Wednesday, November 7, 2012

Smartphone LG Optimus Vu

Produk smartphone LG Optimus Vu Ukurannya yang sebesar 5 inci dengan aspect ratio 4:3 membuat Optimus Vu cenderung lebih kotak dan besar bila dibandingkan dengan smartphone besutan vendor lain yang menggunakan aspect ratio16:9. Optimus Vu memang sejatinya merupakan smartphone yang digarap dengan cita rasa sebuah tablet.

Cita rasa tablet ini, selain soal ukuran dan aspect ratio layar, ada pada fitur pencatat yang disematkan di dalamnya. Bahkan, LG membekali Optimus Vu dengan satu tombol fisik khusus untuk fitur bernama Quick Memo itu. Hasilnya, entah pengguna sedang menelefon atau menjelajah internet bisa mengakses Quick Memo dengan satu klik. Di bagian belakang Optimus Vu bertengger sebuah kamera dengan ketajaman 8 megapiksel dan sebuah flash LED. Sementara di bagian bawah casing belakang, ada dua lubang kecil untuk keluarnya suara. Casing belakang ini dibuat memiliki guratan-guratan yang membuat penggunanya tidak licin saat menggenggam Optimus Vu. Karena dibuat unibody, pengguna mesti menyelipkan kartu SIM miliknya melalui slot di sisi kiri bodi. Kartu SIM yang digunakan pun harus berukuran Micro.



Quick Memo di smartphone ini mudah diakses, terutama dengan adanya tombol yang didedikasikan khusus. Pengguna bisa menekan tombol tersebut dan memunculkan kolom untuk mencatat kapanpun, bahkan ketika sedang menjalankan aplikasi. Optimus Vu juga dibekali sebuah stylus untuk menulis, namun sayangnya di bodi Optimus Vu tidak ada slot khusus untuk menyimpan stylus ini. Selain menggunakan stylus, pengguna juga bisa menulis menggunakan jarinya.

LG menyematkan dapur pacu berupa prosesor Nvidia 4-Plus-1 quad core yang berlari di kecepatan 1,5GHz untuk sebagai otak kinerja Optimus Vu. Selain itu juga terdapat RAM sebesar 1GB dan memori penyimpanan internal seluas 32GB. Semua itu di sematkan ke dalam smartphone ini dengan ketipisan bodi 8,5 milimeter. Pertama kali mengoperasikan smartphone ini, Okezone merasakan kinerja yang tangguh.

Dari sisi baterai, Optimus Vu bisa dikatakan memiliki daya tahan baterai yang bisa membuat penggunanya merasa nyaman. Pasalnya ketika mencobanya untuk memainkan game seperti Angry Birds atau sekedar dengan singkat menjelajah internet, baterai yang baru terisi 70 persen masih mampu bertahan selama sekira 5 hari. Sedangkan untuk stand by dengan jumlah daya 70 persen, Optimus Vu bisa bertahan kurang lebih 7 hari.

Dengan harga Rp 5,5 juta, smartphone ini bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mengutamakan kelengkapan fungsi dan mobilitas. Kelebihannya adalah kemampuan kamera yang bisa diandalkan, kinerja aplikasi hiburan yang mulus dan fitur Quick Memo yang mempermudah mencatat ide. Sementara di sisi lain kekurangan yang terasa yakni ada pada jeda atau membekunya layar selama 2 sampai 3 detik ketika membuka aplikasi tertentu. (dikutip dari okezone.com)

No comments: