Tuesday, March 27, 2012

5 Kategori Aplikasi Paling Populer di Android

Ingin jadi develop program ? Di Google Play, banyak kategori aplikasi yang tersedia dan dari sekian banyak kategori aplikasi yang ada terdapat beberapa yang sangat populer di kalangan pengguna. Ini bisa dijadikan acuan juga lah buat developer smartphone.

Berikut adalah daftar 5 kategori aplikasi yang populer (khusus smartphone Android) di Google Play yang diurutkan berdasarkan total aplikasi dengan jumlah download di atas 50.000 di kategori tersebut:

1. Entertainment, kategori ini mempunyai sekitar 2346 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali. Beberapa contoh aplikasinya adalah Easy MP3 Music Download Pro, 9GAG (free), Movies by Flixster, Talking Puppy, dan MP3 Ringtone Maker.

2. Tools, kategori ini mempunyai sekitar 2153 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali. Beberapa contoh aplikasinya adalah Tiny Flashlight + LED, Easy Battery Saver, Easy Task Killer Advanced, Onavo | Monitor Data Usage, Adobe Flash Player 11.

 3. Personalization, kategori ini mempunyai sekitar 1510 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali. Beberapa contoh aplikasinya adalah Zedge Ringtones & Wallpapers, PicSpeed HD Wallpapers 170,000, ICS Theme Go Launcher Ex, Windows 7 GO Launcher EX Theme, Exodus Live Wallpaper.

 4. Arcade & Action Game, kategori ini mempunyai sekitar 1347 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali. Beberapa contoh aplikasinya adalah Airport City, Ceramic Destroyer, Cartoon Wars, ZENONIA 4, My Railway.

 5. Casual Game, kategori ini mempunyai sekitar 1197 aplikasi yang masing-masing di download lebih dari 50.000 kali. Beberapa contoh aplikasinya adalah Bubble Shoot, The Oregon Trail: Settler, Smurfs’ Village, STARDOM: THE A-LIST, Tap Fish.

Pembaca bisa melihat data lengkapnya di appbrain.com/stats, dan menurut saya data yang tersedia bisa dijadikan bahan referensi yang menarik ketika mengembangkan aplikasi di platform Android. (dikutip dari TeknoJurnal kompas.com) Ingin juga jadi develop program ini... coba kalau punya tim... keren deh... mimpi dulu lah bisa buat develop yang dipakai banyak orang...

Zynga Beli Kreator "Draw Something"

Game yang biasa dipakai di Smartphone atau di PC yang tiba-tiba terkenal "Draw Something, OMGPOP dikabarkan dibeli oleh Zynga. Perusahaan game yang terkenal dengan Mafia Wars dan FarmVille membeli OMGPOP seharga 200 juta dollar AS (sekitar Rp 1,8 triliun) untuk memiliki aplikasi game tersebut. Bagaimana, membuat game sederhana dan bisa dimanfaatkan oleh jutaan manusia dengan Hp / smartphone mereka memang sangat menggiurkan... Draw Something adalah game buatan pengembang game asal New York yang baru dirilis enam minggu yang lalu, tetapi sudah sudah masuk peringkat terbaik di perangkat Apple dan Android pada 84 negara. Selain itu, berdasarkan data dari AppData, setiap harinya Draw Something digunakan oleh sekitar 13,3 juta orang. Angka ini menunjukkan game Draw Something sanggup menyaingi popularitas game-game keluaran Zynga, seperti Words with Friends dan Cityville. Hal inilah yang membuat Zynga, yang sebenarnya kompetitor OMGPOP memutuskan untuk membelinya. Permainan ini sesungguhnya cukup sederhana. Pengguna ponsel menggambar sesuatu di ponsel atau tablet mereka, lalu menantang orang lain untuk menebak gambar tersebut berdasarkan petunjuk-petunjuk tertentu yang diberikan. Dengan gameplay yang sangat sederhana ini, nyatanya game ini cukup menghibur di kalangan pengguna perangkat bergerak. Bahkan, game Draw Something saat ini merupakan game yang paling banyak diunduh dari Facebook dan pemain telah menggambar miliaran gambar per minggu. "Tim OMGPOP telah membuat game yang menyenangkan dan ekspresif," ujar Mark Pincus, pemimpin Zynga. OMGPOP tidak memperoleh kesuksesan ini dalam satu malam. Sebelum membuat game Draw Something, pengembang game ini telah membuat 35 social game yang tidak begitu populer. Hal ini mirip dengan yang dialami oleh Rovio, developer game Angry Birds ini malah telah membuat 51 game sebelum akhirnya membuat membuat sebuah game yang memiliki nama besar seperti Angry Birds. So semua memang butuh perjuangan yang besar kalau ingin menjadi populer hasil karyannya.

Thursday, March 22, 2012

Alasan Hindari Ponsel Android Murah

Ponsel / Hp Android memang banyak menawarkan hiburan baik untuk anak-anak maupun dewasa bahkan tua.... Namun tak semua perangkat Android dapat menjalankan fungsi hiburan dengan lancar lantaran keterbatasan hardware yang disematkan. Kenapa ? karena salah satunya Android tidak mengeluarkan standar minimal untuk android OS, bahkan beberapa Developer harus rela mencoba dulu perangkat/ Smartphone baru Android agar bisa dipakai software produk mereka.... apalagi Android yang dibanderol dengan harga murah. So Jangan tertipu dengan harga murahnya yang sudah bisa android... Ada uang ada rupa, begitu istilah mudahnya.

 Faktor apa saja yang menyebabkan smartphone Android murah penuh keterbatasan? Berikut alasannya.

 1. Layar berkualitas rendah Layar menjadi hal penting dalam smartphone Android, baik untuk navigasi ataupun memberi kenyamanan pada mata. Karena, tidak menutup kemungkinan smartphone Android digunakan untuk membaca. Smartphone dengan resolusi HVGA, di bawah 480 x 320 piksel, tidak mendukung secara optimal pengolahan gambar aplikasi-aplikasi hiburan. Ketika memainkan game dengan grafis tinggi, Anda tidak akan menemukan sensasi game tersebut.

2. Prosesor dan RAM dengan clock speed rendah Tahun 2011 menjadi tahunnya smartphone dengan prosesor dual core. Dan tahun 2012 ini, para vendor telah bersiap membekali produk mereka dengan prosesor quad core. Konsekuensinya, kinerja pemrosesan dari smartphone Android juga meningkat. Para developer pun merancang aplikasinya untuk perangkat berprosesor dual atau quad core. Sehingga, smartphone Android dengan prosesor single core tidak cukup baik menjalankan aplikasi-aplikasi populer saat ini. Selain itu, ukuran RAM yang kecil akan menghambat kinerja ketika Anda harus membuka banyak aplikasi di saat bersamaan atau multitasking. Untuk dapat menjalankan aplikasi-aplikasi hiburan, RAM 1GB menjadi ukuran yang dirasa ideal sekarang ini.  

3. Rendahnya kualitas materi yang digunakan Yang diharapkan dari Android tentu tak hanya sekadar fungsinya, namun juga ketahanannya, karena Anda akan menggunakannya untuk beberapa tahun. Menjatuhkan smartphone tentu pernah dialami semua orang atau bahkan terendam air selama beberapa saat. Smartphone yang dibuat dari bahan-bahan murah sangat rentan rusak. Sementara layar pada smartphone yang mengincar segmen high-end, kebanyakan telah dilapisi Gorilla Glass agar terhindar dari pecah dan gores. 

4. Tidak dapat update OS Android terbaru Samsung memang rajin memberikan update Android versi terbaru ke ponsel-ponsel buatannya. Misalnya, Android 4.0 untuk beberapa smartphone Galaxy. Namun, sayangnya tidak untuk produk-produk low-end. Contohnya, Samsung tidak memberikan update Android Ice Cream Sandwich untuk Galaxy Ace, smartphone yang terbilang terjangkau dari Samsung. Hal yang sama juga dilakukan vendor smartphone Android lainnya. Mereka hanya memberi update kepada smartphone unggulan, atau mungkin karena alasan hardware yang kurang mumpuni untuk mendukung Ice Cream Sandwich. Inilah konsekuensi ketika memilih smartphone Android dengan harga murah. ya seperti pepatah ... Murah jalok slameet !?!

Thursday, March 15, 2012

ZTE RACER II

ZTE Ternyata ikut terjun Android... ya kue di smartphone khususnya android sangat menggiurkan. Meski terbilang ponsel mungil, tetapi dibeberapa negara Eropa dan Asia, Racer 2 cukup menuai sukses. Sehingga tak salah bila pihak ZTE Indonesia sangat yakin bila ponsel yang dibekali dengan kanal HSDPA ini akan mampu bersaing dengan produk dari vendor global.

“Produk ini merupakan jawaban kami atas permintaan pasar yang menginginkan smartphone Android yang memiliki desain moderen, teknologi tercanggih dan harga bersahabat,” kata Susanto Sosilo, Direktur Divisi Terminal ZTE Indonesia, seperti dilansir melalui keterangan resminya, Kamis (26/1/2012)

Apa yang dikatakan oleh pak Susanto memang ada benarnya. Desain ponsel ini jauh dari kesan ponsel lokal. Warna hitam pekat terlihat sangat cool sehingga sangat cocok untuk kalangan berjiwa muda. Meski demikian tak ada larangan bagi pengguna yang berusia lanjut untuk memiliki ponsel ini. Hanya saja mayoritas orang tua (termasuk engkong gue) lebih suka menggunakan ponsel yang dilengkapi dengan keypad daripada ponsel touchscreen. Alasannya simple saja; sudah terbiasa!
Spesifikasi ZTE Racer II
Dimensi : 104 x 55.4 x 13.5 mm, berat: 100 gr
Jaringan : GSM / GPRS / EDGE 900 / 1800Mhz / UMTS 2100MHz
Layar ZTE Racer II : TFT capasitive touchscreen 240 x 320 pixels, 2.8 inches, 256K warna
Sensor : Accelerometer, proximity, compass
Prosesor : 500 MHz ARM 11
Memori Internal : 256 MB ROM, 512 MB RAM; microSD card hingga 32GB
OS : Android v.2.2
Transfer data ZTE Racer II : HSDPA 7.2Mbps, Wi-Fi, Wi-Fi hotspot, Bluetooth versi 2.1, A2DP, EDR, microUSB
Browser : WAP 2.0/xHTML, HTML
Kamera : 3.2 MP dengan resolusi 2048×1536 pixels
Hiburan : Stereo FM radio with RDS, MP4/H.264/H.263 player, MP3/WAV/eAAC+ player
Lain-lain : Organizer, Document viewer, Voice memo, Predictive text input, GPS with A-GPS support
Baterai : Li-Ion 1100 mAh; bicara 4,5 jam
Harga : Rp 899.000,-

Friday, March 9, 2012

Samsung Galaxy BEAM

10 Tahun yang lalu saya sudah membayangkan akan HP yang bisa jadi proyektor.... sekarang ini sudah ada ... bahkan sudah banyak produk seperti ini. Salah satunya yang terbaru adalah Samsung Galaxy Beam.

spesifikasi dari Samsung Galaxy beam... (pingin punya... bisa pakai proyektornya buat melatih/ pelatihan) :
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G Network , HSDPA 900 / 1900 / 2100, Body Dimensions 123 x 59.8 x 14.9 mm, Weight 156g, Display Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, Size 480 x 800 pixels, 3.7 inches (~252 ppi pixel density), Multitouch, Protection Scratch-resistant glass, Projector UI, Handwriting recognition, Sound Alert types Vibration, MP3 ringtones, Loudspeaker with stereo speakers, 3.5mm jack, DNSe (Digital Natural Sound Engine)
Memory Card slot microSD, up to 32GB, buy memory, 16 GB storage, 512MB ROM, 384MB
GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps, EDGE Class 12
Speed HSDPA 7.2 Mbps, HSUPA 5.76 MbpsW LAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA
Bluetooth v3.0 with A2DP , USB microUSB v2.0 , Camera Primary 8 MP, 3264x2448 pixels, autofocus, LED flash, Features Geo-tagging, face, smile and blink detection, Video, 720p@30fps, video light, Secondary , VGA, OS Android OS, v2.1 (Eclair)

CPU 720 MHz
Sensors Accelerometer, proximity
Messaging SMS, MMS, Email, Push Email, IM, RSS
Browser WAP 2.0/xHTML, HTML, Adobe Flash Lite
Radio Stereo FM radio with RDS
GPS Yes, with A-GPS support
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Black

Tambahan bisa termasuk / program :
- Social networking integration with live updates
- Built-in WVGA projector
- Google Search, Maps, Gmail
- YouTube, Google Talk integration
- MP3/WMA/WAV/eAAC+ player
- MP4/H.263/H.264/Xvid/DivX player
- Image editor
- Organizer
- ThinkFree Office Mobile document editor
- Voice memo/dial
- Predictive text input (Swype)
Standard battery, Li-Ion 1800 mAh, Stand-by Up to 630 h (2G) / Up to 530 h (3G)
Talk time Up to 14 h 10 min (2G) / Up to 7 h 20 min (3G), Misc SAR EU 0.62 W/kg (head)

Keren deh pokoknya Samsung Galaxy Beam ini..... kapan nyampe di Indonesia

Thursday, March 8, 2012

IPAD 3 ?!

Mau tahu perkembangan produk Ipad dari Apple..? karena sangat ditunggu deh sama seluruh penggemar nya diseleuruh dunia. Dikutip dari The Telegraph, Kamis (8/3/2012), Apple secara mengejutkan malah hanya menyebut 'new iPad' untuk produk barunya ini. Tak pelak, hal ini menimbulkan kebingungan dan ramai diperbincangkan.

Mungkin saja manajemen baru Apple yang dipimpin Cook terinspirasi pada kalimat legendaris Shakespeare: "Apalah arti sebuah nama." Apa nanti jadi Ipad 3 ?!. iPad baru ini sendiri memiliki sejumlah kelebihan: prosesor yang lebih cepat dengan A5X yang mengutilisasi quad core graphics, kualitas gambar yang lebih tajam dari HDTV dengan retina display 2048 x 1536 pixels--setara dengan 3,1 juta pixels, serta kamera 5MP dengan auto-exposure dan auto-focus.

Meski tampilannya masih mirip dengan iPad 2, namun iPad baru ini sedikit agak tebal dan lebih berat. Untuk performa baterai juga masih sama dengan yang sebelumnya.

iPad baru ini juga menawarkan fitur konektivitas LTE untuk jaringan seluler 4G dengan harga lebih mahal 100 GBP (Rp 1,5 juta) dari harga basic 399 GBP (Rp 6 juta) untuk 16GB, 479 GBP (Rp 7,2 juta) untuk 32GB, dan 559 GBP (Rp 8,4 juta) untuk 64GB.

Fitur lain yang ditawarkan dalam iPad terbaru ini, antara lain operating system iOS 5.1, voice dictation, Siri (khusus untuk Jepang dan Australia). Apple dalam kesempatan itu juga mengumumkan update terbaru dari Apple TV.

Apple sendiri baru akan memasarkan iPad barunya ini pada 16 Maret 2012. Hingga kini, jumlah iPad yang telah terjual sejak pertama kali diluncurkan total telah mencapai 55 juta unit. Memang produk ini tidak simple dibawa ke mana-mana tapi sangat menyenangkan ketika memakainya...

