Thursday, July 18, 2013

Tahukah Anda Asal Muasal & Penemu Ponsel (HP)?

Telefon seluler atau yang seringkali juga disebut sebagai ponsel sudah sejak lama menemani hari-hari para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Namun, tahukah Anda bagaimana asal usul dan siapa penemu ponsel tersebut?

Adalah Martin Cooper , seorang karyawan Motorola yang berhasil mengembangkan perangkat ponsel pada 3 April 1973. Bersamaan dengan mimpinya yang ingin menghadirkan sebuah alat komunikasi berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana saja, Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana dapat memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut.

Namun akhirnya, mimpi itu menjadi kenyataan dengan terciptanya sebuah ponsel dengan bobot seberat dua kilogram. Di mana, Motorola DynaTAC menjadi tonggak kelahiran ponsel dalam sejarah dunia.

DynaTAC sendiri diketahui memiliki ukuran 9 inci yang terdiri dari 30 papan sirkuit dan dapat melakukan panggilan kurang dari 30 menit dengan melakukan pengisian daya 10 jam. Agar dapat diproduksi, Motorola kala itu harus merogoh kocek hingga USD1 juta.

“Model ponsel pertama kala itu berbobot lebih dari satu kilogram. Di mana, Anda hanya dapat melakukan panggilan telefon selama 20 menit sebelum baterai habis. Oh, satu lagi Anda juga tidak dapat memegang ponsel itu dalam waktu yang lama,” ujar Cooper dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari The Telegraph.

Dilansir dari berbagai sumber, Martin Cooper memasuki dunia kerja untuk kali pertamanya dengan memasuki jajaran Reserve Officer Training Corps dalam Angkatan Laut (AL) di Amerika Serikat (AS). Pria yang mengantongi gelar sarjana di bidang Electrical Engineering pada 1950 ini bertugas di sebuah kapal perusak AL AS selama Perang Korea berlangsung.

Friday, July 12, 2013

Nokia Lumia 1020

MAu Smartphone kamu bisa memfoto lebih oke.... Nokia lah yang akan memenuhi keinginan itu untuk saat ini. Nokia Lumia 1020 akhirnya jadi diluncurkan di New York, Kamis malam, 11 Juli 2013, oleh CEO Nokia Stephen Elop mengatakan ponsel pintar akan memanjakan para pengguna yang menyukai fotografi dan memberi pengalaman baru dalam menjelajah teknologi kamera.

Lumia 1020 dibekali kamera Pureview 41 MP, bersistem operasi Windows Phone dan menggunakan teknologi ponsel terakhir mereka, Lumia 925. Situs The Verge melansir ponsel produksi perusahaan Finlandia ini dilengkapi aplikasi Pro Camera dengan kemampuan optical image stabilization (OIS). Lumia 1020 juga hadir dengan lampu flash Xenon yang biasanya bersanding dengan kamera digital. Uniknya, kamera ini terdiri dari 6 lensa optik Zeiss.

Ponsel ini juga yang pertama dari seri Windows Phone 8 milik Nokia yang menggunakan RAM 2 GB. Dari segi hardware, Lumia 1020 terbaru ini menggukan prosesor Snapdragon dual-core seri S4 dengan kecepatan 1,5 GHz dari Qualcomm dan memiliki memori internal sebesar 32 GB. Untuk urusan grafis, ponsel kamera ini disokong dengan prosesor Adreno 225.

Lumia 1020 menggunakan layar berukuran 4,5 inci berjeniskan AMOLED HD+. Layar ini mendukung resolusi 1280 x 768 dan dilindungi teknologi antipecah milik Corning, Gorilla Glass 3. Kepadatan layarnya mencapai 334 ppi. Ponsel ini juga dilengkapi baterai 2.000 mAh, mendukung charge nirkabel, dan memiliki dua mikrofon untuk menyuguhkan suara stereo. Daya diklaim bisa mencapai 13,3 jam bicara dengan mode 3G dan bisa 16 hari bertahan.

Secara bentuk, Lumia 1020 masih serupa 920 dan 925 berbentuk kotak. Pilihan warnanya: hitam, kuning, dan putih. The Verge menyebut Lumia 1020 akan hadir pertama kali di Amerika Serikat pada 26 Juli, dengan provider eksklusif AT&T dan kontrak selama dua tahun. Harganya US$ 299,9 Kapan ya samapai di Indonesia... ya kita tunggu saja....

Wednesday, July 10, 2013

Android Jelly Bean Sang Penguasa OS Android

Android Jelly Bean menjadi Penguasa OS Android khususnya di Smartphone. Android versi 4.1 dan 4.2, yang termasuk dalam kode nama Jelly Bean, kini menjadi sistem operasi Android yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini dibuktikan melalui statistik pemakai Android yang diperbarui Google pada 8 Juli 2013 di situs web resmi pengembang aplikasi.

Jelly Bean kini menguasai pangsa pasar Android sebesar 37,9 persen, dengan rincian 32,3 persen untuk versi 4.1 dan 5.6 persen untuk versi 4.2. Jelly Bean akhirnya berhasil menyalip Android versi 2.3 kode nama Gingerbread, yang selama ini menguasai pangsa pasar. Sebanyak 34,1 persen perangkat Android saat ini berjalan dengan Gingerbread. Posisi ketiga ditempati oleh Android versi 4.0 kode nama Ice Cream Sandwich, yang menurun jadi 23,3 persen.

Google melacak dari kunjungan pengguna Android ke toko aplikasi online Google Play Store. Dari sisi pertumbuhan, Jelly Bean yang dirilis pada Juli 2012 tumbuh lebih cepat daripada Gingerbread yang dirilis pada Desember 2010.

Android mengalami pertumbuhan sangat cepat. Beberapa lembaga riset menobatkan si robot hijau sebagai penguasa sistem operasi mobile di dunia. Apalagi, Android didukung oleh banyak produsen terkemuka, seperti Samsung, LG, Sony, HTC, dan Motorola.

Google tentu berharap para pengguna smartphone dengan OS Android segera memperbarui sistem operasinya ke versi terbaru. Jika pengguna memakai sistem operasi terbaru, akan memudahkan Google dalam mengontrol ekosistem serta memudahkan pengembang aplikasi untuk meminimalkan fragmentasi. NAh apa bisa kalau perangkatnya nggak memnuhi kriteria si Jelly Bean ini ya ?