AT & T," tulis sebuah survey.

Sunday, September 19, 2010

Smartphone HTC yang Terbaru

HTC Corp mengumumkan, Kamis, memperkenalkan dua handset terbaru yang menggunakan sistem operasi Google Android demi mendorong sektor jasa mobile perusahaan itu.

Peluncuran itu hanya sehari setelah Nokia, pembuat ponsel terbesar dunia, meluncurkan tiga ponsel pintar terbaru pada konferensi tahunan di London. Perusahaan berbasis di Taiwan yang juga menggunakan sistem operasi Windows dari Microsoft pada ponsel itu kini tengah berjuang menempati posisi pembuat ponsel pintar keempat terbesar dunia, menghadapi pembuat ponsel yang jauh lebih besar, Samsung Electronics.

Seperti kebanyakan pembuat ponsel, HTC sangat memokuskan perhatian pada pengembangan perangkat keras, tampak tidak mempedulikan meningkatnya fokus perhatian industri handset dalam penyediaan layanan online mobile dan perangkat lunak.

"Kami senang bisa mempersembahkan pengalaman HTC Sense dalam ponsel pada semua level baru dengan serangkaian layanan HTC yang terkoneksi," kata Chief Executive Peter Chou dalam sebuah pernyataan.

Tawaran layanan HTC tanpa biaya tambahan pada Android dan ponsel Windows ini memungkinkan pengguna selpon menikmati layanan Internet sekaligus mengarsip konten utama dari telepon.

Lewat produk ini, konsumen dapat mengirimkan teks dari komputernya dan melacak atau menghapus data dari ponsel mereka yang hilang.

"Saya pikir itu merupakan langkah yang menarik tetapi saya duga ini membuat kesal Google lantaran menawarkan alternatif untuk layanan seperti peta," kata analis Gartner, Carolina Milanesi.

Penawaran peta HTC yang dibuat bersama dengan perusahaan perangkat lunak navigasi Route 66, memungkinkan data peta diunduh ke dalam ponsel sehingga memotong biaya transfer data yang mesti dikeluarkan konsumen.

Handset baru

HTC yang juga meluncurkan ponsel terbaru HTC Desire HD dan HTC Desire Z dalam sebuah acara media di London, mengatakan bahwa mereka akan mulai menjual pada masa liburan di kuartal keempat tahun ini.

Model teratas HTC Desire HD menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm serta dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dan layar 4,3 inci yang merupakan salah satu yang terbesar di industri ini.

"Kedua perangkat baru itu dibangun di atas kesuksesan ponsel Desire dan berupaya menggapai pasar yang lebih tinggi yabng menargetkan Apple, Samsung dan lainnya," kata Ben Wood, kepala penelitian pada CCS Insight.

Spesifikasi HTC Desire HD
Status: dipasarkan Oktober 2010; Quad Band GSM & HSDPA; OS Android v2.2 (Froyo); prosesor Qualcomm Snapdragon QSD8255 1 GHz; Layar TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 480 x 800 piksel, 4,3 inci; kamera 8 MP, 3264x2448 piksel, autofocus, dual-LED flash; video 720p; SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM; GPRS 10, EDGE 10, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 2 Mbps; HTML; slot microSD card; polifonik (MP3), radio FM stereo, GPS (A-GPS), java via third party application, Wi-Fi 802.11 b/g/n, jack audio 3,5mm, sensor accelerometer, Google search, maps, Gmail, Youtube, Google Talk, Facebook, Twitter, digital compass, dedicated search key, player MP4/H.263/H.264/WMV9, player MP3/AAC+/WAV/WMA9, voice memo, speakerphone, Bluetooth v2.1 (A2DP), port microUSB 2.0; baterai Li-Ion 1230 mAh

Spesifikasi HTC Desire Z
Status: Rilis Oktober 2010; Quad Band GSM & HSDPA; OS Android v2.2 (Froyo); prosesor Qualcomm MSM 7230 800 MHz; Layar TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 480 x 800 piksel, 3,7 inchi; keyboard QWERTY; kamera 5 MP, 2592х1944 piksel, autofocus, LED flash; video 720p; SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM; GPRS 10, EDGE 10, HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 2 Mbps; HTML; slot microSD card up to 32GB; polifonik (MP3), radio FM stereo, GPS (A-GPS), java via third party application, Wi-Fi 802.11 b/g/n, jack audio 3,5mm, sensor accelerometer, Google search, maps, Gmail, Youtube, Google Talk, digital compass, dedicated search key, player MP4/H.264 player, player MP3/WAV/AAC+, voice memo, speakerphone, Bluetooth v2.1 (A2DP), port microUSB 2.0; baterai Li-Ion 1300mAh

Monday, September 13, 2010

Apple dan BlackBerry akan Dikalahkan Akhir 2010 oleh Android

Lembaga riset Gartner memperkirakan Android akan meroket. Dalam risetnya yang diumumkan akhir pekan lalu, Gartner memperhitungkan Android akan meraih posisi kedua, mengatasi Apple iOS dan BlackBerry. Android akan meraih persentase penjualan sebesar 17,7 persen di seluruh dunia.

Ini perolehan yang dahsyat, bila dibandingkan dengan persentase yang diraihnya pada periode yang sama tahun lalu. Saat itu Android hanya meraih 3,9 persen. Gartner malah menilai raihan itu dua tahun lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.
Pada 2014 Android akan meraih 29,6 persen, hanya berselisih 0,6 persen dari Symbian Nokia yang masih memimpin di posisi 30,2 persen.
Apa yang menyebabkan Android berhasil? Pertama, semakin banyaknya ponsel Android yang terjangkau harganya. Saat ini, menurut CEO Google Eric Schmidt, sudah terjual 200 ribu handset Android setiap hari.

Handset itu diluncurkan dengan berbagai merek, mulai dari HTC, Samsung, Motorola, dan sebagainya. Di Indonesia, pemain lokal seperti Nexian juga sudah memiliki handset Android-nya sendiri.

Model bisnisnya yang multivendor itu juga membuat Android begitu populer. Konsumen memiliki banyak pilihan untuk meraih pengalaman dengan perangkat bergeraknya.
Di sisi lain, platformnya yang terbuka membuat ia mampu menawarkan fitur-fitur yang bisa dikelola sendiri oleh pengguna serta lahirnya begitu banyak aplikasi bagi pabrik, operator, sampai pengguna untuk membuat sistem operasi tersebut memenuhi kebutuhan mereka.

Keterbukaan ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang tak mau "terkurung di taman Apple". Memang, Android juga masih jauh dari Apple dalam hal ketersediaan aplikasi yang luas. Android Market masih tertinggal jauh di belakang Apple App Store.
Di ranah bisnis, Android juga memberikan dukungan yang luas. Khususnya dengan kelahiran versi 2.2 atau yang biasa disebut Froyo. Versi ini sudah menyediakan dukungan untuk aplikasi enterprise, mendukung Exchange, dan fitur keamanan yang lebih kuat terutama adanya fitur yang memungkinkan admin IT mengontrol password dan menonaktifkan handset dari jarak jauh.
Memang, Android masih harus banyak berbenah, terutama di segmen bisnis. Ia masih belum bisa menyamai BlackBerry dalam hal mengenkripsi kartu memori eksternal dan fungsi-fungsi administrasinya.
BlackBerry sendiri telah meluncurkan BlackBerry Enterprise Server Express, sebuah layanan administrasi bergerak yang gratis. Layanan ini bisa mencakup 75 handset BlackBerry tanpa piranti lunak tambahan atau lisensi.

Sunday, September 5, 2010

Nokia Masih Siapkan 10 Ponsel Lagi Untuk tahun ini

persaingan di industri ponsel yang sangat ketat membuat perusahaan harus merilis minimal dua produk per bulan. Persaingan yang ketat ini menurutnya sudah berlangsung sejak tahun lalu.

Sejauh ini, Nokia sudah merilis sekitar 15 produk baru. Dengan begitu, total model baru yang dirilis Nokia tahun ini mencapai 20 model sampai 25 model. Beberapa ponsel besutan Nokia sepanjang 2010 antara lain X5, X2, C1, C6, C3, D5, dan D3. Semua ponsel baru ini menyasar semua segmen, mulai dari segmen menengah bawah hingga atas. Hal ini tercermin dari harga ponsel Nokia yang berkisar Rp 300.000 hingga Rp 5,6 juta per unit.

Dalam waktu dekat perusahaan akan merilis E5 bulan ini dan N8 bulan depan. E5 merupakan ponsel bisnis yang menawarkan aplikasi quick office. Ada pula fitur push mail, chatting, serta kamera 5 megapiksel (mp). Untuk menunjang pekerjaan, ponsel ini dilengkapi pula dengan memori internal 250 megabit (MB), memori eksternal 2 gigabit (GB), dan microSD 32 MB. Ponsel ini akan dijual di kisaran Rp 2 juta per unit.

Adapun ponsel N8 merupakan ponsel high end berteknologi tinggi dengan kamera 12 MP. "Ini akan menjadi ponsel dengan kamera 12 MP pertama di portofolio Nokia," kata Legi berpromosi. Kamera ini juga menerapkan teknologi HDMI yang memungkinkan pengambilan video lebih jernih. Konsumen juga bisa mengedit video di ponsel maupun tersambung dengan PC. Aplikasi speaker dolby juga membuat suara ponsel jernih. N8 akan dijual di kisaran Rp 5 juta per unit.

Dengan menggempur pasar dengan total sekitar 20 model hingga 25 model baru, Nokia optimistis tahun ini bisa mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar

Tiga Pilihan LG Wink, Ponsel yang "Chic"

LG Mobile Communications Indonesia tak mau ketinggalan di pasar ponsel. Kamis (2/9/2010) lalu, LG memperkenalkan ponsel qwerty seri LG Wink. Seri ini hadir dalam tiga varian, yakni C100, C305, dan GT350i. Ketiga varian ini akan hadir di pasar pertengahan bulan ini.

Tommy Tjahjono, Kepala Penjualan Divisi Mobile Communication PT LG Electronics Indonesia mengatakan, seri LG Wink merupakan produk baru kesembilan yang meluncur tahun ini. "Hingga akhir tahun nanti, ada sekitar enam sampai 10 produk baru lagi yang akan rilis," ujar Tommy kepada Kontan.

Seri-seri LG yang sudah meluncur sebelumnya misal; GW300, GW305, dan GW525. Tommy mengakui, persaingan yang ketat di industri ponsel menyebabkan masing-masing vendor aktif merilis produk baru dengan harga kompetitif. Tak ayal, LG pun merilis produk baru dengan harga mulai Rp 229.000 per unit hingga Rp 3,69 juta per unit.

Menurut data Growth from Knowledge (GfK), saat ini LG masih mencicipi 2,6 persen dari industri ponsel. "Kami melihat potensi masih sangat besar sekali, tapi kami baru berani menargetkan posisi dan pangsa pasar tahun depan," lanjut Tommy.

Selain bersaing dari segi harga dan model, para vendor juga bersaing merebut hati konsumen lewat fitur situs jejaring sosial. Mewabahnya situs jejaring sosial bikin LG gencar merilis ponsel yang mendukung akses tersebut, termasuk LG Wink. Ponsel ini memungkinkan pengguna berkirim pesan dan mengakses situs jejaring sosial dengan lebih mudah dan menyenangkan.

LG Wink berasal dari kata wink yang berarti kedipan mata. Ikon ini biasa digunakan generasi muda untuk mewakili keterbatasan kata-kata dalam ponsel. "Dengan kata lain, ponsel LG Wink juga mencoba menembus keterbatasan ponsel qwerty dalam hal desain, fitur, dan harga," ujar Tommy.

LG Wink C100 merupakan ponsel qwerty dengan layar melebar vertikal seluas 2,2 inci. Layar vertikal ini bertujuan memberi kenyamanan bagi pengguna ponsel dalam berselancar di dunia maya. Ponsel ini memiliki dimensi 114,5x59,6x13 mm sehingga memungkinkan pengguna menggenggam dalam satu tangan.

LG Mobile telah mengembangkan fitur widget yang berfungsi memudahkan pengguna dalam mengakses Twitter dan Facebook. C100 memiliki kamera 1.3 MP dan FM radio. Untuk konektivitas, C100 dilengkapi dengan bluetooth dan soket 3,5 mm yang bisa disambungkan dengan perangkat audio pendukung. LG membanderol C100 seharga Rp 799.000 per unit.

Adapun LG Wink Wifi C305 merupakan ponsel berdimensi 116x61,9x11,9 mm yang dapat digenggam dalam satu tangan dan ditaruh di saku. Serupa dengan C100, C305 juga didukung oleh piranti yang memudahkan pengguna mengakses jejaring sosial serta aktivitas pendukung lainnya seperti mengunggah foto. LG mematok C305 seharga Rp 1,09 juta per unit.

Yang terakhir, LG Wink Plus GT350i merupakan ponsel full touch screen yang tampil minimalis dalam tombol. Ponsel ini hanya memiliki tiga buah tombol di bawah layar selebar 3 inci. Ponsel berdimensi 107,5x52,5x15,9 mm ini juga dilengkapi dengan keyboard geser qwerty.

LG Wink Plus GT350i ini juga dilengkapi dengan threaded SMS yang dapat mengubah tampilan SMS menjadi chatting melalui fasilitas pesan instan. Setiap pesan yang masuk juga akan disertai dengan foto pengirim agar pengguna merasa seperti berbicara langsung dengan lawan bicaranya. Ponsel ini dibanderol seharga Rp 1,69 juta per unit. Richard memastikan, meski harga terjangkau, namun LG menjamin layanan purna jual terbaik bagi ketiga varian Seri LG Wink ini.

Thursday, September 2, 2010

Ipod Touch & Ipod Nano

iPod Touch
Yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir juga model baru iPod Touch yang dilengkapi fitur-fitur unggulan iPhone 4 sesuai diprediksikan selama ini. Dua produk Apple tersebut memang terlihat sama. Banyak yang menyebut iPod Touch sebagai iPhone tanpa telepon.

Hal tersebut diakui sendiri CEO Steve Jobs saat memperkenalkan produk-produk terbaru Apple di San Francisco, Rabu (1/9/2010) waktu setempat. Bagi Apple, iPod Touch pun telah menjadi pundi-pundi utamanya dan memberikan keuntungan yang signifikan seperti halnya iPhone. Meski tanpa telepon, iPod Touch baru bisa jadi bakal menyusul jejak iPhone 4.

"Touch telah menjadi produk yang sangat berati bagi kami. Ia merupakan iPod paling populer. Orang menyebutnya iPhone tanpa telepon. Ia juga iPhone tanpa kontrak langganan. Namun, ia telah menjadi portable game player nomor 1 di dunia," kata Steve Jobs bersemangat.

Steve Jobs mengklaim, penjualan iPod Touch selama ini bahkan melampaui total penjualan perangkat portabel Nintendo dan Sony. iPod Touch, menurut Jobs, menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar portable game player di seluruh dunia. Saking populernya, lebih dari 1,5 miliar aplikasi game dan konten hiburan lainnya di app store diunduh hanya dari iPod Touch sejauh ini.

Pada iPod Touch generasi kedua ini, Apple pun melakukan revisi agar lebih berekelas. "Kami membuatnya lebih baik. Lebih tipis dan lebih cantik," ujar Steve Jobs.

Seperti halnya iPhone 4, iPod Touch terbaru menggunakan layar Retina Display sehingga menampilkan kualitas dan resolusi gambar yang tajam dan jernih. Kualitas pikselnya empat kali layar LCD biasa, dengan 326 ppi, warna 24 bit, dan dukungan LED backlit.

Untuk pertama kalinya, prosesor A4 juga dipakai juga di iPod Touch. Selain itu, perangkat ini dilengkapi gyroskop 3 sumbu untuk mendukung sensor gerak yang lebih halus dan akurat. Di bagian depan terdapat kamera untuk video call lewat layanan FaceTime melalui WiFi baik dengan sesama iPod Touch maupun iPhone 4.
Kamera utama di belakang sudah bisa merekam video HD dan daya baterainya sanggup menjalankan video HD selama 40 jam tanpa henti. Juga ada fitur iMovie untuk melakukan pengeditan (trim) video.

Yang istimewa, iPod touch terbaru menjadi produk pertama apple yang dirilis dengan platform versi terbaru iOS 4.1 yang juga diluncurkan bersamaan. Salah satu fitur baru pada platform teranyar adalah Game Center yang memungkinkan pengguna bisa berbagi permainan dengan sesama pengguna lainnya.

Namun, tampilan fisiknya sedikit berbeda dengan iPhone 4. Bagian sisi belakangnya tidak datar, tapi tetap melengkung seperti iPod Touch versi pertama. Ada tiga varian yang tersedia masing-masing dibanderol dengan harga 229 dollar AS untuk versi 8 GB, 299 dollar AS untuk 32 GB, dan 399 dollar AS untuk 64 GB.

iPod Nano Kini Memakai layar Sentuh

Inovasi baru lagi dari Apple, IPod Nano, Kebalikan daripada iPod Shuffle, Apple justru menghilangkan tombol besar berbentuk lingkaran yang khas itu pada model terbaru iPod Nano. Tapi, navigasi utama kini dilakukan melalui layar sentuh seperti halnya iPod Touch sehingga membuatnya lebih berkelas.

Menurut CEO Apple Steve Jobs, pihaknya memang berusaha menghadirkan pemutar musik seringkas mungkin. Navigasi putar clickwheel yang legendaris pun terpaksa dikorbankan dan menggantikannya dengan layar sentuh multitouch merupakan solusi paling pas saat ini untuk membuat iPod Nano yang lebih kecil.