Monday, March 5, 2012

Pengguna Ponsel China Tembus 1 Miliar

Sebagai pemilik penduduk terbesar dunia yaitu 1,3 Miliar orang tak salah jika pengguna ponsel bin Handphone di Cina bisa melampaui 1 miliar... nggak kaget juga sih, karena disana kan teknologi IT sangat gencar dan diperhatikan perkembangannya oleh pemerintahannya. Menurut Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China, pengguna ponsel di negara tirai bambu itu telah mencapai 997 juta jiwa pada akhir Februari 2012.

Di akhir Maret, jumlah tersebut diperkirakan naik menjadi 1 miliar jiwa, bahkan lebih. Situs teknologi All Things Digital pernah melaporkan, pasar ponsel di China melampaui 500 juta pengguna pada tahun 2007 silam. Berpegang pada laporan tersebut, pasar ponsel di China telah berkembang 2 kali lipat dalam lima tahun terakhir.

Survey Biro Statistik China menunjukan bahwa penduduk China hingga akhir 2011 lalu berjumlah 1,3 miliar. Dengan penetrasi pengguna ponsel yang begitu besar, berarti 73,6% penduduk China memiliki ponsel. Pangsa pasar yang sangat menggiurkan...

Saturday, March 3, 2012

Smartphone" Berlayar Besar"

Smartphone" Berlayar Besar" kurang pas... begitu kata petinggi nokia. Tren smartphone saat ini seakan berlomba-lomba memperbesar ukuran layar. Vendor seakan ingin memberi pengalaman memandang layar lebar dan beresolusi tinggi. Namun, Executive Vice President of the Market Nokia Corporation, Niklas Savander, mengatakan, akan datang masa di mana konsumen menyadari bahwa memiliki smartphone dengan layar besar adalah suatu kebodohan. Maklum nokia nggak bermain di pangsa ini ... gitu lho

"Dalam waktu dekat ini akan datang sindrom yang membuat orang menyatakan ini adalah sebuah tindakan bodoh," ucap Savander saat meluncurkan Nokia Lumia 900 di Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu.

Ia masih belum bisa meramalkan kapan hal itu terjadi. Savender melanjutkan, seharusnya produsen berfokus menciptakan teknologi baru, bukan hanya membuat layar yang lebih besar sehingga smartphone tampak seperti komputer tablet. Pernyataan ini seakan menyindir para produsen smartphone berbasis Andorid, yang cukup gencar memproduksi perangkat berukuran besar.

Nokia Lumia 900 sendiri memiliki bentang layar 4,3 inci. Ukuran tersebut masih relatif kecil dibandingkan dengan smartphone dari vendor lain yang berukuran 4,6 inci atau bahkan ada yang 5,3 inci.

Savender menambahkan, jika ada pendapat Lumia 900 membutuhkan layar yang lebih besar agar bisa bersaing dengan para kompetitor, ia percaya diri bahwa Lumia 900 tidak memerlukan hal itu. Kalau menurut admin sih ada benarnya juga ada salahnya... heheheh tergantung yang memakai saja ... yo tho

berikut pesiikasi Lumia 900 by Nokia...
Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 Jaringan 4G LTE 700 / 1700 / 2100 Diumumkan 2012, Januari Layar AMOLED capacitive touchscreen, 16M Warna 480 x 800 pixels, 4.3 inches (~217 ppi pixel density) Multitouch Corning Gorilla Glass Memori 16GB storage, 512 MB RAM Koneksi HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, LTE, Cat3, 50 Mbps DL, 25 Mbps UL Wi-Fi 802.11 b/g/n A2DP, EDR, microUSB v2.0, HS Kamera Kamera Belakang :8 MP, 3264x2448 pixels, Carl Zeiss optics, autofocus, dual-LED flash Geo-tagging Video : 720p@30fps, video stabilization kamera depan: 1.3 MP, VGA@30fps Sistem Operasi Microsoft Windows Phone 7.5 Mango Qualcomm APQ8055 Snapdragon CPU 1.4 GHz Scorpion GPU Adreno 205 Ukuran 127.8 x 68.5 x 11.5 mm, 90 cc Berat 160 g Baterai Standard battery, Li-Ion 1830 mAh (BP-6EW) Waktu Bicara 7 Jam