Wednesday, October 5, 2011

Iphone 4S

Yang ditungggu telah tiba,... walau belum sesuai expectasi pasar.. Apple mengumumkan kehadiran iPhone 4S. Secara fisik, wujudnya identik dengan iPhone 4. Apple fokus melakukan ugrade fitur di dalamnya. Salah satunya Siri, teknologi perintah suara yang dinilai cukup revolusioner.

Dalam perkenalan iPhone 4S di kantor pusat Apple, Apple mendemonstrasikan seperti apa kemampuan Siri. Fitur yang khusus hanya ada di iPhone 4S ini memungkinkan user menyusun jadwal pertemuan, menemukan restoran terdekat, sampai mengetahui cuaca hanya dengan perintah suara.

"Ini adalah kemajuan yang cukup besar. Memungkinkan berbicara dengan gadget Anda. Anda mendapat lebih banyak pilihan ketimbang hanya mengendalikannya dengan jari," kata Frank Gillet, analis di Forrester Research.

Apakah teknologi ini bisa menarik minat konsumen masih perlu dilihat. Teknologi pengenal suara memang bukanlah hal yang baru. Google sudah memilikinya di perangkat Android. Namun Siri dipandang lebih canggih dan mirip dengan asisten pribadi.

Dalam demonstrasinya, eksekutif Apple bertanya pada ponsel apakah dia perlu membawa jas hujan hari ini. iPhone 4S memahami pertanyaan itu dan menjawab "Hari ini terlihat pasti akan hujan,".

Kemudian, ponsel diminta untuk membuat jadwal pertemuan pada siang hari. iPhone 4S menjawabnya bahwa sang user sudah punya jadwal pertemuan siang itu. Kemudian si ponsel akan bertanya apakah user ingin menghapus jadwal yang sudah ada.

Siri terintegrasi dengan aplikasi seperti Maps, kalender dan SMS. Di manapun user melihat munculnya keyboard, mereka juga akan melihat ikon mikrofon. Siri awalnya tersedia untuk bahasa Inggris, Perancis, Jerman dan rencananya ditambahkan lebih banyak bahasa.

Beberapa upgrade di iPhone 4S misalnya prosesor dual core dan kamera 8 megapixel. Namun seperti dilansir Reuters Rabu (5/10/2011), fitur Siri yang dianggap membuat iPhone 4S tampil menonjol. Tapi perlu juga diketahui bahwa Pengumuman iPhone 4S dalam gelaran yang baru saja selesai di Cupertino gagal menyenangkan investor Apple. Akibatnya, saham Apple turun.

Saham Apple dibuka pada angka USD 374,57 dan sempat 'goyang' menjadi USD 355. Saham ini turun sekitar 20 point setelah Apple tidak mengumumkan keberadaan iPhone 5 yang paling dinanti dan ditunggu...

No comments: