Monday, June 4, 2012

HTC One V

Smartphone ini sudah pernah kita bahas beberapa postingan terdahulu dengan judul HTC One X dan HTC One V. Nah kali ini kita bahas lebih detail HTC One V.... HTC One V adalah model paling sederhana dari tiga bersaudara ponsel cerdas HTC One. Dua versi lainnya, HTC One S dan X, menonjolkan kehebatan prosesor dual-core dan quad-core. Ketiganya tampil untuk pertama kali di hadapan publik pada perhelatan Mobile World Congress 2012 di Barcelona, Spanyol, Februari lalu. Smartphone buatan Cina ini untuk segmen pasar entry-level, HTC One V. Satu unit smartphone ini dipatok seharga Rp 2,999 juta. Dan sekarang ini sudah hadir di Indonesia.

SPESIFIKASI

OS: Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Prosesor: Qualcomm Snapdragon MSM8255, 1 GHz
Kartu grfais: Adreno 205
Kapasitas simpan: 4 GB plus slot microSD sampai 32 GB
Total RAM: 512 MB
Layar: Kapasitias Super LCD 2 3,7 inci (480 x 800 piksel)
Kamera: 5 MP dengan autofocus dan LED flash
Port: 3,5 mm jack audio; microUSB
Konektivitas: Wi-Fi; Wi-Fi Direct; Wi-Fi hotspot; Bluetooth
Baterai: Lithium Ion 1.500 mAh
Warna: Hitam dan abu-abu
Dimensi: 120,3 x 59,7 x 9,2 mm
Berat: 115 gram

KELEBIHAN
- Kinerja cepat,  Fungsi kamera bagus,  User Interface menarik

KEKURANGAN
- Tak ada short-cut ke kamera, Desain lama

DESAIN


HTC One V dilapisi bahan aluminium, kecuali di bagian bawah belakang tempat lekukan tadi. Di sana terdapat penutup yang terbuat dari plastik lunak. Jika ditarik ke bawah, di dalamnya akan terlihat slot untuk menyisipkan kartu SIM (bukan micro-SIM) dan kartu microSD.

HTC One V menganut desain unibody alias tanpa celah dan sekrup. Ini membuat Anda tak dapat melihat seperti apa baterai dan “jeroan” ponsel tersebut. Di sepanjang tepi kanan dan kiri, tersedia port MicroUSB dan tombol pengatur volume. Adapun di sisi atas terdapat tombol Power dan jack audio 3,5 milimeter.

LAYAR

Bentang layar HTC One V terbuat dari Panel Super LCD selebar 3,7 inci. Resolusinya mencapai 800x480 piksel dengan kerapatan 252 piksel per inci. Anda tak perlu khawatir layar akan cacat jika menyisipkan ponsel ini di saku bersama kunci. Sebab, display tersebut sudah dilapisi Gorilla Glass yang terkenal antigores.


Pada tiap home screen, Anda dapat mengatur setiap ikon aplikasi dengan mudah. Tinggal sentuh dan geser ikon yang ingin dipindahkan ke bagian atas layar. Di bawah layar, terdapat tiga tombol sentuh untuk fungsi: Back, Home, dan Widget.

KINERJA

Prosesor buatan Qualcomm Snapdragon MSM8255 berkecepatan 1 gigahertz, performa HTC One V bisa diandalkan. Ponsel ini bisa bekerja dengan tangkas dalam membuka dan menjalankan aplikasi, seperti game, kamera, dan pemutar lagu.

Di dalam ponsel ini, terpendam baterai jenis Lithium Ion berkapasitas 1.500 mAh. Jika terisi penuh, pasokan energinya bisa bertahan sampai dua hari untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, semisal browsing, berjejaring sosial, menulis pesan pendek, menelepon, dan mendengarkan lagu.

Hanya saja, media penyimpanan tambahan jelas dibutuhkan pada ponsel ini. Sebab, kapasitas simpannya sangat terbatas, yakni hanya 95,23 megabita.

KAMERA DAN AUDIO

Jargon HTC One V dengan kamera dan kualitas suara yang bagus memang patut diacungi jempol.

Pada bagian belakang ponsel, terdapat kamera beresolusi 5 megapiksel, yang disandingkan dengan flash LED. Di sini, Anda dapat mengambil gambar secara terus-menerus atau simultan dan memilih hasil bidikan terbaik.

Kemampuan tembak kamera juga termasuk cepat berkat HTC ImageChip. Namun layanan ini membutuhkan waktu satu-dua detik untuk menampilkan hasil “jepretan“ pada layar.

Satu catatan adalah tidak adanya jalan pintas untuk mengakses fitur kamera. Padahal short-cut ini amat penting apabila Anda harus mengambil gambar dalam waktu singkat.

Kualitas suara, teknologi Beats Audio di dalam HTC One V mampu membuat ponsel ini seperti dilengkapi sound system. Ketika digunakan untuk memutar lagu dengan volume maksimal, suaranya bisa menjangkau ruangan dengan luas lebih dari 100 meter persegi. Keren…

No comments: