Thursday, January 20, 2011

Alat Elektronik Paling Ramah Lingkungan

Banyak produsen alat elektronik belakangan ini mengaku bahwa produknya ramah lingkungan. Di sela-sela Consumer Electronic Show (CES) pada 6-9 Januari 2011 lalu di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat, LSM lingkungan tersebut mengumumkan hasil penilaiannya. Produk-produk elektronik yang dinilai oleh Greenpeace meliputi komputer desktop, notebook, netbook, monitor, ponsel, ponsel pintar, dan televisi. Seluruh produk yang terlibat dalam survei bernama "Green Electronic Survey" ini tersedia dalam kuartal pertama tahun 2011.

Renee Blanchard, Greenpeace International Toxics Campaigner, menyebutkan bahwa ada kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun demikian, Greenpeace menganggap masih banyak yang harus dilakukan.

"Produsen membuat produk yang bebas bahan kimia paling beracun, efisien dalam penggunaan energi, dan mudah didaur ulang," ujarnya. "Kami berharap inovasi terus dilanjutkan dengan standar yang lebih tinggi," lanjut Blanchard.

Sebanyak 21 perusahaan elektronik diundang untuk turut serta dalam survei ini. Sebanyak 18 perusahaan mengirimkan produk yang dianggap paling ramah lingkungan. Greenpeace menilai berdasarkan penggunaan bahan kimia berbahaya dalam produk, penggunaan energi saat produk dioperasikan, umur produk, penggunaan energi untuk pembuatan produk, serta inovasi dan pemasaran.

Berikut ini adalah daftar pemenang yang diumumkan Greenpeace.

Monitor: Asus VW-247H-HF Notebook: Asus UL30A
Netbook: Acer TM8172
Desktop: HP Compaq 6005 Pro
Televisi: Sharp LC-52SE1
Ponsel: Samsung GT-575550
Ponsel pintar: Sony Ericsson Aspen

Survei ini melibatkan beberapa merek besar, antara lain, di luar pemenang adalah Dell, Fujitsu, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Panasonic, RIM, dan Toshiba. Apple dan Philips diundang untuk berpartisipasi, tapi keduanya termasuk perusahaan yang menolak terlibat.

Wednesday, January 19, 2011

Pegatron Produksi 15 Juta Unit Ponsel CDMA

Para peminat layanan CDMA rupanya akan semakin bertambah di dunia. Pasalnya pabrikan ponsel CDMA, Pegatron ditarget memproduksi cukup banyak.

Dilansir melalui Ubergizmo, Selasa (18/1/2011), Pegatron ditargetkan untuk mengapalkan sekira 12 juta hingga 15 juta unit ponsel CDMA tahun ini ke seluruh dunia. Pegatron sendiri merupakan salah satu manufaktur perangkat terbesar di dunia.

Belakangan Pegatron mulai kehilangan keseimbangan seiring dengan semakin menurunnya permintaan produksi notebook. Salah satu menurunnya permintaan produksi notebook juga dikarenakan Pegatron telah diakuisisi oleh Asustek Computer sehingga produksi notebook merek lain pun dibatasi, termasuk produksi notebook Acer.

Tidak heran jika kemudian Pegatron harus puas dengan raihan revenue di 2010 yang hanya naik sekira 8,1 persen atau mencapai USD14,64 miliar.

Peningkatan produksi CDMA yang sebesar 12 juta hingga 15 juta unit ini sama dengan kenaikan sekira 20 hingga 50 persen dari total produksi yang pernah mereka hasilkan sebelumnya. Jadi semakin banyak pilihan untuk Ponsel CDMA

Friday, January 14, 2011

iPhone Versi CDMA

Apple akhirnya benar-benar merilis iPhone versi CDMA. Seperti yang diperkirakan sebelumnya, kali ini Apple menggandeng Verizon di AS sebagai mitra penyedia jaringan.
Hadirnya iPhone versi CDMA membongkar kerja sama eksklusif Apple dan AT&T yang selama ini sebagai satu-satunya mitra distribusi iPhone di AS.
Di negara-negara lain di luar AS, Apple pun menerapkan strategi yang sama dengan menggandeng satu operator seperti dengan Telkomsel di Indonesia. Rumor beredar yang tak kalah hangatnya, Apple pun dikabarkan bakal menggandeng operator lain untuk mendistribusikan iPhone di Indonesia. Beberapa kali XL menyatakan minatnya, tetapi seperti biasa belum ada kepastian dari Apple.
Pada peluncuran iPhone 4 di Indonesia, akhir tahun 2010, nyatanya Telkomsel masih menjadi mitra tunggal. Kalau di AS, Apple menggandeng operator yang berbeda teknologi jaringan untuk memperluas distribusi iPhone.
AT&T adalah operator GSM sementara Verizon menggunakan CDMA. Kalau di Indonesia siap yang digandeng ? Kemungkinan besar Si Flexi karena kan masih saudaranya telkomsel ...

Friday, January 7, 2011

CARA MELINDUNGI PONSEL

Data sangat penting harus dilindungi, kadang kita membawa ikut serta di ponsel baik sebagai phonebook, foto maupun video pribadi dan lainnya. KArena banyak ancaman dimana-mana anatara lain virus maka berikut ada beberapa trik agar data anda terlindungi !

Serangan Virus pada Ponsel :
Untuk mengetahuianya virus berasa dari 3 sumber pertama virus menginfeksi lewat bluetooth (jadi kalau nggak kenal ya jangan dikonek) atau lebih baik bluetooth kondisi off. Yang kedua lewat PC / LAptop so jangan sembarangan mendownload aplikasi/ program, sedangkan yang ketiga adalah dari kartu memori.
Langkah menangani semua ini install anti virus yang dapat diinstal di ponsel kamu (bisa yang berbayar ataupun yang gratis)

Pelindung data :
Gunakan aplikasi pelindung data yang disesuaikan peruntukannya. Contohnya aplikasi Guardian, Netqin dan aplikasi lainnya

Recovery Data :
Backup data dan data disimpan dikartu memori tersebut, jadi tidak ada jaminan karti memori atau lainnya tidak rusak. Tapi walau terhapus masih ada kok tipsnya :
Undelete, Restoration, HDDSCAN dan lainnya.

Saturday, January 1, 2011

Fitur Kamera 2

Xenon Flash. AAerupakan perangkat seperti lampu blitz, yang membantu pencahayaan di kamera hope. Keuntungan Xenon Flash adalah lebih terang dibanding Led flash, namun boros energi.

LED Flash. Pencahayaan dengan menggunakan suatu lampu dioda biasa, bukan seperti lampu blitz seperti xenon flash. Kelebihan Led Flash adalah lebih hemat daya, namun cahayanya kurang terang untuk pemotretan pada malam hari dibandingkan dengan Xenon flash.

Geotagging. Fitur di hope yang berguna untuk mengetahui lokasi foto yang telah dihasilkan. Dengan fitur ini, dapat diketahui informasi berupa data GPS (longitude, latitude dan altitude). Dengan Geo Tag ini, maka kita bisa mengetahui letakpengambilan foto tersebut, termasuk data dan waktu saat foto diambil.

Makro. Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk memotret pada jarak dekat dengan fokus yang tetap terjaga baik. Fitur makro ini biasanya juga ada di kamera dengan fitur autofocus.

Face Detection. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi subjek manusia yang akan dipotret. Kamera secara otomatis akan melakukan pencarian wajah sebagai titik fokus gambar yang akan diabadikan.

Smile Detection. Untuk fitur yang satu ini, Anda diwajibkan untuk senyum. Kalau tidak, kamera tidak akan merekam gambar. Ya, fitur ini bisa mendeteksi senyuman Anda. Jika Anda menginginkan hasil yang sumringah, silahkan senyum, maka secara otomatis foto Anda akan diabadikan.

Sepia. Salah satu variasi colour tone yang menonjolkan warna efek warna kecoklatan, sehingga menimbulkan kesan foto jadul.

Black & White. Foto dengan dominasi warna hitam dan putih. Komposisi dua warna ini akan mewakili semua elemen warna lain. Selain warna putih,
biasanya kamera mengidentifikasi warna lain dengan kondisi gelap dan mengarah ke warna hitam. White balance. Fitur di kamera yang bisa
mengenali temperatur sumber cahaya yang ada. Fungsinya, agar warna terlihat alami, putih terlihat putih, merah terlihat merah dan hijau terlihat hijau. Dengan kata lain, agar kamera bisa merekam warna obyek secara akurat dalam kondisi pencahayaan apapun.

Fitur Kamera 3

Exposure. Tingkat kecerahan pada foto. Ini bisa diatur lewat menu Exposure Compensation (Ev), yang bisa diatur ke arah negatif hingga positif. Fitur ini sedemikian pentingnya, hingga bisa ditemui mulai di sebuah kamera hope kelas bawah, hingga sebuah kamera DSLR profesional. Bisa jadi masih banyak orang yang belum memaksimalkan fitur ini dalam kesehariannya memotret. Padahal dengan menggunakan fitur Ev ini dengan tepat, bisa didapat hasil foto yang lebih baik.

Contrast. Tingkat perbedaan saturasi warna antar objek yang hendak difoto dalam satu frame.

Sharpness. Tingkat ketajaman sebuah foto. Jika di kamera hope, biasanya menggunakan indikator hard, normal, dan soft hope.

Grid. Garis pembantu di kotak bidikan kamera, untuk menentukan komposisi ideal sebuah foto.

Red eye reduction. Fitur peredam efek mata merah yang kerap kali timbul saat memotret benda hidup seperti manusia dan hewan.

Close up. Fitur untuk memotret objek jarak dekat untuk mendapatkan hasil maksimal, misalnya serangga atau bunga yang sedang mekar.

Sport. Menu yang satu ini dipakai untuk mendokumentasikan gambar yang sedang bergerak. Tujuannya agar fokus objek bisa dikunci dan gambar bisa terekam dengan jelas (freeze).

Frame per second (Fps). Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditampilkan setiap detik untuk membuat gambar bergerak (video), diwujudkan dalam satuan f ps (frames per second). Makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus bergeraknya gambar.

Self Timer. Alat pengatur shutter kamera, yang bisa otomatis
menjepret dengan rentang waktu tertentu. Biasanya digunakan agar si pemotret juga bisa turut serta terekam di dalam frame yang akan dibidik.

Fitur Kamera 1

Kamera. Fitur dokumentasi gambar. Lazimnya dimiliki oleh sebuah hape multimedia. Kamera ini iuga bisa difungsikan untuk merekatn video, yaitu merekam gambar bergerak.

Auto Focus. Salah satu fitur yang biasanya dibenamkan di kamera digital untuk mengunci objek. Lewat fitur ini, kualitas foto bisa baik kualitasnya. Obyek tetap tajam, karena kamera otomatis akan menemukan titik fokus gambar yang ingin dijepret.

Fixed focus. Titik fokus kamera dengan jarak ideal memotret yang sudah ditetapkan oleh pabrikan pembuat kamera. Fitur ini tidak bisa diatur atau disetel sesuai keinginan pengguna.

Piksel. Dimensi gambar terkecil dalam bentuk digital. Piksel ini berupa titik-titik yang menyatu sehingga menampilkan sebuahgambar. Semakin banyak piksel yang dimiliki sebuah kamera, semakin banyak pula titik yang dimiliki. Maka, gambar terlihat lebih rapat dan tajam.

Resolusi. Panjang maksimum piksel dikali lebarnya. Jika piksel dianalogikan dengan titik, maka sebuah area persegi panjang dengan lebar X dan panjang Y, bisa terisi jumlah yang berbeda. Misalnya, bidang area persegi panjang bisa terisi 300 ribu titik atau sejuta titik. Makin besar ukuran resolusinya, makin bogus kualitas fotonya.

ISO. ISO adalah singkatan dari International Standard Organization. Dulu kita mengenalnya sebagai ASA (American Standard Association). Kata ISO sendiri tidak mengandung arti kata khusus, kecuali ISO Speed. ISO Speed adalah angka yang digunakan untuk merepresentasikan standar ISO tersebut, guna menentukan sensitivitas film dan jumlah cahaya yang diperlukan kamera untuk menangkap foto. Semakin gelap kondisi pencahayaan obyek, semakin tinggi pula ISO Speed yang dibutuhkan.

Flash. Pencahayaan yang terdapat dalam
kamera hope maupun kamera digital, yaitu lampu kilat. Adanya flash ini cukup membantu pemotretan di dalam ruang atau di lokasi bercahaya redup. Ada dua macam flash yang umum di di hope, yaitu Xenon Flash dan LED Flash.