Monday, February 24, 2014

NOKIA X ANDROID RASA MICROSOFT

Akhirnya... yaa... nokia si embah ponsel mengikuti jejak untuk masuk ke OS ANDROID yang sekarang trends di berbagai Smartphone terbaru, Bertempat di Mobile World Congress (MWC) 2014 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.... Ponsel Android Nokia ini ternyata terdiri dari dua jenis perangkat, yaitu Nokia X dan Nokia X+. Dua smartphone tersebut diumumkan oleh CEO Nokia Stephen Elop dalam sebuah konferensi pers pada Senin (24/2/2014) waktu setempat.

"Keduanya bisa menjalankan aplikasi Android… serta datang dengan berbagai layanan populer dari Microsoft," ujar Elop, sebagaimana dikutip oleh The Verge. Layanan Microsoft yang dimaksud antara lain One Drive dan Skype. "Nokia X membawa pengguna ke jaringan cloud milik Microsoft, bukan Google, Ponsel ini berbasis AOSP (Android Open Source Project). Dengan AOSP, kami mengambil manfaat dari ekosistem aplikasi Android, namun kami menambahkan pengalaman yang berbeda dari kami sendiri,"" ujar Elop.

Dia tak merinci perbedaan di antara Nokia X dan X+, kecuali bahwa Nokia X+ bakal dilengkapi "memori dan storage extra". Tentang Nokia X sendiri, adapun kabar-kabar sebelumnya menyebutkan bahwa perangkat itu dibekali layar 4 inci dengan resolusi 800 x 480. Di dalamnya tersemat prosesor dual-core 1 GHz dengan RAM berkapasitas 512 MB.

Spesifikasi lain termasuk kamera 5 megapiksel, baterai 1.500 mAh, dan dukungan dual-SIM card. Perangkat yang sebelumnya memiliki kode nama "Normandy" ini menjalankan sistem operasi Android 4.4 Kitkat dalam antarmuka yang terlihat mirip dengan "Modern UI" ala Windows Phone.

Bersama dengan Nokia X, Nokia turut memperkenalkan sejumlah model baru dari lini feature phone Asha perusahaan tersebut, yaitu Asha 105, 220, dan 230. Layanan Nokia dan Microsoft seperti Here, MixRadio, Skype dan Outlook akan ditambahkan di ketiga model ponsel tersebut. Sedangkan untuk mengunduh aplikasi, disediakan Nokia Store dan toko aplikasi pihak ketiga yang lain. Hmmm Android Rasa Microsoft nih...

Friday, February 21, 2014

Smartphone Gione Elife S5.5

Siapa juara Smartphone tertipis daat ini ? Setelah selama ini dipegang Vivo X3 kini direbut oleh Gionee Elife S5.5. Jika Vivo X3 memiliki ketebalan 5,6mm, maka Gionee Elife S5.5 hanya 5,5mm. Sama seperti Vivo X3, Gionee Elife S5.5 juga merupakan smartphone buatan China yang hanya baru tersedia untuk pasar China.

Smartphone Gionee ELIFE S5.5 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel berteknologi Super AMOLED. Layar Gionee ELIFE S5.5 ini dilindungi oleh lapisan antigores Gorilla Glass 3 dan menjalankan sistem operaso AMIGO 2.0 OS yang berbasis Android.

smartphone super tipis ini ternyata cukup powerfull berkat dukungan tenaga dari chipset MediaTek MT6592 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A7 octa-core berkecepatan 1,7GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Mali-450.

Smartphone Gionee ELIFE S5.5 ini menggunakan memori internal berkapasitas 16GB yang dilangkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Gionee ELIFE S5.5 ini juga dipersenjatai dukungan dual SIM, WiFi, Bluetooth, GPS, 3G HSDPA, dan terdapat varian yang telah mendukung jaringan 4G LTE.

Smartphone Gionee ELIFE S5.5 ini mengandalkan kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel autofokus lengkap dengan hadirnya LED flash dan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel yang cocok untuk foto selfie.

Gionee ELIFE S5.5memiliki desain yang berbeda dari kebanyakan smartphone Android dan menggunakan chasiss berbahan metal. Tak hanya itu, Gionee Elife S5.5 juga dilengkapi baterai berkapasitas 2.300mAh dan koneksi 3G. Kabarnya versi 4G LTE dari smartphone ini bakal hadir di Juni nanti.Di China, Gionee Elife S5.5 dibanderol dengan harga US$370. Rencananya smartphone ini juga bakal dirilis di 40 negara lain. Indonesia... hmmmm tunggu yaaa