Monday, October 31, 2011

Sony dan Ericsson berpisah !?

KArena tidak ada perubahan yang signififan akhirnya sony tak tahan juga. Sony siap membeli seluruh saham Ericsson senilai USD 1,5 miliar sehingga Sony Ericsson sepenuhnya dimiliki Sony. Langkah ini dipandang sebagai jalan terbaik bagi Sony untuk dapat bersaing kembali di arena smartphone, melawan Apple, Samsung, ataupun HTC.

Sir Howard Stringer selaku Chief Executive Sony mengumumkan kembalinya Sony sebagai pemain mandiri di arena ponsel cerdas. Dengan segenap potensinya seperti kekuatan merek yang bagus dan konten beragam, Sony yakin dapat bertaji.

"Kompetitor tidak memiliki film, televisi dan game kami. Kami bisa menggunakan konten kami sebagai senjata untuk mendorong penjualan," ucap Stringer, seperti detikINET kutip dari Independent, Jumat (28/10/2011).

Ericsson sendiri ingin berfokus pada bisnis intinya di bidang telekomunikasi sehingga melepas kepemilikan Sony Ericsson. Duet sejak tahun 2001 tersebut awalnya berjalan cukup baik, namun belakangan belum mampu bersaing dengan pabrikan besar lainnya. Tahun lalu, market share mereka sekitar 2,6%.

"Jika tidak ada yang dilakukan, Sony Ericsson mungkin akan mati dalam 18 bulan ke depan karena masalah yang dimilikinya terkait diferensiasi produk handset. Dengan akuisisi ini, Sony sekarang memiliki semua komponen untuk berkompetisi langsung dengan Apple dan Samsung," ucap Pete Cunningham, analis industri di Canalys.

Belum jelas seperti apa arah perubahan Sony Ericsson setelah dipegang sepenuhnya oleh Sony. Kemungkinan besar yang diamini beberapa analis adalah, nama Sony Ericsson akan berganti menjadi hanya Sony karena Ericsson sudah tidak berkecimpung dalam operasional perusahaan. Namun hal ini diprediksi tidak terjadi dalam waktu dekat.

Jelas, Sony perlu bertindak cepat untuk mengejar ketertinggalannya. Menarik ditunggu bagaimana sepak terjang vendor asal Jepang ini untuk mengguncang jagat smartphone. Proses akuisisi Sony terhadap Sony Ericsson diperkirakan baru selesai awal 2012.

Monday, October 24, 2011

Xperia Active By SOny Ericsson

Semakin banyak produk smartphone baru bagi para penggilanya.... kini pilihan baru muncul lagi.. Sony Ericsson akhirnya meluncurkan smartphone Xperia Active, Minggu (23/10/2011), di Jakarta. Peluncuran digelar bersamaan dengan Billabong City Square Indo Competition, sebuah kompetisi skateboard yang diikuti oleh penggemar dari seluruh Asia Tenggara.

Selain Tahan air dan debu Xperia Active ditujukan pada kalangan yang tak cuma mania teknologi, tetapi juga yang aktif dan sporty dalam kesehariannya. Fitur, desain, dan aksesori ditempelkan pada smartphone ini sehingga bisa mencukupi kebutuhan segmen yang dituju. "Desain dan material smartphone ini dibuat dari bahan-bahan yang tangguh. Bagian sampingnya ada bahan logam untuk membuat kesan kuat. Kaca pada layar terbuat dari bahan dragon frame sehingga bisa menahan beban hingga 60 kg," kata Rachmat Akbar, Product Manager Sony Ericsson.

Dalam konferensi pers hari ini, Rachmat juga menambahkan, "Ini adalah Xperia pertama kita yang tahan debu dan tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Jadi, dengan smartphone ini, kita bisa tetap beraktivitas saat hujan."

Salah satu desain yang mendukung kemampuan tahan air adalah casing dua lapis yang menutup komponen di bagian dalam smartphone. Port USB dan headset memiliki penutup sehingga meminimalkan risiko air masuk ke dalam perangkat. Xperia Active juga dilengkapi dengan fitur Finger Wet Tracking. Dengan fitur ini, dalam kondisi habis tercebur atau basah karena hujan, smartphone masih bisa digunakan untuk telepon, mengirim pesan, atau aktivitas lainnya.

"Sony Ericsson Xperia Active juga memiliki aplikasi SportyPal. Ini bisa memantau aktivitas olahraga kita, bisa bicycling, running, golf, dan lainnya lewat GPS. Jadi membantu pengguna yang suka berolahraga," kata Rachmat. Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, pengguna tinggal login dan memasukkan data, seperti berat dan tinggi badan serta umur. Selanjutnya, pengguna tinggal memilih jenis olahraga yang akan dilakukan. Xperia Active akan memantau dan memperlihatkan apakah aktivitas mencapai target.

Aplikasi lain terkait olahraga adalah Walkmate, dikhususkan bagi aktivitas jalan kaki. Aplikasi ini memungkinkan pengguna merancang target pembakaran kalori. Xperia Active akan memantau aktivitas berjalan kaki lewat GPS, mengonversinya dalam kalori, dan menyajikannya dalam bentuk grafik.

Sebenarnya, terdapat pula aplikasi iMapMyFitness khusus bagi yang gemar nge-gym. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa merancang workout, asupan nutrisi untuk mencapai target. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia di Xperia Active yang beredar di Indonesia.

Xperia Active adalah smartphone berukuran layar 3 inci dengan sistem operasi Android Gingerbread 2.3 dengan Mobile Bravia Engine dan prosesor 1 GHz. Smartphone ini memiliki kamera 5MP dengan fungsi perekam HD dan panorama tiga dimensi (3D).

Xperia Active tersedia dalam warna hitam-putih dan hitam-oranye, dijual seharga Rp 3.075.000. Selain itu dipasarkan pula dalam jumlah terbatas, Xperia Active Billabong Limited Edition dengan casing Billabong dengan harga jual yang sama. Smarphone ini juga sudah punya fitur Facebook inside Xperia.

Pembelian Xperia Active nantinya akan dilengkapi dengan Sony Ericsson Live View. Aksesori ini memiliki bentuk serupa jam tangan, memungkinkan pengguna mengetahui adanya panggilan, pesan masuk, dan notifikasi dari jejaring sosial layaknya melihat waktu di jam tangan.

Thursday, October 20, 2011

Smartphone BlackBerry Bold 9900

Akhirnya Research In Motion (RIM) mengumumkan peluncuran smartphone terbaru BlackBerry Bold 9900 di Indonesia. Smartphone BlackBerry Bold 9900 akan tersedia pada akhir September ini dengan harga Rp5.999.000 melalui distributor-distributor resmi Indonesia: PT. Teletama Artha Mandiri, PT. Comtech Cellular, dan PT. Selular Media Infotama.

BlackBerry Bold 9900 adalah smartphone BlackBerry tertipis dengan ketebalan hanya 10,5 mm dan yang pertama menawarkan gabungan antara keyboard berperforma tinggi dan integrasi layar sentuh dalam satu rancangan ikonis BlackBerry Bold. BlackBerry 9900 terbaru ini juga merupakan smartphone BlackBerry pertama yang mempunyai built-in support untuk NFC (Near Field Communications) yaitu teknologi baru yang memungkinkan untuk menghasilkan berbagai kapabilitas terbaru yang mengasyikkan, termasuk kemampuan untuk dipasangkan dengan aksesoris NFC atau membaca SmartPoster tags cukup dengan menepuk smartphone ini.

Dengan rancangan yang indah, keyboard yang efektif dan layar sentuh yang brilian, BlackBerry Bold 9900 ini dibuat dengan bahan-bahan terbaik termasuk rangka stainless steel yang menghasilkan sentuhan akhir pada smartphone yang luar biasa.

Hastings Singh, Wakil Presiden RIM wilayah Asia Selatan mengatakan: “Kami sangat gembira dapat membawa smartphone BlackBerry 9900 yang telah sangat ditunggu-tunggu ini ke Indonesia. Berdasarkan rancangan seri BlackBerry Bold terdahulu, smartphone terbaru ini menawarkan pengalaman komunikasi bergerak terbaik, yang menurut kami akan disukai oleh pelanggan Indonesia. Sebagai anggota dari seri terbaru BlackBerry 7 kami, Bold 9900 ditandai dengan performa lebih cepat, pengalaman browsing lebih baik dan kapabilitas multimedia yang lebih kaya.

OS BlackBerry 7 yaitu sistem operasi untuk BlackBerry Bold 9900 memperkenalkan generasi terbaru browser BlackBerry dengan kecepatan lebih signifikan, pengalaman web browsing lebih halus yang merupakan salah satu yang terbaik pada industri ini. Dengan menggabungkan performa Webkit browser engine terdepan yang telah diperbarui dengan peningkatan hardware yang bertenaga, smartphone berbasis BlackBerry 7 menghasilkan kemampuan browsing 40 persen lebih cepat daripada BlackBerry 6 dan hingga 100 persen lebih cepat daripada BlackBerry 5.