"iPod Nano terbaru memiliki layar sentuh multitouch. Ini layaknya iPod Touch berukuran mini," ujar CEO Apple Steve Jobs dalam peluncuran di San Francisco, AS, Rabu (1/9/2010) waktu setempat. Dibandingkan generasi sebelumnya, iPod Nano yang bisa dibilang generasi keenam ini memang berukuran 46 persen lebih kecil dan 42 persen lebih ringan dari versi sebelumnya.

Tampilannya senada dengan iPod Shuffle dengan bentuk yang cenderung bujur sangkar dengan layar 1,54 inci beresolusi 240 x 240 pixel. Pilihan warnanya pun mirip, yakni merah muda, perak, hijau, oranye, dan biru serta pilihan warna khusus merah dan abu-abu. Juga ada clip on di bagian belakang untuk menyelipkannya di pinggir pakaian.

Namun, dengan layar yang tidak proporsional untuk menampilkan foto dan video, Apple kelihatannya mengorbankan iPod Nano kali ini untuk keperluan di luar musik dan hiburan audio. Kamera video tidak lagi ada. Radio FM tetap dipertahankan. Selain itu terdapat fitur Nike+ pedometer untuk membantu mengatur target latihan olahraga penggunanya.

Daya tahan baterainya sanggup memainkan musik selama 24 jam. Ada dua variasi pilihan, masing-masing seharga 149 dollar AS untuk versi 8 GB dan 179 dollar AS untuk 16 GB.

Wednesday, September 1, 2010

Sepuluh Aplikasi iPhone Dapat Menjadi Penyelamat Hidup

Banyaknya aplikasi ponsel ternyata tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan "senang-senang" saja, seperti mendengarkan musik atau memutar video, namun dapat juga menjadi penyelamat hidup. Berikut ini beberapa aplikasi untuk iPhone yang dapat digunakan untuk "menyelamatkan" Anda :

1. MyNature Animal Tracks
Jangan pergi ke wilayah yang belum Anda kenal sebelum mengunduh aplikasi ini ke dalam iPhone Anda. Aplikasi MyNature Animal Track menyediakan foto digital, ilustrasi, dan pemetaan untuk lebih dari 40 jenis binatang.

2. AccuTerra
Aplikasi ini menyediakan peta seluas 220 ribu mil dengan rinci sehingga Anda tak perlu khawatir tersesat. Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai pemandu berkemah dan menjelajah tempat-tempat baru.

3. iNavX Marine Navigation
Bagi yang tersesat di tengah laut dan kehilangan arah, Anda tidak perlu khawatir jika sudah mengunduh aplikasi iNavX Marine Navigation ke dalam iPhone. Pasalnya, aplikasi ini dapat menjadi alat navigasi laut dan membantu Anda menemukan jalan kembali ke daratan.

4. Surf Report
Aplikasi ini seperti perkiraan kondisi pantai bagi mereka yang senang berselancar. Surf Report akan melaporkan kondisi pantai dan sekitarnya sebelum Anda terjun dengan papan selancar untuk menginformasikan ketinggian ombak, arah gelombang, pasang surut, dan cuaca.

5. Couch to 5k
Ini adalah aplikasi kebugaran dan kesehatan yang dapat menampilkan jadwal latihan teratur bagi kesehatan tubuh.

6. Lose it!
Hampir sama dengan Couch to 5k, aplikasi ini juga berkaitan dengan kesehatan, yakni membantu Anda menurunkan berat badan. Lose it! dapat menghitung asupan kalori dalam tubuh.

7. Quitter
Aplikasi ini baik untuk mereka yang ingin berhenti merokok. Quitter akan memberi tahu Anda mengenai risiko yang akan diterima seorang perokok, mulai dari biaya kesehatan yang harus dikeluarkan, biaya belanja rokok, jumlah rokok yang dihisap setiap hari dan risiko kesehatan lainnya.

8. iMurmur
Aplikasi ini sepertinya cocok untuk mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung karena iMurmur dapat mendeteksi penyimpangan detak jantung dan memberitahu Anda melalui suara beep yang runut.

9. Blood Pressure
Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa ini adalah aplikasi kesehatan untuk mencatat seberapa besar tekanan darah Anda dan kapan data itu dibuat.

10. Babyphone
Sekilas memang aplikasi ini tak ada kaitannya dengan hidup dan mati, namun aplikasi Babyphone dapat mengubah iPhone menjadi alat monitor bayi. Apabila ponsel Anda "mendengar" suara bayi Anda, maka ponsel itu otomatis akan menelepon Anda.

dikutip dari tempointeraktif : http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2010/09/01/brk,20100901-275585,id.html