Tuesday, October 22, 2013

Resmi, BBM untuk Android dan iPhone sudah Keluar

Akhirnya yang kita tunggu keluar juga.... , aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iPhone akhirnya resmi diluncurkan kembali.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi BlackBerry yang dirilis pada Senin (21/10/2013), perusahaan mengumumkan aplikasi BBM lintas platform akan tersedia di Google Play Store, Apple App Store, dan Samsung App Stores dalam "beberapa jam ke depan".

Aplikasi BBM untuk Android dan iPhone akan didistribusikan secara bertahap ke beberapa negara. Ini dilakukan BlackBerry untuk mengantisipasi lonjakan pengguna secara mendadak.

Pantauan Kompas Tekno pada Selasa (22/10/2013) pukul 06.30 WIB, aplikasi BBM sudah bisa diunduh pengguna iPhone di Indonesia. Aplikasinya dapat diunduh dari App Store Indonesia atau melalui tautan ini.

Begitu juga untuk BBM di Android. Aplikasinya sudah dapat diunduh dari Indonesia di Google Play Store atau melalui tautan ini. Ini untuk menghindari BBM palsu......

Namun, meski sudah bisa diunduh dan di-install, BBM untuk Android dan iPhone baru bisa digunakan oleh pengguna yang telah mendaftarkan diri sebelumnya di BBM.com.

Pengguna yang belum terdaftar harus antre menanti giliran. Agar terdaftar dalam antrean, pengguna wajib memasukkan alamat e-mail-nya di tampilan awal aplikasi BBM yang sudah ter-install di perangkat masing-masing.

BlackBerry akan mengirim notifikasi melalui e-mail yang didaftarkan saat layanan BBM sudah bisa digunakan oleh pengguna yang bersangkutan.

Wednesday, October 16, 2013

BandrOS, Smartphone Madein Indonesia

Diawali dari alat utama sistem persenjataan (alutsista) hingga mobil, Indonesia terus mengejar ambisi memproduksi produk favorit konsumen di dalam negeri. Salah satu yang kini dalam persiapan serius adalah smartphone made in Indonesia.

= = = = = = = =
HARAPAN terhadap munculnya produk smartphone karya anak bangsa terbit pada pengujung Agustus lalu. Tepatnya ketika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian (Puslit) Informatika meluncurkan smartphone bernama BandrOS.

Smartphone BandrOS ini tidak seperti barang sejenis yang mengklaim buatan Indonesia, tetapi operating system (OS)-nya bikinan luar negeri. Entah itu menggunakan OS Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone, atau sejenisnya.

Pada teknologi smartphone, posisi OS ibarat nyawa pada manusia. Sementara chasing atau perangkat keras handphone ibarat badan. Meskipun perangkatnya dibuat di Indonesia, tetapi jika menggunakan OS impor, tidak sah disebut karya anak bangsa.

Namun, khusus BandrOS ini benar-benar produk lokal. Semuanya dibuat orang Indonesia. Khusus perangkat teleponnya mendapatkan suntikan ide dari PT INTI, selaku produsen pesawat telepon dan telepon genggam lokal. Sedangkan "nyawa" smartphone ini dikembangkan dua peneliti LIPI Ana Heryana dan Sahrul Arif, yang akhirnya diberi nama BandrOS.

Smartphone ini saat diluncurkan di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong sudah berbentuk prototipe (produk contoh). Sejumlah pihak seperti Kepala LIPI Lukman Hakim mendapatkan satu unit prototipe BandrOS.

Thursday, October 10, 2013

Samsung Galaxy Round

Dalam waktu relatif singkat setelah bocorannya beredar, smartphone dengan layar "melengkung" dari Samsung, Galaxy Round, telah resmi diumumkan di Korea Selatan, Rabu (9/10/2013) ini.

Sebagaimana dilansir oleh The Verge, perangkat tersebut rencananya akan segera dirilis di Korea Selatan dengan banderol harga 1,9 juta won atau sekitar Rp 11,7 juta.

Layar Galaxy Round berbentuk cekung pada sumbu vertikal (atas-bawah), seperti terlihat pada gambar di bawah. Hal tersebut dimungkinkan oleh teknologi display OLED fleksibel yang diterapkan samsung pada handset ini. Ukurannya sama dengan milik Galaxy Note 3, yaitu 5,7 inci dengan resolusi 1920 x 1080.

Samsung Tomorrow

Samsung Galaxy Round memiliki layar yang melengkung pada sumbu vertikal Fisik Galaxy Round sendiri tidak bisa dibengkok-bengkokkan, hanya layarnya yang tampak melengkung.

Layar melengkung itu disebut memiliki sejumlah potensi pemanfaatan yang belum dijabarkan lebih jauh. Galaxy Round sendiri memiliki satu fitur andalan bernama "Round Interaction", yang dengannya pengguna bisa "mengintip" informasi missed call, indikator baterai, serta waktu dengan sedikit memiringkan Galaxy Round yang diletakkan di atas meja.

Samsung juga mengklaim bahwa transisi antar-homescreen di handset Android ini terasa seperti perpindahan yang mulus. Ada juga model interaksi baru dengan cara memiringkan ponsel untuk aplikasi foto dan musik.

Di samping layarnya yang tampak tak biasa, spesifikasi lain dari Galaxy Round terbilang masuk kategori kelas atas. Ponsel high-end ini ditenagai prosesor quad-core 2,3 GHz, RAM 3 GB, kamera 13 megapiksel, baterai 2.800 mAh, dan menjalankan sistem operasi Android 4.3.

Bagian belakang Galaxy Round dilapisi material serupa kulit berwarna coklat gelap. Belum diketahui kapan smartphone ini akan tersedia di pasaran internasional. (ni sumbernya)