Wednesday, May 25, 2011

exian Diva NX-G272

Nexian Diva NX-G272 merupakan model keempat dari jajaran Seri Glamorous Nexian. Perangakat ini sedikit memilki tampilan yang beda. Jika di Nexian She NX-G788 menerapkan konsep Swivel, Nexian Princess NX-G889 dengan full Touchscreen dan Nexian Lady NX-G798 adalah QWERTY, maka di Nexian Diva NX-G272 di desain dengan tampilan candybar klasik.
Walau desain sangat sederhana Nexian Diva NX-G272 menghadirkan kristal Swarovski yang tersemat di bagian bodi NX-G272 ini membuat tampilannya terasa glamor dan mewah.
Untuk fitur, Nexian Diva tak kalah dibanding para seniornya. Tengok saja pada bagian kamera, ponsel ini diklaim menanamkan lensa beresolusi 2 Megapiksel plus kemampuan merekam video. Ada juga audio/video player, radio FM serta slot kartu microSD. Seperti produk Glamorous lain, Nexian NX-G272 juga didukung teknologi NDS (Nexian Digital Sound), yang membuat output suara terdengar lebih mantap dengan efek Surround Sound.
Selain itu, fitur khas produk Nexian pun tetap tersedia. Seperti NMC (Nexian Music Card) Player, Nexian Zone serta Nexian Messenger. Fasilitas online di dunia maya, sudah dilengkapi data EDGE/GPRS yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses situs jejaring sosial Facebook, Twitter serta menikmati fasilitas chatting. Soal harga, ponsel Dual On GSM ini dibanderol sekitar Rp 699.000,-
Spesifikasi:
Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On; Layar: 2.2 inci, TFT Color, QVGA; Transfer data: EDGE, GPRS; Kamera: 2 MP, Video recorder; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth, kabel data, audio jack 3.5mm; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/3GP player, radio FM, Sense Me, Nexian Digital Sound with SRS Technology, Nexian Messenger, Nexian Zone, NMC Player, Facebook, Twitter, Yahoo Messenger, MSN, Skype, Yahoo Mobile, Swarovski Series, Calendar, Calculator, Alarm, Speakerphone; Baterai: Lithium ion ;Harga: Rp 699.000

Sunday, May 15, 2011

MEMBUAT PABRIK PONSEL DI INDONESIA

Ada sebuah harapan untuk bisa mengenalkan produk hasil putra Indonesia yaitu pembuatan Ponsel 100% dari Indonesia. Ingat Pangsa pasar Indonesia untuk Ponsel sangat besar. Tak hanya dengan produk-produk pabrikan besar luar negeri, produsen ponsel lokal juga harus berebut pasar dengan sesama merek lokal. Tak heran jika saat ini banyak produsen handset ponsel lokal gencar melakukan promosi untuk menarik pembeli. Selain menggunakan media masa, baik cetak maupun elektronik, mereka juga menggandeng dunia pendidikan.

Seperti yang dilakukan produsen ponsel merek IMO, PT Konten Indomedia Pratama. Produsen handset yang banyak menyasar segmen pasar C, D, dan E ini telah bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dan sekolah untuk memasarkan produknya, baik ponsel maupun PC tablet.
Sarwo Wiguno Wargono, Presiden Direktur PT Konten Indonesia Pratama, mengatakan, pihaknya telah menggandeng Universitas Gunadarma dan Bina Sarana Informatika (BSI). "Ke depan, kami juga akan menggandeng universitas lain, seperti ITB, ITS, dan UI," tambahnya.
Ketika pemain ponsel merek lokal memutuskan untuk memindahkan pabrik manufaktur ponsel ke Bandung, Jawa Barat, banyak harapan yang ingin dikemukakan. Banyak peluang diharapkan dalam membangun sebuah ekosistem usaha manufaktur berbasis kemampuan anak bangsa.
Sebagai produk manufaktur, ponsel seperti IMO B9800 sekilas menampilkan produk Blackberry Torch buatan RIM asal Kanada. Ponsel cerdas merek lokal ini masih diproduksi di China, memiliki dual SIM card, bisa menayangkan siaran TV, dan memiliki aplikasi jejaring digital sosial, mulai Facebook, Yahoo Messenger, hingga Twitter.
Wujud kerja sama yang mereka jalin adalah dengan mengirim mahasiswa ke pabrik produksi IMO di China untuk merakit dan mengembangkan handset-nya sesuai dengan keinginan dan imajinasi mereka. Nantinya produk hasil pengembangan mahasiswa itu akan diperkenalkan ke perguruan tinggi masing-masing untuk kemudian dijual ke mahasiswa.
Tak hanya memproduksi handset, nantinya mahasiswa yang dikirim ke China juga akan mengembangkan aplikasi pendidikan yang memudahkan mahasiswa dan dosen dalam proses belajar-mengajar. "Ada aplikasi khusus sehingga bahan-bahan ajar dan tutorial bisa dimasukkan di sana," ujarnya.
I Made Wiryana, Koordinator Kerjasama Luar Negeri Universitas Gunadarma, berharap, mahasiswanya tidak hanya belajar, tetapi juga mampu merakit produk berkualitas kelas dunia. "Mahasiswa kami akan menjadi techno entreprenur," tambah Made.
Sebanyak 16 mahasiswa teknologi informasi dan teknologi elektro tingkat akhir akan berangkat ke China. Mereka akan belajar mendesain, menguji produk, dan menciptakan sebuah produk ponsel. "Mereka mulai berangkat pada Juni nanti dan belajar selama 4 bulan," katanya. Semua mahasiswa tidak akan dikenai biaya dan mendapatkan beasiswa penuh. Semoga menghasilkan sesuai yang diinginkan bangsa ini dan bisa ditiru oleh Universitas lainnya di Indonesia.

Bagi IMO, selain untuk meningkatkan brand awarness mereka di mata mahasiswa, program ini juga diharapkan bisa menjembatani jurang antara dunia pendidikan dan kebutuhan dunia industri, terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi.
Terlebih, dalam waktu dekat perusahaan ini akan memindahkan line produksi handset-nya dari China ke dalam negeri dengan menggandeng perusahaan BUMN, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) Persero

Wednesday, May 11, 2011

HT G30 - Ponsel facebook

HT Mobile merilis ponsel dengan kemampuan akses ke layanan facebook. Aplikasi facebook yang terbenam merupakan aplikasi Java sebenarnya bisa diinstal ke ponsel berplatform Java. Sementara, untuk akses ke portal jejaring sosial tersebut tetap saja melalui link mobile-nya (m.facebook.com).

HT G30 mengandalkan GPRS class 12. Namun, performanya masih terbilang lambat dan kurang lancar. Apalagi, jika sinyal GPRS operator yang digunakan pun lemot, Alhasil jangan harap bisa online dengan nyaman. Karena tak mendukung kemampuan multitasking, otomatis si pengguna tak bisa terus-terusan online. Baik facebook, maupun chatting-nya.

Namun, dengan harga yang terjangkau ditambah disainnya yang lumayan oke (mirip Nokia E71), HT G30 bakal jadi alternatif ponsel facebook merk lokal yang cukup direkomendasikan. Selain itu, konsep keypadnya yang full QWERTY juga menambah daya tarik tersendiri. Meski model tutsnya yang terbilang mungil, namun komposisi dan tekstur bahan yang digunakan terasa enak dan nyaman ditekan.

HT G30 juga menawarkan fitur Dual On GSM dengan dua tombol call di jajaran keyboard, untuk memudahkan komunikasi. Layar TFT 2.2 inci-nya cukup jernih dan baik dalam menampilkan hasil jepretan kamera VGA, termasuk hasil rekam video berformat avi.
Ponsel ini juga menanamkan magic sound yang bisa digunakan untuk merubah suara saat bertelpon. Aksesnya bisa untuk kedua kartu SIM. Ada juga fitur Anti maling (Anti Theft), namun cuma bisa dinikmati kartu SIM 1.

Bagi kamu yang maniak game, HT G30 juga menyisipkan beberapa buah game termasuk emulator NES. Untuk organisernya, ada penanda waktu Sholat (Islam Pray) dan sarana standar lain. Seperti kebanyakan ponsel merk lokal, HT G30 juga membenamkan fitur E-book reader. Namun, format file yang bisa dibaca hanya yang berekstensi .txt (biasanya Notepad).
Soal kemampuan multimedia, tentunya tak perlu diragukan lagi. Player musik yang tertanam bisa menjalankan file audio berformat MP3, AAC, AAC+ dan WAV, yang bisa diakses langsung dari kartu memori dengan kapasitas yang bisa diekspansi hingga 16GB.
Radio FM yang ada, menyediakan 30 channel kosong untuk menyimpan gelombang siaran favorit. Kemampuan merekam siaran berita juga dimiliki fitur radio HT G30. Hasil rekamnya bisa langsung dijadikan nada dering, atau nada alarm.
Yang terakhir adalah kemampuan baterai. Sumber powernya berasal dari baterai lithium ion 1000 mAh (standar), yang mampu bertahan selama 2 harian untuk standby. Namun, jika digunakan untuk browsing dan menikmati sarana multimedianya, otomatis bakal merosot drastis.
Spesifikasi HT G30:
Jaringan: Dualband GSm (900/1800 MHz) & Dual On GSM; Dimensi: 11,35×5,7×1,1 cm; Berat: 88gr; Layar: 2.2 inci, TFT 262.144 warna, 220×176 piksel; Kamera: VGA (640×480 piksel), video recording; Transfer data: GPRS class 12; Memori internal: 500KB; Memori eksternal: microSD up to 16GB; Messaging: SMS, MMS, Email, IM; Konektivitas: Bluetooth (A2DP support), kabel data miniUSB; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 player, radio FM, FM recording, Java, facebook client, eBuddy client, Support Yamee, Magic sound, Anti Theft, Blacklist, Emulator NES, Islam Pray time, Phonebook 500 entri, Voice recorder, E-book reader, PC webcam, Calculator, Calendar, Alarm, stopwatch, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 1000 mAh (dikutip dari Bestphone)

Monday, May 9, 2011

Intel : Aplikasi BlackBerry "Warnai Hidupmu"

Konsumen Indonesia mulai diperhitngkan deh … salah satu bukti lagi adalah dari Intel. Intel meluncurkan sebuah aplikasi lokal "Warnai Hidupmu" yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel pintar BlackBerry di Indonesia. Aplikasi itu memberikan semua informasi tentang Intel kepada pengguna secara real-time seperti informasi penawaran dan promo produk di bhinneka.com sebagai Intel Authorized Reseller.

"Aplikasi mobile ini dapat digunakan untuk mengakses informasi terbaru tentang Intel termasuk siaran pers, promo dan tekonologi terbaru Intel yang akan datang," kata Navin Shenoy, Vice President, Sales and Marketing Group, General Manager, Intel Corporation Asia Pasific di Jakarta pada Kamis (5/5).

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menghadirkan fitur menarik seperti game, lomba bikin video, audio dan foto serta link ke berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Aplikasi itu dibuat oleh pengembang aplikasi lokal 7 Langit dengan enam fitur unggulan yaitu Intel Updates, Get Powered Up!, Where to get us, Game On!, Me Here! Now! dan What Powers You?. Intel Updates, sebuah fitur untuk menampilkan beragan berita, siaran pers, kegitan dan promosi terbaru dari Intel Indonesia. Get Powered Up!, sebuah fitur tentang teknologi, fitur, manfaat dan model produk Intel. Where to get us, sebuah fitur yang menampilkan reseller Intel terdekat kepada pengguna BlackBerry.

"Fitur ini bisa memberitahu pengguna dimana letak reseller Intel dalam radius 5 KM dari tempat dia berada sekarang," kata Oon Arfiandwi, Chief of Technology 7 Langit. Fitur Game On! berisikan kuis, game dan kompetisi mingguan bagi pengguna BlackBerry. Me Here! Now!, fitur ini akan menghubungkan pengguna ke halaman Facebook Intel dan Twitter@komunitasintel.

Terakhir, What Powers You?, sebuah fitur dimana tokoh prefesional dari industri kreatif seperti sutradara film, musisi, dan fotografer bisa berdiskusi dan berbagi informasi teknologi Intel kepada pengguna BlackBerry. "Saat ini sudah ada dua, Dennis Adishwara sebagai sutradara film dan Asta Andoko dari musisi RAN," kata Oon. (dikutip dari antaranews)

Sunday, May 8, 2011

Skype Jadi Milik Google atau Facebook ?

Skype Jadi Milik Google atau Facebook ? ini rumor paling gress dan akan membuat perubahan diblantika dunia Internet. Skype yang menunda penjualan saham perdana kabarnya kini menjadi rebutan dua raksasa internet, yakni Facebook dan Google. Seorang sumber mengungkapkan, Chief Executive Facebook Mark Zuckerberg sedang membahas pembelian Skype dengan kalangan internal. Namun, sumber lainnya membisikkan, Facebook akan mengajak Skype untuk berpatungan.

Sumber lainnya mengatakan, Google juga telah bicara dengan Skype. Situs pencari terbesar ini berniat melakukan kerja sama dengan Skype. Jika kesepakatan itu tercapai, maka nilai transaksinya bisa 3 miliar dollar AS hingga 4 miliar dollar AS. Nilai ini lebih tinggi dari target penjualan saham perdana Skype yang diperkirakan mencapai 1 miliar dollar AS.

Dua sumber lainnya mengatakan, pembicaraan pembelian Skype ini masih dalam tahap awal. Facebook dan Google sendiri menolak berkomentar. Pada Agustus lalu, Skype telah mengajukan izin untuk go public. Perusahaan yang berbasis di Luksemburg ini telah menunjuk mantan Vice President Cisco Systems Tony Bate sebagai direktur utama untuk melakukan penawaran saham perdana tersebut. Rencananya, proses initial public offering (IPO) Skype akan dilakukan pada semester kedua tahun ini.
Bisa dibayangkan kalau menjadi miliknya facebook…. Wow keren… Update status, chat langsung teleconference, gambar pakai skype…. Bias KO tuh Google.. Tapi siapapun pemiliknya nanti Skype tetap memiliki daya tarik tersendiri……

Monday, May 2, 2011

BlackBerry Bold : QWERTY dan Berlayar Sentuh

Siapa nggak ngebet segera ingin tahu BB berikutnya !? BlackBerry World Conference yang akan berlangsung di Orlando, Florida, AS, 3-5 Mei 2011, Research In Motion (RIM) mengumumkan model smartphone terbarunya, Bold 9900 dan 9930. Kedua model yang identik untuk jaringan berbeda. Model 9900 untuk GSM, sedangkan 9930 untuk CDMA. Bentuknya mirip seri Bold lainnya. Namun, tidak hanya menggunakan keypad QWERTY, BlackBerry ini juga berlayar sentuh.

BlackBerry Bold 9900 dan 9930 juga menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan sistem operasi BlackBerry 7. Bentuknya mirip dengan seri Bold pada umumnya, tetapi lebih tipis karena hanya setebal 10,5 mm atau model smartphone BlackBerry paling tipis sejauh ini.

"Smartphone BlackBerry Bold terbaru dan BlackBerry 7 OS terinspirasi jutaan konsumen di seluruh dunia yang ingin kombinasi terbaik pada kinerja, fungsi, dan gaya," kata Mike Lazaridis, Co-CEO RIM, dalam siaran persnya, Senin (2/5/2011).
Sistem operasi BlackBerry 7 menyediakan pengalaman baru untuk menambah kemudahan dan kepuasan pengguna. Misalnya, browsing lebih kencang, terdapat tambahan fitur pencarian dengan suara, bisa mengatur konten pribadi dan korporat secara terpisah, serta bisa mengatur aplikasi personal dengan aplikasi kantor demi keamanan data-data yang sensitif.

Aplikasi browser-nya diperbarui dengan fitur Liquid Graphics yang menyediakan proses rendering lebih cepat, panning dan zooming lebih enak, dan compiler JIT (just in time) JavaScript terbaru yang membuat situs web terbuka lebih cepat. Browser-nya juga sudah mendukung elemen HTML5 lebih banyak dan HTML5 video.
Kemampuan kinerjanya didukung prosesor baru dengan 1,2 GHz. Koneksinya juga sudah mendukung jaringan 4G. Selain itu, keduanya sudah dilengkapi chip NFC (near field communication) untuk mengantisipasi sistem transaksi masa depan. Bold 9900 dan 9930 juga sudah dilengkapi magnetometer (kompas built in) untuk mendukung layanan berbasis lokasi dan augmented reality. Kameranya bisa merekam video HD 720p. Aplikasi multimedianya juga dapat memainkan video HD dengan kualitas gambar yang sama. Keduanya baru akan tersedia di sejumlah negara di dunia pada musim panas tahun ini.

Spesifikasi BlackBerry Bold 9900 dan 9930:
• 115 x 66 x 10.5 mm, approximately 130 g • 2.8" capacitive touch screen display – VGA (640 x 480), 287 dpi resolution • Ultra-easy QWERTY keyboard, optical trackpad • 1.2 GHz processor, 768 MB RAM • 8 GB on-board memory, plus microSD slot supporting up to 32 GB cards • NFC technology • 5.0 MP camera, supports 720p HD video recording • Orientation sensor (accelerometer), Digital compass (Magnetometer), Proximity sensor • Built-in GPS/aGPS • Dual-band Wi-Fi® - 802.11 b/g/n at 2.4 GHz and 802.11 a/n at 5 GHz • Bluetooth® 2.1+EDR support • Wireless network support: o 9900: Tri-Band HSPA+, Quad-band GSM/EDGE o 9930: Dual-band CDMA/EV-DO Rev. A, Dual-band HSPA+, Quad-band GSM/EDGE • 1230 mAh removable, rechargeable battery • BlackBerry 7 OS