Tuesday, February 21, 2012

Android "Es Krim" Kurang Laris, "Jelly Bean" Segera Dirilis

Ingin mengulang sukses Android Gingerbad, google mencoba rilis android baru ... sayang Rendahnya penggunaan Android versi terbaru, Ice Cream Sandwich (Android 4.0) di smartphone dan perangkat tablet sepertinya membuat Google bergerak cepat untuk segera merilis Android versi selanjutnya.

Google dikabarkan akan meluncurkan Android 5.0 yang diberi nama "Jelly Bean" pada kuartal II-2012 atau sekitar bulan Juni mendatang.Dilansir Digitimes yang mendapat informasi dari distributor yang berbasis di Taiwan, peluncuran "Jelly Bean" disebabkan karena penyerapan Ice Cream Sandwich telah gagal memenuhi harapan semula.

Hingga Februari 2012, Ice Cream Sandwich hanya dipakai sekitar satu persen dari perangkat ponsel dan tablet yang ada. Salah satu ponsel yang baru memakai Ice Cream Sandwich adalah Galaxy Nexus. Meski, beberapa bulan ke depan Ice Cream Sandwich diperkirakan akan banyak dipakai oleh perangkat Android lain, terutama saat beberapa vendor ponsel merilis perangkat terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona akhir bulan ini.

Kalau Android yang yang paling banyak dipakai adalah Android Gingerbread (mulai versi 2.3.3 hingga 2.3.7) yang digunakan oleh 58,6 persen dari perangkat Android yang ada. Peluncuran OS Android 5.0 ini juga disebut juga karena kehadiran Windows 8 yang akan dirilis Microsoft pada kuartal III-2012.

Android "Jelly Bean" selain bisa digunakan untuk smartphone dan tablet, Google juga akan merancangnya sebagai sistem operasi di notebook dan netbook. Sebenarnya Google telah memiliki sistem operasi untuk notebook, yaitu Chrome. Namun, notebook dengan Chrome (Chromebook) juga tidak sebaik perkiraan Google semula.

Oleh karena itu, Google akan merancang "Jelly Bean" siap digunakan di notebook, untuk bersaing dengan Windows 8. hmmm moga aja lebih baik... pastinya gitu lah...

Monday, February 13, 2012

Aplikasi baru Google

Siapa yang tidak tergiur pangsa pasar teknologi sekarang ini... Google sepertinya ingin menyaingi Apple dengan aplikasi terbaru. Aplikasi ini dapat terhubung dengan perangkat rumah melalui dukungan perangkat lunak Android, seperti yang dilansir AFP dari Wall Street Journal, Kamis.

Menurut sebuah sumber, gebrakan baru Google itu akan dirilis tahun ini. Google, yang mengumumkan akan membeli Motorola Mobility seharga 12.5 triliun dolar mengatakan tidak mau mengomentari "rumor dan spekulasi tersebut."

Perusahaan teknologi terkemuka yang berbasis di California itu sudah mengemukakan visi untuk perangkat lunak Android yang bisa dimanfaatkan beragam perangkat lain, tidak hanya untuk ponsel pintar dan tablet.

Google juga mengoperasikan layanan musik internet dengan berbagi video melalui YouTube, keduanya berpotensi untuk menyediakan konten pada sistem hiburan di rumah.

Pesaingnya, Apple, sudah membuktikan dengan mengkombinasikan perangkatnya, perangkat lunak dan materi hiburan digital ke dalam iPad, iPhone, dan iPod yang memberi keuntungan besar. So Google ingin menambah pundi-pundi dollarnya. Kalau nggak ada pesaingnya bahaya juga nich google....

Friday, February 10, 2012

Prime 901

Mau punya Android Smartphone tapi yang Bisa juga dipakai untuk TV Analog ?. Venera, yang coba menjajal peruntungan dengan Prime 901, ponsel Android yang memiliki fitur TV analog. Venera yang merupakan brand milik Teletama Artha Mandiri (TAM) menghadirkan Prime 901 dengan OS Android 2.2, akses TV analog serta dilengkapi dengan slot dual SIM card.

Smartphone berbasis Android memang sedang menjadi tren. Persaingan produk dengan OS buatan Google ini begitu ketat di pasaran. Karena itu, perlu inovasi yang lebih untuk menghasilkan produk agar bisa bersaing sekaligus memberikan nilai lebih bagi konsumen.


Rasa percaya diri Teddy (Optimis sang direktur pemasaran) bukan tanpa alasan. Tentu saja hal itu didasarkan pada keunggulan yang dimiliki Venera Prime 901 yakni terdapat fitur TV Analog. Terlebih saat ini diklaim belum ada brand lain yang mengusung Android dengan fitur tersebut. "Ini kelebihan yang jarang ada di ponsel lain di kelasnya," tukasnya.

Jangan bandingkan dengan Android kelas high end, macam lini keluarga Galaxy S Samsung atau Sensation besutan HTC, sebab segmennya berbeda. Namun jika acuannya adalah merek lokal, tentu Prime 901 bisa menjadi pilihan.

Tampilan Prime 901 terbilang lumayan dengan berbahan plastik. Ia memiliki dua buah kamera, yang mampu untuk merekam dan memutar video. Internal memori dari perangkat ini sebesar 206 MB dan dilengkapi slot memori eksternal yang bisa diisi micro SD berkapasitas hingga 32 GB.