Peningkatan tambahan pada generasi browser BlackBerry terbaru ini juga telah mengoptimalisasi fungsi zooming dan panning untuk navigasi web lebih lancar dan performa HTML5 yang lebih optimal untuk pengalaman gaming dan video yang luar biasa. Ayo buruan antri memilikinya ...

Tuesday, October 11, 2011

Nokia Symbian Belle

Mungkin berita ini membuat kita ingat akan OS nya Nokia. Nokia bukanlah kacang yang lupa kulit. Kendati sedang fokus mengembangkan ponsel berbasis Windows Phone dengan Microsoft, perusahaan ponsel asal Finlandia ini masih memikirkan masa depan OS Symbian-nya.

Mengutip laporan Softpedia, Nokia saat ini bersiap-siap meluncurkan ponsel Nokia 603. Ponsel ini tidak mengadopsi sistem operasi buatan Microsoft, melainkan mempertahankan OS Symbian karya orisinal Nokia. Nokia 603 berjalan dengan sistem operasi Symbian Belle dan memiliki enam macam homescreen. Di dalam ponsel ini, Nokia mengandalkan prosesor ARM berkecepatan 1 GHz.

Tak kalah dengan ponsel pintar lainnya, Nokia 603 yang dirancang untuk pasar menengah ke bawah ini dilengkapi dengan fitur sentuh pada layar dengan resolusi 360 × 640 piksel. Sayangnya, belum diketahui berapa luas layar ponsel tersebut.

Pada bagian belakang ponsel ini terdapat kamera beresolusi 5 megapiksel dan browser Nokia 7.4. Untuk konektivitas, tersedia Bluetooth, Wi-Fi, dan jaringan GPRS/EDGE/WCDMA/HSDPA. Kapan ya datangnya Si Nokia SYmbian Belle ini ?!?

LG Optimus LTE

Maish ingat LG...yang kalo di Idonesia masih sangat melekat di merk TV, LCD? kali ini LG kembali menngeluarkan produknya. Pembuat handset nomor tiga terbesar di dunia LG Electronics, pada 10 Oktober 2011 ini meluncurkan smartphone terbaru. Keunggulan produk ini beroperasi pada jaringan generasi keempat alias 4G.

Smartphone yang diberi nama Optimus LTE ini dirancang untuk bersaing dengan ponsel pintar 4G dari Samsung Electronics Co dengan seri andalannya Galaxy S. Begitu pula dengan iPhone 4S dari Apple iPhone yang berjalan pada jaringan 3G.

"Optimus LTE adalah produk ambisius kami yang memobilisasi teknologi LTE," ujar Senior Vice President LG Na Young-bae seperti ditulis Reuters.

Optimus LTE merupakan model ponsel high-end yang diluncurkan LG setelah perusahaan ini mengalami kerugian penjualan handset dalam lima kuartal berturut-turut. Bahkan dilaporkan kerugian yang lebih besar lagi terjadi untuk kuartal yang berakhir September ini.

LG relatif terlambat dari para pesaingnya untuk fokus di pasar smartphone. LG berharap dengan peluncuran ponsel LTE Optimus yang beroperasi pada jaringan 4G ini dapat mengembalikan keuntungan mereka.

Optimus LTE mempunyai layar high definition 4.5 inci dengan kamera 8 megapiksel di belakang dan 1,3 megapiksel menghadap ke depan. Ponsel ini didukung oleh prosesor dual core 1,5 GHz dari Chip Qualcomm Inc.

Ponsel yang berjalan dengan sistem operasi Android Gingerbread ini mempunyai hardware yang mirip dengan Samsung Galaxy S II. LG belum memutuskan kapan produk ini akan dijual di pasar luar negeri.

Wednesday, October 5, 2011

Iphone 4S

Yang ditungggu telah tiba,... walau belum sesuai expectasi pasar.. Apple mengumumkan kehadiran iPhone 4S. Secara fisik, wujudnya identik dengan iPhone 4. Apple fokus melakukan ugrade fitur di dalamnya. Salah satunya Siri, teknologi perintah suara yang dinilai cukup revolusioner.

Dalam perkenalan iPhone 4S di kantor pusat Apple, Apple mendemonstrasikan seperti apa kemampuan Siri. Fitur yang khusus hanya ada di iPhone 4S ini memungkinkan user menyusun jadwal pertemuan, menemukan restoran terdekat, sampai mengetahui cuaca hanya dengan perintah suara.

"Ini adalah kemajuan yang cukup besar. Memungkinkan berbicara dengan gadget Anda. Anda mendapat lebih banyak pilihan ketimbang hanya mengendalikannya dengan jari," kata Frank Gillet, analis di Forrester Research.

Apakah teknologi ini bisa menarik minat konsumen masih perlu dilihat. Teknologi pengenal suara memang bukanlah hal yang baru. Google sudah memilikinya di perangkat Android. Namun Siri dipandang lebih canggih dan mirip dengan asisten pribadi.

Dalam demonstrasinya, eksekutif Apple bertanya pada ponsel apakah dia perlu membawa jas hujan hari ini. iPhone 4S memahami pertanyaan itu dan menjawab "Hari ini terlihat pasti akan hujan,".

Kemudian, ponsel diminta untuk membuat jadwal pertemuan pada siang hari. iPhone 4S menjawabnya bahwa sang user sudah punya jadwal pertemuan siang itu. Kemudian si ponsel akan bertanya apakah user ingin menghapus jadwal yang sudah ada.

Siri terintegrasi dengan aplikasi seperti Maps, kalender dan SMS. Di manapun user melihat munculnya keyboard, mereka juga akan melihat ikon mikrofon. Siri awalnya tersedia untuk bahasa Inggris, Perancis, Jerman dan rencananya ditambahkan lebih banyak bahasa.

Beberapa upgrade di iPhone 4S misalnya prosesor dual core dan kamera 8 megapixel. Namun seperti dilansir Reuters Rabu (5/10/2011), fitur Siri yang dianggap membuat iPhone 4S tampil menonjol. Tapi perlu juga diketahui bahwa Pengumuman iPhone 4S dalam gelaran yang baru saja selesai di Cupertino gagal menyenangkan investor Apple. Akibatnya, saham Apple turun.

Saham Apple dibuka pada angka USD 374,57 dan sempat 'goyang' menjadi USD 355. Saham ini turun sekitar 20 point setelah Apple tidak mengumumkan keberadaan iPhone 5 yang paling dinanti dan ditunggu...

Monday, October 3, 2011

Smartfren ZIP C380

Produk terbaru dari Smartfren, Smartfren meluncurkan ponsel CDMA harga terjangkau dengan tombol khusus Facebook. Ponsel ini kemudian dinamakan "Hape Gaul Smartfren ZIP C380". Ponsel yang telah di-bundling dengan kartu Smartfren ini memberikan akses gratis ke Facebook dan Twitter selama 15 hari pertama setelah kartu perdana diaktifkan. Selain itu, ada program berhadiah miliaran rupiah yang bisa diikuti oleh pelanggan.

Smartfren ZIP C380 ini ditawarkan dengan harga Rp 199 ribu (sudah termasuk kartu perdana senilai Rp 50 ribu) ini, dapat pula digunakan sebagai modem berkecepatan hingga 153, 6 Kbps (dengan slogan anti leletnya). Selain itu, ponsel ini juga memberikan layanan Smartfren musik, yakni berlangganan musik yang bisa diunduh langsung dari ponsel. Ada fitur preview yang bisa digunakan untuk mendengarkan lagu sebelum diunduh. Tarif lagu adalah Rp 1000 per lagu.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera 1,3 Megapixel dengan MP3 player dan radio FM. Baterai ponsel juga kuat 700 jam dalam keadaan stand by. Fitur-fitur ponsel ini memang difokuskan untuk keperluan entertainment dan social media. Tersedia dalam tiga warna, yakni hitam-merah, putih-biru, dan putih-oranye.

"Kami menargetkan terjual 200 ribu unit hingga akhir tahun ini," ujar Sukaca Purwokardjono, divisi Head Product Development Smartfren dalam jumpa pers peluncuran Hape Gaul Smartfren ZIP C380 di Jakarta, Kamis (29/9/2011).

Selain di Jabodetabek, ponsel ini sudah siap didistribusikan ke Aceh, Banjarmasin, Palembang, Jawa, dan Bali di semua toko-toko elektronik yang memiliki Smartfren Champion Booth.

Melengkapi peluncuran ponsel ZIP ini, Smartfren mengadakan Program Rejeki Smartfren. Program ini merupakan program undian yang berlangsung dari 1 Oktober 2011 hingga 31 Maret 2012. Hanya dengan pembelian pulsa minimum Rp 10 ribu, sudah langsung bisa ikut serta dalam pengundian. Jumlah ini berlaku kelipatan, sehingga jika mengisi pulsa sebanyak Rp 50 ribu, akan memiliki lima kali kesempatan untuk mengikuti pengundian. (dikutip dari kompas) Ayo siapa mo beli....