Venera Prime 901 sendiri dijual dengan bundel dari XL Axiata. Fitur lain yan disematkan dalam produk ini antara lain G-Sensor, Video Player, FM Radio, mp3 Player, 3gp/mp4 Player, Daily Calendar, World Clock, akses Facebook, Yahoo, XL-go, e-book reader, dan game.

Spesifikasi:


Jaringan: GSM 900/1800, Dual SIM GSM ON, Ukuran : 108,2 x 57,8 x 14,2 mm
Layar : 2,8 Full Color LCD, Touch Screen, OS : Android 2.2
Konektivitas: Bluetooth, Mini USB 2.0, WiFi, Earphone Jack 3.5mm, Dual Camera (1.3 MP), Internal 206 MB, Micro SD Slot Up to 32 GB, Baterai : Li-Ion 950 mAh
Stanby Hingga 5 Hari, waktu Bicara: Hingga 4 Jam

Thursday, February 2, 2012

Calon Smartphone Android Terbaik Tahun Ini

Siapa saja yang akan memproduksi smartphone tercanggih... Pada akhir 2011, perusahaan pembuat prosesor mulai gembar-gembor akan memproduksi prosesor quad core untuk smartphone. Beberapa vendor pun menyambut baik rencana itu, di antaranya adalah HTC, Motorola, Sony, Samsung, dan LG.

Keberanian vendor-vendor ini menggunakan prosesor quad core membuat mereka harus memikirkan segala teknologi yang sepenuhnya mendukung prosesor quad core. Ya salah satu contoh kecilnya adalah baterai, yang tentu saja harus ditingkatkan daya tahannya. Di sisi lain, bentuk baterai tersebut tetap harus tipis dan ramping agar tidak mengganggu dimensi ponselnya sendiri.

Tahun ini, vendor-vendor tersebut telah menyiapkan produk terbaiknya, yang tentu saja akan dibekali prosesor quad core dan berbagai fitur dan teknologi terbaik yang mereka miliki.

Tidak berlebihan rasanya jika menyebut smartphone yang akan dikeluarkan kelima vendor ini, disebut sebagai calon smartphone terbaik di 2012.

Berikut adalah 5 calon smartphone terbaik itu:

1. HTC Edge
HTC Edge

Spesifikasi:

Prosesor Nvidia Tegra 3 quad core clocked @ 1.5GHz.
RAM 1GB.
Memori internal 32GB.
OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich.
Layar 4,7 inci dengan 1.280x720 piksel HD.
Mendukung koneksi jaringan 4G.
Kamera 8MP dengan lensa 28mm, f/2.2.
Menggunakan teknologi BeatsAudio yang dikembangkan penyanyi rap, Dr Dre.


2. Motorola Bullet dan Motorola Jet

Spesifikasi:

Prosesor Nvidia Tegra 3 quad core clocked @ 1.5GHz
RAM 1 atau 1,5GB
Memori internal 16GB
Layar 4,3 inci dengan 960x540 piksel QHD
Mendukung koneksi jaringan 4G
Kamera 12MP
Menggunakan chip NFC

Spesifikasi Motorola Bullet hampir sama dengan Motorola Jet. Namun, masih ada beberapa perbedaan antara keduanya. Bullet memiliki ukuran layar 4.3 inci, sedangkan Jet memiliki layar 4 inci. Selain itu, Motorola Jet juga dilengkapi dengan keyboard QWERTY.


3. Sony Xperia S dan Xperia Ion

Spesifikasi:

Prosesor Snapdragon Dual Core 1.5 GHz
RAM 1GB
Kamera 12MP
OS Android 2.3 Gingerbread, akan di-upgrade menjadi Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Mendukung koneksi jaringan 4G
Sertifikat PlayStation

Ada 2 antara Xperia S dan Xperia Ion. Yang pertama ada di sisi memori internal, Xperia Ion sebesar 16GB, sedangkan Xperia S 32 GB. Perbedaan kedua ada di ukuran layar, Xperia Ion memiliki layar 4.6 inci, lebih besar daripada Xperia S yang memiliki layar 4.3 inci.

4. Samsung Galaxy S III
Samsung Galaxy S III
Spesifikasi: (prediksi)

Prosesor Exynos Quad Core 1.5GHz
RAM 1 atau 2GB
Layar 4.6 inci beresolusi 1.280x720 piksel Super AMOLED
Kamera 12MP
Mendukung koneksi jaringan 4G

5. LG X3
LG-X3

Spesifikasi:

Prosesor Nvidia Tegra 3 Quad Core
Layar 4.7 inci beresolusi 1280x720 piksel HD
Kamera 8MP
OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Mendukung koneksi jaringan 4G
Menggunakan chip NFC
Baterai 2000mAh

6. Meizu MX
Meizu MX

Spesifikasi:

Prosesor Tegra 3 Quad Core @ 1.5 Ghz
RAM 1 atau 2GB
Memory inernal 16GB
Kamera 8MP
Layar 4 inci LED backlit
Port HDMI

Mungkin Anda kurang familiar dengan merk yang satu ini. Namun, Meizu telah mendapat reputasi yang baik di China. Kualitas dan kekuatan produk Meizu pun mulai diakui di Eropa dan Amerika Serikat. (DIKUTIP DARI KOMPAS)